Rekonstruksi Media Digital Berbasis QR Code Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Pada Siswa SMPN 3 Jombang

Authors

  • emi Universitas KH.Wahab Hasbullah
  • Zakiyyudin
  • Chusnul Chotimah
  • Sujono

Keywords:

Media Digital, QR Code, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan merekonstruksi media digital berbasis QR Code menjadi media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan sebagai alternatif bagi guru untuk meningkatkan pemahaman siswa serta kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research And Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan media ini mendapatkan skor rata-rata 96% dari validator materi dan 93% dari validator media, sehingga dinyatakan sangat layak. Respon siswa terhadap efektivitas media mencapai skor rata-rata 72,90%, menunjukkan media QR Code efektif dan interaktif dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faizah, Silviana nur. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (2020): 27–38.

Lubis, Zulkifli, Dewi Anggraeni. “Paradigma Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional.” Jurnal Studi Al-Qur’an 15, no. 1 (2019): 120–33.

Mariam, N, and C.W. Nam. “The Development of an ADDIE-Based Learning Model for ELT in Early Childhood Education.” International Journal of Educational Technology 20, no. 1 (2019): 25–55.

Noralia Purwa Yunita, Richardus Eko Indrajit. “Digital Mindset-Menyiapkan Generasi Muda Indonesia Menghadapi Disrupsi Teknologi,” 40–48. yogyakarta: ANDI, 2019.

Pranatawijaya, Viktor Handrianus, Widiatry Widiatry, Ressa Priskila, and Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra. “Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online.” Jurnal Sains Dan Informatika 5, no. 2 (2019): 128–37. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185.

Raibowo, Septian, Sapto Adi, and Imam Hariadi. “Efektivitas Dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif.” Universitas Negeri Malang, 2020.

Sholihatin. “Development of QR Code-Based Character Education Teaching Materials.” Review of International Geographical Education Online 11, no. 5 (2021): 87–95.

Sitompul, Baginda. “Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, no. 3 (2022): 130–43.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. bandung: alfabeta, 2019.

PlumX Metrics

Published

2025-01-30

How to Cite

emi Lilawati, Zakiyyudin, Chusnul Chotimah, & Sujono. (2025). Rekonstruksi Media Digital Berbasis QR Code Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Pada Siswa SMPN 3 Jombang. Akademika, 18(2). Retrieved from http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/akademika/article/view/2345

Issue

Section

Articles