MENCETAK GENERASI ANAK USIA DINI YANG BERJIWA QUR’ANI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Eka Wahyu Hidayati

Abstract


Al Qur’an adalah sumber segala ilmu. Baik itu ilmu umum, maupun ilmu agama. Anak usia dini sebagai generasi yang berjiwa qur’ani akan membuat pendidikan menjadi lebih baik. Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang harus ditanamkan pada anak sedini mungkin agar mempunyai arah tujuan yang lurus dan benar. Penelitian ini menggunakan model kualitatif deskriptif dalam bentuk library research dengan metode dokumentasi untuk menjawab rumusan masalah yang sudah ditentukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui generasi anak usia dini yang berjiwa qur’ani dan perspektif pendidikan agama Islam. Hasil dari penelitian ini yaitu generasi anak usia dini qur’ani adalah generasi yang menjaga ayat-ayat Allah dihatinya, yang memiliki kepribadian Qur’ani, yang mengambil Al-Qur’an sebagai sumber utama kehidupannya melalui membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan Al Qur’an dalam setiap aspek kehidupan. Kedua yaitu dalam perspektif Pendidikan Agama Islam yaitu: dengan membangun kepribadian Qur’ani sejak dini dengan cara antara lain: membangun rasa cinta pada Al-Qur’an, memperdengarkan lantunan ayat Al Qur’an one day one juz, menumbuhkan mujahadah takwa kepada Allah, tadabbur Al-Qur’an, mengatasi rasa malas berinteraksi dengan Al-Quran, serta menyampaikan isi Al-Qur’an.

Keywords


Generasi Qur’ani; Anak Usia Dini; Pendidikan Agama Islam;

Full Text:

PDF

References


Al-Hafidz, Abdur Aziz Abdur Rouf. Tarbiyah Syakhsiyah Qur’aniyah cet ke-4. Jakarta: Markaz Al-Qur’an, 2015.

Daryanto, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya:Apollo,1997.

Ihsanuddin, Anwar. Mencetak Generasi Qur’ani dan Pemuda Robbany. https://www.an-najah.net/mencetak-generasi-qurani/. (diakses tanggal 10 Januari 2018).

Minarti, Sri. Ilmu Pendidikan Islam cet.1. Jakarta: Amzah, 2013.

Munir, Rasyidah. Agar Anak Mencintai Ilmu, https://baitijannati.wordpress.com /2007/02/04/agar-anak-mencintai-ilmu/, (diakses tanggal 10 Januari 2018)

Nawawi, Rif’at Syauqi. Kepribadian Qur’ani. Jakarta: Amzah, 2014.

Roqib, Muh. Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Integratif Di Sekolah, Keluarga, Dan Masyarakat. Yogyakarta: LKIS Printing Cemerlang, 2009.

Salim, Moh. Haitami dan Syamsul Kurniawan. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati, 2002.




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by