Kompetensi Guru terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Rizky Fadjar Choirrul Linda, Nur Ngazizah

Abstract


Abstrak: Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk melaksanakan pembelajaran secara daring pada semua elemen pendidikan. Guru merupakan  elemen terpenting terhadap jalannya kegiatan belajar mengajar, sehingga guru dituntut beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan sistem pembelajaran. Guru  perlu mengembangkan kompetensi dalam mengelola pembelajaran setelah adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Purworejo. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu menafsirkan data yang didapat dari lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket yang disebarkan melalui google formulir, sedangkan teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa, kompetensi pedagogik guru SD Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo dalam kategori baik dengan persentase 66,5%. Kompetensi kepribadian guru SD Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo dalam kategori sangat baik dengan persentase 94%. Kompetensi sosial guru SD Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo dalam kategori sangat baik dengan persentase 83%. Kompetensi profesional guru SD Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo dalam kategori baik dengan persentase 79%.

Kata Kunci: Covid-19, Kompetensi guru, Pembelajaran daring

 

Abstract: The Covid-19 pandemic requires people to carry out online learning on all elements of education. A teacher is one of the prominent subjects in teaching and learning activities who has to quickly adapt to changes in the learning system. The Teachers need to be competent in managing learning that is different from before the Covid-19  pandemic. This study aims to provide an overview teachers’ competence during the Covid-19 pandemic at Muhammadiyah Elementary School Purworejo. The research method used descriptive by using a quantitative approach, namely interpreting data obtained from the field. Data collection using questionnaires distributed through google forms. The research data has analizied through Quantitative descriptive data analysis techniques. The research showed that the pedagogic teachers’ competency of  Muhammadiyah in Purworejo Teacher is in  good category with 66,5% percentage. The personality competency of muhammadiyah elementary school teachers in Purworejo district in the category is very good with a 94% percentage. The social competence of muhammadiyah elementary school teachers in Purworejo district is very good with a percentage of 83% while the teachers’ Competence of  SD Muhammadiyah in Purworejo District is in t good category with a 79% percentage.

Keywords: covid-19, teacher competency, online learning

Keywords


Covid-19, Kompetensi guru, Pembelajaran daring

References


Akbar, A. (2020). Pentingnya Kompetensi Pedagogik. 7(2), 115–124. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/6401/3165.

Ananda. R. (2019).Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan

Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350–357. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3089.

Anwar, A. S., & Fatkhhul Mubin. (2020). PENGEMBANGAN SIKAP PROFESIONALISME GURU MELALUI KINERJA GURU PADA SATUAN PENDIDIKAN MTS NEGERI 1 SERANG AEP SAEPUL ANWAR Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Alhikmah Jakarta. Andragogi , Jurnal Pendidikan Isla, 2(1), 147–171.

Astuti, S. D. (2017). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Sebagai Dasar Pengembangan Strategi Pembelajaran Oleh Guru. 1–10. Jurnal Pedagogi.

Azhari, B., & Fajri, I. (2021). International Journal of Mathematical Education in Distance learning during the COVID-19 pandemic : School closure in Indonesia Distance learning during the COVID-19 pandemic : School. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072

Cao, B., Wang, Y., Wen, D., Liu, W., Wang, J., Fan, G., Ruan, L., Song, B., Cai, Y., Wei, M., Li, X., Xia, J., Chen, N., Xiang, J., Yu, T., Bai, T., Xie, X., Zhang, L., Li, C., … Wang, C. (2020). A Trial of Lopinavir–Ritonavir in Adults Hospitalized with Severe Covid-19. New England Journal of Medicine, 382(19), 1787–1799. https://doi.org/10.1056/nejmoa2001282

Clarissa, D.P. & Indarini D.P. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM di Era Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 4(2), 193–204. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17859.

Dedi, K. R. A. S. (2020). Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani Implementation of Small Games as a Form of Warming Towards Student Interest in Physical Education Learning. 2.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Firman. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bioma, 2(1), 14–20.

Fuadi, A. S. M. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Masa Pandemi Covid 19 dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Ahmad. Prosiding, 22.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hill, K., & Fitzgerald, R. (2020). Student Perspectives on the Impact of COVID-19 on Learning. Aishe-J, 12(2), 1–10.

Hu, T. Y., Frieman, M., & Wolfram, J. (2020). Insights from nanomedicine into chloroquine efficacy against COVID-19. Nature Nanotechnology, 15(4), 247–249. https://doi.org/10.1038/s41565-020-0674-9

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Indriawan, I., et. al. (2020).Guru Profesional. (n.p.): Penerbit Lakeisha.

Irawan, A. W., Dwisona, D., & Lestari, M. (2020). Psychological Impacts of Students on Online Learning During the Pandemic COVID-19. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 7(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6389

Junaedi, D., & Salistia, F. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pasar Modal Di Indonesia: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 2(2), 109–138. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v2i2.112

Magdalena, I., Rachmadani, A., & Aulia, M. (2020). Penerapan Pembelajaran dan Penilaian Secara Online di Masa Pandemi SD N Karang Tengah 06 Tangerang. 2, 393–409.

Mahmudah, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19. Jurnal Al – Mau’izhoh, 2(2), 1–14.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Masyah, B. (2020). Pandemi covid 19 terhadap kesehatan mental dan psikososial. Mahakam Noursing, 2(8), 353–362. http://ejournalperawat.poltekkes-kaltim.ac.id/index.php/nursing/article/view/180/74

Maulana, A. S., & Nubatonis, A. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kinerja Nilai Ekspor Pertanian Indonesia. Agrimor, 5(4), 69–71. https://doi.org/10.32938/ag.v5i4.1166

Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489.

Mulyani, S. E. (2020). Strategi Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Online Di Era Sosial. TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (Teacher), 1(2), 39–46.

Napsawati, N. (2020). Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika Dengan Metode Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 96–102. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.546

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Onyema, E. M. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/jep/11-13-12

Owusu-Fordjour, C., Koomson, C. K., & Hanson, D. (2020). European Journal of Education Studies THE IMPACT OF COVID-19 ON LEARNING -. European Journal of Education Studies, 7(3), 88–101. https://doi.org/10.5281/zenodo.3753586

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2020). Penggunaan Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di SMP Araisiyah. Jurnal ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 84-91.

Prastyowati, A. (2020). Mengenal Karakteristik Virus SARS-CoV-2 Penyebab Penyakit COVID-19 Sebagai Dasar Upaya Untuk Pengembangan Obat Antivirus Dan Vaksin. BioTrends, 11(1), 1–10.

Purwanto, A., Asbari, M., Fahlevi, M., Mufid, A., Agistiawati, E., Cahyono, Y., & Suryani, P. (2020). Impact of Work From Home (WFH) on Indonesian Teachers Performance During the Covid-19 Pandemic : An Exploratory Study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6235–6244.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Rusmiati, A. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., Sultan, A., Riana, A., & Tambunan, S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period : A Case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.

Salirawati, D. (2018). Smart Teaching Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Setiawan, A. R., & Mufassaroh, A. Z. (2020). Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005

Sulistiadi, A., Sihite, O. B., & Alamsyah, V. U. (2020). Strategi Menaikan Kinerja Guru dalam Online Learning di Era Social Distancing. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 47–55. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p47-55

Supriyanto, A., Ds, W., Herdianto, R., Artikel, R., & Korespondensi, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Mengembangkan RPP melalui Lesson Study bagi Guru SD Laboratorium. 243–255. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Suprihatiningrum, J. (2013). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi &

Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.389

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.

Umar, L. M., & Mochamad Nursalim. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 600–609.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Zhang, L., Zhu, F., Xie, L., Wang, C., Wang, J., Chen, R., Jia, P., Guan, H. Q., Peng, L., Chen, Y., Peng, P., Zhang, P., Chu, Q., Shen, Q., Wang, Y., Xu, S. Y., Zhao, J. P., & Zhou, M. (2020). Clinical characteristics of COVID-19-infected cancer patients: a retrospective case study in three hospitals within Wuhan, China. Annals of Oncology, 31(7), 894–901. https://doi.org/10.1016/j.annonc.2020.03.296




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizky Fadjar Choirrul Linda, Nur Ngazizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.