NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NASKAH AL-MALHUDHAT KARYA KH. AHMAD ASRORI AL ISHAQI
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A., Kosasih, & M., Ag, Konsep Insan Kamil Menurut al-Jili. dalam file. upi. edu diakses pada tanggal 4, 2012.
A. Syah, “Term Tarbiyah, Ta'lim Dan Ta'dib Dalam Pendidikan Islam : Tinjauan dari Aspek Semantik” dalam Jurnal Al-Fikra (2017), 138-150.
al-Abrasyi, M. Athiyah, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1977.
al-Asfahaniy, Raghib, Mu'jam al-Mufradat li Alfazh al- Qur'an. Damaskus: Dar al-Qalam, 1997.
al-Naquib al-Attas, Muhammad, The Concept of Education in Islam: A Frame Work for an Islamic Phylosophy of Education, Terj. Haidar Bagir. Bandung: Mizan, 1996.
Anirah, Andi, “Metode Keteladanan Dan Signifikansinya Dalam Pendidikan Islam’, in Metode Keteladanan Dan Signifikansinya Dalam Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Fikruna Vol. 2 (2013), 153.
Asmaran, Pengantar Studi Ahlak. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan Kemasyarakatan,1999.
Choiron, AH., Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Idea Press, 2010.
D. Marimba Ahmad, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma’arif, 1989.
Dewey, John, Democracy and Education. New York: The McMillan Co., 1916.
Durkheim, Emile, Pendidikan Moral Suatu Studi dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 1990.
Ghazali, Bachtiar, Lingkungan Hidup dalam Pemahaman Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.
Mustaqim, Abdul, “Model Penelitian Tokoh” dalam Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an dan Hadis, Vol. 15 No. 2, (2014), 201-202.
Hamka, Tasawuf Modern. Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
Hornby, AS, Oxford Advanced Learner’s Dictionary. London: Oxford University Press, Fifth Edition, 1995.
Ilyas, R. Marpu Muhidin. Pendidikan Karakter: Isu dan Prioritas yang Terabaikan. Tugas Akhir Mata Kuliah Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Jakarta: Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2007.
Ismail, A. Ilyas, pilar – pilar taqwa: doktrin, pemikiran dan hikmah, dan pencerahan spiritual. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Karabel and Halsey, editors, Power and Ideology in Education. New York: Oxford University Press, 1977.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Buku Guru Akhlak (Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013). Jakarta: Kementerian Agama, 2014.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Buku Siswa Akidah Akhlaq. Jakarta: Kementerian Agama, 2014.
Kirschenbaum, Howard. 100 Ways to Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings. Massachusetts: Allyn & Bacon, 1995.
Kusroni, Nilai-Nilai Tasawuf Akhlaqi Dalam Naskah Al-Washaya Dan Al-Malhudlat Karya K.H. Achmad Asrori Al-Ishaqi (Makalah ini dipresentasikan pada acara “The 3rd Annual Malang International Peace Conference” dengan tema “Voicing Peace; Harmony Through Multidiciplinary Perspective”, 4-5 Agustus 2017.
Mujieb, Abdul, Syafi’ah, dan Ismail M, Ahmad, Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali. Manzur, Ibn, Lisan al-Arab. Beirut: Dar Shadir, 1990, jilid I.
Mujib, Abdul dan Mudzakir, Yusuf, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta, Predana Media, 2006.
Nata, Abudin, Akhlak Tasawuf. Jakarta: Rajagrafindo, 2006.
Neufeldt, Victoria & B. Guralnik, David, Webster New World Dictionary. New York: Prentice Hall, Third College Edition, 1988.
Noer Ali, Heri, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 1999.
Nurul Laila, Qumruin, “Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura” dalam Jurnal Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, Vol. 2 No. 1, (2015), 22.
Ramayulis, Ilmu pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2010), Cet. ke-8, 33-34.
Raharjo, Mudjia (ed), Qua Vadis Pendidikan Islam, Malang: Cendekia Paramulya, 2002.
Rosidi, Tesis, Maqamat Dalam Perspektif Sufistik KH. Ahmad Asrori Al Ishaqy. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2014.
Rusiadi, Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Sedaun, 2012, Cet. Ke II.
Samsul Hadi, Mohamad dan Muhid, Abdul, “Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Nashaih Al-'Ibad Dan Urgensinya Terhadap Remaja Di Era Milenial” dalam Jurnal Al Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5, No. 1, Desember (2019), 58
Sholahuddin, Mahfud, Metode Pendidikan Islam. Surabaya: Bina Ilmu, 1987.
Thalib, M., Pendidikan Islam Metode 30 T. Bandung: Irsyad Baitus Salam, 1996.
Tolchah, Moch., “Studi Perbandingan Pendidikan Moral Perspektif al-Ghazāli dan alAttas”, dalam Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam Volume 9, Nomor 1, Januari-Juni (2019), 80.
Yurida, 2019 Zainul Arif, Wawancara, 15 Agustus 2016, di Kedinding Lor.
Zuchdi, Darmiyati, Pendekatan Pendidikan Nilai Secara Komprehensif Sebagai Suatu Alternatif Pembentukan Akhlak Bangsa (Makalah Seminar). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY, 2001.
Zuhairini, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: UIN Press, 2004.
DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.777
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Indexing at :