PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI

Ubaidillah Ubaidillah

Abstract


Pendidikan anak usia dini  mempunyai peran yang sangat strategi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan upaya mewujudkan cita-cita bangsa indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan adalah tujuan sadar yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia, sebagai suatu kegitan yang sadar akan tujuan, maka dalam pelaksanaannya berada dalam suatu proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang pendidikan semuanya berkaitan dalam suatu sistem pendidikan yang integral. Para ahli pendidikan telah menyadari bahwa mutu pendidikan sangat tergantung pada kualitas guru dan praktek pembelajarannya, sehingga peningkatan kualitas pembelajaran merupakan isu mendasar bagi peningkatan mutu pendidikan secara nasional. Pendidikan pada hakekatnya merupakan upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan aktifitas guru dan siswa.minat merupakan sifat yang relatif menetap pada diri seseorang. Minat besar sekali pengaruhnya terhadap kegiatan seseorang sebab dengan minat ia akan melakukan sesuatu yang diminatinya. Sebaliknya tanpa minat seseorang tidak mungkin melakukan sesuatu. Minat belajar akan timbul apabila mendapatkan rangsangan dari luar. Dan kecenderungan untuk merasa tertarik pada suatu bidang bersifat menetap dan merasakan perasaan yang senang apabila ia terlibat aktif didalamnya. Perasaan senang ini timbul dari lingkungan atau berasal dari objek yang menarik

Keywords


Minat belajar; Aspek kognitif

References


Ahmadi Abu, Widodo Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Ali Muhammad. 2004. Guru dalam proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo : Bandung.

Bahri Syaiful. 1994. Prestasi Belajar & Kompetensi Guru, PT. Usaha Nasional : Surabaya.

B. Elizabeth Hurlock. 1995. Perkembangan Anak. Airlangga : Jakarta.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta : Jakarta.

Djaali. 2006. Psikologi pendidikan. Bumiaksara : Jakarta.

Hasan Khalijah. 1994. Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan. Al-Ikhlas : Surabaya.

H.C.Witherington. 1991. Psikologi Pendidikan. Aksara Baru : Jakarta.

Hilgard, R, Ernest. 1979. Introduction to psychology. Harcourt Jovanovich : New York.

http://iftahbintangpgpaud.blogspot.com/2017/04/makalah-perkembangan kognitif

M.Purwanto Ngalim. 2007. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Piaget dan Bringuier. 1980. Couseling and Psychotheraphy. Bandung

Ramayulis. 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Kalam Mulia : Jakarta.

Safari. 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. APSI Pusat : Jakarta.

Salahudi Mahfudh. 1990. Pengantar Psikologi Pendidikan. Bina Ilmu : Surabaya.

Samosir, Marten. 1992. Seni Berpikir Kreatif. Erlangga : Jakarta.

Singer, Kurt. 1987. Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Remaja Karya : Bandung.

Slamento. 2007. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta : Jakarta.

Slamento. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta : Jakarta.

Suhartini Dewi. 2001. Minat Siswa Terhadap Topik-topik Pelajaran dan Beberapa Faktor yang Melatar Belakanginya (tesis), Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sujanto Agus. 2004. Psikologi Umum. PT. Rineka Cipta : Jakarta.

Suryabrata Sumadi. 1993. Psikologi kepribadian. Rajawali Cipta : Jakarta.

Suryabrata Sumadi. 2002. Psikologi pendidika. RajaGrafindo Persada : Jakarta.

Syah Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Remaja Rosdakarya : Bandung.

Wijaya Wina. 2001. Strategi Pembelajaran. Prenda Media Group : Bandung.

Winkel W.S. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. PT. Gramedia : Jakarta.

Winkel W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Grasindo : Jakarta.

W.Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Remaja Rasya Karya : Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v2i2.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by