Mengembangkan Ekoliterasi dan Ekopreneurship Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Model Project Based Learning (PjBL)

Zulfin Rachma Mufidah, Prana Dwija Iswara, Febrika Yogie Hermanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan ekoliterasi dan ekopreneurship siswa sekolah dasar kelas IV. Proses pembelajaran tematik integratif melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian ini mendukung mahasiswa agar literat lingkungan. Siswa mampu memanfaatkan lingkungan dengan baik melalui kegiatan ecopreneurship dengan proyek menjadikan produk dari barang bekas menjadi barang baru yang memiliki nilai jual tinggi. Hasil pembelajaran yang dibuat siswa adalah “damarkurung” yang merupakan keluaran dari percobaan sains. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui lembar validasi, lembar observasi, dan penilaian produk studentpreneurship. Pembelajaran tematik dilaksanakan melalui 6 langkah yang sesuai dengan sintaksis pembelajaran berbasis proyek, yaitu menentukan pertanyaan dasar, merancang perencanaan proyek, menyusun jadwal, memantau kemajuan proyek, menguji proses dan hasil pembelajaran, serta mengevaluasi pengalaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar dapat mendukung pendidikan ecopreneurship dan literasi lingkungan siswa sekolah dasar. Siswa mengetahui cara memanfaatkan bahan bekas dengan tepat dan bermanfaat. Pengembangan ecoliterasi siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek juga membantu siswa lebih menikmati proses pembelajaran tematik integratif dan semangat menunjukkan kreatifitasnya.


Keywords


ecopreneurship, ecoliterasi, project based learning, tematik



DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zulfin Rachma Mufidah, Prana Dwija Iswara, Febrika Yogie Hermanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.