PERANAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KARAKTER GEMAR MEMBACA DI MI ISLAMIYAH DINOYO

Indah Lailatul Fajriyah, Kiky Chandra Silvia Anggraini, Musa’adatul Fithriyah

Abstract


Penelitian ini berjudul Peranan Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Gemar Membaca Di MI Islamiyah Dinoyo, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif serta menggunakan jenis pendekatan study kasus, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan program Gerakan Literasi Sekolah di MI Islamiyah Dinoyo, dan untuk mengetahui bagaimana penerapan Gerakan Literasi Terhadap Karakter Gemar Membaca Di Mi Islamiyah Dinoyo. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah Gerakan Literasi Sekolah di MI islamiyah Dinoyo sudah sesuai dengan tiga tahapan Gerakan Literasi Sekolah menurut Kemdikbud yaitu : (1) Pembiasaan, (2) Pengembangan, dan (3) Pembelajaran. Gerakan Literasi Sekolah di MI Islamiyah Dinoyo didukung baik sarana dan prasarana maupun kegiatan juga sudah dikaitkan dengan kurikulum sehingga terdapat jadwal khusus literasi dan didukung penuh oleh seluruh warga sekolah. Yang kedua, Kegiatan literasi seperti 15 menit sebelum proses pembelajaran dan jadwal wajib datang ke perpustakaan dan didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap merupakan cara agar dapat menanamkan karakter gemar membaca pada peserta didik di MI Islamiyah Dinoyo. Yang ketiga, penerapan Gerakan Literasi Sekolah di MI Islamiyah Dinoyo disesuaikan dengan indikator gemar membaca dan dihubungkan dengan tahapan Gerakan Literasi menurut Kemdikbud.


Keywords


Gerakan Literasi Sekolah, Karakter, Gemar membaca.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Kiky Chandra Silvia. “Efetivitas Metode Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Pada Materi Ipa Siswa Kelas Iii Sdn Tlogoangung.” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (2020).

Antasari, Indah Wijaya. “Implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas.” LIBRIA (2017).

Antoro, Billy. Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Faradina, Nindya. “Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten.” Jurnal Hanata Widya Volume 60 (2017): 12–22.

Ibda, Hamidulloh. “Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.” Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE) (2018).

Imanugroho, Satrio, dan Roro Isyawati Permata Ganggi. “Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Sdn Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan.” Jurnal Ilmu Perpustakaan 7, no. 2 (2018): 71–80. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22894.

Kemendikbud. “Materi Pendukung Literasi Sains.” Gerakan Literasi Nasional (2017).

Kementerian Agama, RI. Al-Qur’an Terjemahan. Al-Qur’an Terjemahan, 2007.

Muhammad Hilal Hidayat, Agus Basuki, Sa’dun Akbar. “Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan 3, no. 6 (2018): 810–817. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11213/5360.

Oktarina, Ary. “Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di SD N Golo Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 30 Tahun ke-7 2018 Volume 30 (2018): 12–14.

Rokim, Rokim. “Implementasi Gerakan 1821 Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Akademika (2020).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

———. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2017.

———. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.

Syawaluddin, Ahmad, dan Nurhaedah. “The Impact of School Literacy Mobement (GSL) on the Literacy Ability of the Fifth Graders at SD Negeri Gunung Sari, Rappocini District, Makasar.” International Journal of Elementary Education 1, no. 4 (2017): 238–243.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.