KONSEP KURIKULUM MERDEKA PERSPEKTIF HADIS DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.30736/ktb.v8i2.2138Keywords:
Kurikulum Merdeka, hadis, pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep Kurikulum Merdeka dalam perspektif hadis dan mengevaluasi relevansinya terhadap pendidikan Islam. Kurikulum Merdeka, sebagai inisiatif baru dalam sistem pendidikan Indonesia, menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dan berpusat pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research dengan menggunakan metode pengumpulan data study kepustakaan dalam menggali serta menganalisis hadi-hadis yang berkaitan dengan profil pelajar Pancasila.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji hadis-hadis yang berhubungan dengan prinsip-prinsip Pendidikan yang berkaitan dengan profil pelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak prinsip dalam Kurikulum Merdeka memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang diajarkan dalam hadis dalam konteks Pendidikan Islam. Konsep Kebhinekaan global, gotong royong, mandiri adalah salah satu bentuk nilai ukhuwah yang memiliki makna penting dalam ajaran Islam.
Downloads
References
‘Al-Quran Terjemahan Kemang RI, Edisi Terbaru’, 2023
An-nawai, Imam, Syarah Sahih Muslim Jilid Ke 7 Kitab Nikah, Cet.2 (Jakarta: Darus SunNah, 2013)
Anas, Akhmad Ibad Zaenul, Nova Khairul Anam, and Fitri Hariwahyuni, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (Mi) (Studi Analisis Kebijakan Kma Ri No. 347 Tahun 2022)’, Journal of Creative Student Research (JCSR), 1.1 (2023), 99–116 <https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/download/1043/1032>
Ansari, Akhmad Hapis, Alpisah, and Muhammad Yusuf, ‘Konsep Dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama’, Manajemen Administrasi Sekolah-AKWF2305, 1.1 (2022)
Dafiki, Abdullah Dafiki, ‘Relevansi Pemikiran Fazlur Rahman Dalam Modernisasi Pendidikan Islam(Studi Analisis Di Madrasah Aliyah Al-Djufri Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan)’, Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3.2 (2022), 250–66 <https://doi.org/10.19105/rjpai.v3i2.6515>
Fidayani, Eka Fitria, and Farikh Marzuki Ammar, ‘The Use of Azhari Curriculum in Arabic Language Learning at Islamic Boarding School’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 6.1 (2023), 25–45 <https://doi.org/10.31538/nzh.v6i1.2866>
Halim, Abdul, Helmun Jamil, Miswanto Miswanto, and Ita Tryas Nur Rochbani, ‘The Curriculum of Islamic Religious Education in the Whirlwind of Independent Education and Its Implementation on Learning’, Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12.02 (2023), 261–74 <https://doi.org/10.22219/progresiva.v12i02.29415>
Hasnawati, ‘Pola Penerapan Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik Di Sman 4 Wajo Kabupaten Wajo’, Tesis, 2021, i-103 hlm
Idris, Muh, and Sabil Mokodenseho, ‘Model Pendidikan Islam Progresif’, J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7.2 (2021), 72–86 <https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.11682>
Inayati, Ummi, ‘Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 Di SD/MI’, 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2.1 (2022)
Kemendikbud, ‘Karakteristik Kurikulum Merdeka’, 2023 <https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/>
Masturin, Mhd Rasid Ritonga, and Siti Amaroh, ‘Tawhid-Based Green Learning in Islamic Higher Education: An Insan Kamil Character Building’, Qudus International Journal of Islamic Studies, 10.1 (2022), 215–52 <https://doi.org/10.21043/qijis.v10i1.14124>
Nizar, Ali, ‘Tujuan Pendidikan Islam Prespektif Hadis’, Antologi Pendidikan Islam, 222
Nugraha, Tono Supriatna, ‘Inovasi Kurikulum’, 2022, 250–61
Prasetiya, Angga, Warto Warto, and Sudiyanto Sudiyanto, ‘Sejarah Lokal Dalam Kurikulum Merdeka: Situs Loyang Mendale Dan Loyang Ujung Karang Sebagai Muatan Sejarah Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah’, Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5.2 (2022) <https://doi.org/10.17977/um0330v5i2p238-250>
Prasetyo, Arif Rahman, and Tasman Hamami, ‘Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum’, Palapa, 8.1 (2020), 42–55 <https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692>
Redana, Dewa Nyoman, and I Nyoman Suprapta, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sma Negeri 4 Singaraja’, Locus, 15.1 (2023), 77–87 <https://doi.org/10.37637/locus.v15i1.1239>
Rodin, Rhoni, and Miftahul Huda, ‘Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Multikultural’, Jurnal Al-Qiyam, 2.1 (2021), 110–19 <https://doi.org/10.33648/alqiyam.v2i1.136>
Sadewo, Yosua Damas, Bella Ghia Dimmera, and Pebria Dheni Purnasari, ‘Persepsi, Kebutuhan Dan Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Wilayah Perbatasan’, Sebatik, 26.2 (2022), 768–73 <https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.1980>
Susilowati, Evi, ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1.1 (2022), 115–32 <https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85>
Taufik, Ahmad, Dosen Stai, and Bumi Silampari Lubuklinggau, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mega Arsita, Muhammad Juni Beddu , Abdul Halim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.