PENGARUH PERMAINAN BOLA BASKET ANGKA MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN

Ardhana Reswari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh permainan bola basket angka modifikasi terhadap kemampuan penguasaan konsep bilangan pada anak TK Kelompok B di Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pola rancangan Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di RA Diponegoro dan TK Al-Huda pada anak kelompok B. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik dengan uji Anova dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai  sebesar 362,194 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis permainan bola basket angka modifikasi terhadap kemampuan penguasaan konsep bilangan anak dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa permainan bola basket angka modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan konsep bilangan anak TK Kelompok B.

Keywords


Permainan Bola Basket Angka Modifikasi; Kemampuan Penguasaan Konsep Bilangan; Anak usia dini;

Full Text:

PDF

References


Beaty, Janice J. 2014. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Group.

Celik & Johnson. 2013. I Need to Move and So Do the Children. International

Education Studies. American: Canadian Center of Science and Education, Vol. 6 No. 5, 2013.

Gallahue & Ozmun. 2006. Understanding Motor Development Infant, Children,

Adolescents, Adult (sixth edition). America, New york: Mc. Graw Hill.

Gustiana, Asep Deni. 2011. Pengaruh Permainan Modifikasi terhadap Kemampuan

Motorik Kasar dan Kognitif Anak Usia Dini. Edisi Khusus No. 2, 2011, ISSN

-565X, diakses tanggal 14 April 2015.

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Edisi

kelima. Jakarta Barat: PT Indeks.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2009. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Prusak, Keven A. 2007. Permainan Bola Basket 50 Kegiatan Membangun

Keterampilan Bola Basket. Klaten: PT Intan Sejati.

Santrock, John W. 2004. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Seefeldt, Carol & Wasik, Barbara 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT

Indeks.

Stine, Jean Marie. 2002. Double Your Brain Power. Meningkatkan Daya Ingat

dengan Menggunakan Seluruh Otak. Jakarta: Gramedia.

Stork, S. & Sanders, S. W. (2008). Physical Education in Early Childhood. The

Elementary School Journal. 108, (3), 197- 206.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Sujiono, Yuliani N. 2007. Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta:

Indeks.

Yus, Anita. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Prenadamedia Grup.




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by