Paradigma Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Di SMP Negeri 4 Lamongan

Ahmad Hanif Fahruddin

Sari


This research raises the problem of Islamic religious education with a multicultural perspective in fostering tolerance with subjects at SMP Negeri 4 Lamongan. In this study, several things will be examined, namely those related to the paradigm of Islamic religious education with a multicultural perspective and the urgency of Islamic religious education with a multicultural perspective in fostering tolerance. Researchers use qualitative methods and descriptive approaches. The results of the research succeeded in finding, among other things: the paradigm of Islamic religious education with a multicultural perspective obtained through a cognitive approach, experience and habituation approach, and through exemplary methods. Besides, Islamic education with a multicultural perspective also fosters a harmonious life attitude, respect, and respect, fosters a tolerant attitude and can create a learning climate and academic atmosphere in a conducive learning process and care for differences in productive ways.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji Nugroho Muhammad, “Konsep Pendidikan Islam Berwawasan Kerukunan pada Masyarakat Multikultural”, Jurnal Studi Agama, Vol. 17, No. 2, 2018.

Aji Nugroho Muhammad, “Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; sebuah Upaya Membangun Pemahaman Keberagaman Insklusif pada Umat Muslim”, Jurnal kajian Pendidikan Islam, Vol. 08, No. 1, Juni, 2016.

Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Alfatih.

Ata Ujan Andre, dkk, Multikulturalisme Belajar Hidup Bersama dalam Perbedaan. Jakarta: PT Indeks, 2009.

Aunir Rohman, Moh. ”Dengan judul Internalisasi nilai-nilai agama islam dalam pembinaan mental santri melalui metode pembiasaan di Pondok Pesantren Darul Fiqh Deket Lamongan.” Skripsi—Universitas Islam Lamongan,2019.

Daradjat Zakiyah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.

Destiannisa Ayugi, “Implementasi Metode pendekatan Kognitif dalam Pembelajaran Paduan Suara”, Jurnal Harmonia, Vol.12, No. 2, Desember, 2012.

Dwi Candra, Rini. “Dengan judul peran guru agama dalam meningkatkan kerukunan siswa antar agama di SMA selamat pagi Indonesia batu.” Skripsi—Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015.

Handayani, “Implementasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Multikultural Dalam Membangun Toleransi beragama Di Sekolah Menengah Keatas Negeri 8 Lamongan”. Skripsi- - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014.

Imadudin rahmat M, Islam Pribumi : mendialogkan Agama membaca realitas. Jakarta: Erlangga, 2003.

Irfan Mohammad, “Implementasi Pembelajaran Agama Islam Berwawasan Multikultural (Study Kasus di SMPN Bandar lampung)”, Tesis—Universitas Negeri Raden Intan Lampung, 2018.

Kaelan, Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma, 2014.

Kristianto Adi, “Hubungan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar siswa Kelas II Jurusan Teknik Mekanik Otomotif SMK Se-Kabupaten Sleman”, Skripsi—Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Lailatul Mubarokah Nur, “Integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul”, Skripsi—Universitas Islam Negeri Sunan KalijagaYogyakarta, 2003.

J. Moleong Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Hakim, Lukman, “Dengan judul Internalisasi nilai-nilai agama islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu AL-Muttaqin kota Tasikmalaya”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 10, No. 1. 2012.

Mahfud Choirul, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Molan Benyamin, Multikulturalisme Cerdas Membangun Hidup Bersama yang Stabil dan Dinamis. Jakarta: PT Indeks, 2019.

Muri Yusuf A, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2017.

Musrawi Zuhairi, Al-Qur’an Kitab Toleransi, Jakarta: Pustaka Oasis, 2007.

Nur Hidayat Sidiq, “Penerapan Pembelajaran Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Belajar Sswa Pada mata Pelajaran Tune-Up Motor Bensin Kelas IX di SMK Muhammadiyah Cawas”, Skrpsi—Universitas Negrei Yogyakarta, 2015.

Putri Juwita Yuli, “pengembangan nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Taman Madya ibu Pawiyatan Taman Siswi Yogyakarta”. Skripsi- -Universitas Islam negeri Sunan Kalijaga, 2017.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Susanto Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar, Jakarta: Pramedia Group, 2016.

Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Tholchah Hasan Muhammad, Pendidikan Multikultural sebagai Opsi Penanggulangan radikalisme. Malang : Universitas Islam Malang, 2016.

Trianto, Model Pembelajaran Trepadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 2014.

Ulfa, Aunia, “Dengan judul internalisasi nilai-nilai toleransi beragama melalui pembelajaran agama islam di SD Negri 1 Ngadas Malang”. Skripsi—Universitas Muhammadiyah Malang ,2019.

Usman Muhammad, “Internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, Aceh, Indonesia”, Jurnal Of Islamic Education, Vol. 2, No. 1, 2019.




DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v3i1.238

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

 

 

Indexing at :