Pembentukan Karakter Islami Melalui Budaya Religius (Studi Kasus di MI Al Huda Kedonglo Ngronggot Nganjuk)

Miftah Kusuma Dewi

Sari


Perkembangan zaman dengan kecanggihan teknologi yang begitu cepat memiliki dampak besar bagi kehidupan. Walaupun perkembangan teknologi sangat bermanfaat bagi manusia tetapi juga tidak sedikit memiliki dampak buruk. Perkembangan yang semakin cepat ini perlu adanya filter/penyaring supaya manusia dapat menggunakan teknologi dengan benar. Maka sejak dini anak diajarkan tentang pendidikan karakter supaya dapat berperilaku dengan baik. Penting sekali membentuk karakter anak melalui metode pembiasaan di lingkungan keluarga, sekolah dan tempat tinggal dengan nilai-nilai kebaikan, dengan pembiasaan tersebut karakter akan tumbuh dan berkembang secara positif sesuai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pendidikan karakter Islami melalui pembiasaan religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara dengan guru dan kepala madrasah, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh tentang pembiasan-pembiasaan religius yang diterapkan adalah pembiasaan (3S) Senyum, Salam dan Sapa, baca senyap, sholatdhuha berjamaah, SKL madrasah, shalatdhuhur berjamaah dan ekstra kerohanian. Sedangkan mengenai pendidikan karakter Islami melalui pembiasaan religius adalah menerapkan pembiasan religius yang dilakukan setiap hari sebagai proses pembentukan karakter anak untuk berperilaku mulia, taat ibadah, jujur, toleran, peduli lingkungan, bertanggungjawab dan menjadi pondasi akidah bagi anak.


The rapid technological sophistication and changes have a big impact on life. Although technological developments are very beneficial for humans, they also have a bad impact. All this requires a filter so that humans can use technology properly. From an early age children are taught about character education so that they could behave well. It is very important to shape children's character through the method of habituation in such environments as family, school and surrounding community with good values. Through such habituation the character will grow and develop positively in accordance with the Islamic teachings. This study aims to describe Islamic character education through religious habituation. This research uses a descriptive qualitative approach. Meanwhile, qualitative data were obtained from interviews with teachers and principals of madrasa, observation and documentation. The results of the research regarding the applied religious habits are so-called 3S (senyum, salam and sapa) silent reading, dhuha prayer in congregation, madrasah SKL, dhuhur prayer in congregation and extra-curricular spiritual activities. Meanwhile, the Islamic character education through religious habituation is performing religious activities every day as a process of building children's character to behave well, be obedient, honest, tolerant, environmental, responsible and become the foundation of children's faith.

Kata Kunci


Islamic Character Education, Religious Habit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainiyah, Nur. “Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam” Jurnal Al-Ulum (Jurnal Studi-Studi Islam) IAIN Gorontalo,Volume. 13 Nomor 1, Juni 2013.

Fathurrohman, Pupuh dkk.Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: Refika Aditama,2013.

Fitri, Agus Zainul. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,2010.

Gade,Syabuddin.Gema Jumat, 14 September 2018 diakses dari https://baiturrahmanonline.com/khutbah-jumat/pendidikan-karakter-islami/

Ibnu Rusn, Abidin. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Ikmal, H. (2018). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Aplikasi. CV. Pustaka Ilalang.

Moeleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung: Remaja Rosdakarya,2002.

Munir, Abdullah. Pendidikan Karakter Membangun Karakter anak sejak dari Rumah,Yogyakarta: Pedagogia,2010.

Muslich, Mansur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara,2011.

Pongoliu,AnikeH. “Pembinaan Karakter Siswa Dalam Membentuk Sikap 3S (senyum salam dan sapa)”, Jurnal Pasca Sarjana Universitas Negeri Gorontalo, Vol. 2, No. 2 (2017).

Siti Nor Hayati, “Manfaat SholatDluha dalam Pembentukan Akhlakulkarimah Siswa”, JurnalSpiritualita, Vol. 1, No. 1 Juni 2017

Zuchdi, Darmiyati.Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press, 2011.




DOI: https://doi.org/10.30736/adk.v14i02.439

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 Terindeks pada :