PENGARUH PELATIHAN EMPATI MELALUI KARTU EKSPRESI EMOSI TERHADAP PERILAKU MENOLONG DAN PERILAKU AGRESIF PADA ANAK PRASEKOLAH
Abstract
known that hypotheses 1, 2, and 3 are accepted, namely 1) The positive effect of empathy training through emotional expression cards on helpful behavior and aggressive behavior in experimental and control group; 2) The positive effect of empathy training through emotional expression cards on helpul behavior of
preschool children; 3) There is a negative effect of empathy training through emotional expression cards on aggressive behavior of preschool children.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Badan Pusat Statistik. Statistik Non Parametrik. Modul Diklat Fungsional Statistisi Tingkat
Ahli
Baron & Byrne. Psikologi sosial, Alih Bahasa: Ratna Djuwita, Jakarta: Erlangga, 2005.
Beaty, J. J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group,
Dayakisni, T & Hudaniah. Psikologi Sosial, Malang: UMM Press, 2006.
Faturochman. Pengantar Psikologi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Book Publishing, 2006.
Goleman, D. Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting dari
IQ, Alih Bahasa: T. Hermaya, Jakarta: Gramedia, 2002.
Gustian. Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah, Jakarta: Erlangga, 2001.
Hurlock, E. B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan,
Jakarta: Erlangga, 2004.
Indonesia Heritage Foundation. 9 Pilar Karakter, Jakarta: Gapprint, 2010.
Massardi, S & Yudhistira. Pendidikan Karakter dengan Metode Sentra, Jakarta: Esmass,
Prasetyo, B & Jannah, L. M. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT RajaGrafindo
Persada, 2007.
Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke- 4, Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Sabiq, Z & Djalali, M. A. Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial
Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Pamekasan. Persona, Jurnal Psikologi
Indonesia, Vol I, No. 2, 53-65, 2012.
Santrock, J. W. Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 2007.
--------, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga, 2012.
Sobur, A. Psikologi Umum, Jakarta: Rajagrafindo, 2000.
Tanaya, K, K & Farid M. Pengaruh Cerita Moral Terhadap Perilaku Prososial Anak. Persona,
Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 2, 84-89, 2013.
Taufik. Empati: Pendekatan Psikologi Sosial, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012.
Walgito, B. Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: Andi Offset, 2004.
DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v1i1.1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JCE indexed by