MASJID GHAUDIYAH DAN PENDIDIKAN ISLAM: INTERNALISASI NILAINILAI ISLAM BAGI ETNIS INDIA MUSLIM DI KOTA MEDAN

Dinda Saqina Ningrum, Zaini Dahlan

Sari


Apart from being a means of worship, the Muslim mosque is also an educational centre. This article will discuss the Ghaudiyah mosque, which is used as an educational medium for internalising Islamic values for Muslim Indians in the city of Medan. Through a qualitative method with a historical approach, the research found that the first Ghaudiyah Mosque is the second mosque shaded by the India Seasons Foundation, Medan city. Second, Islamic education activities under the auspices of the Muslim India Foundation are  systematic studies, tahfiz houses, and guidance for converts to Islam, including creed, worship, and morals. A good funding factor makes mosque activities run well, although there are still some converts who do not take regular educational studies.

Kata Kunci


Mosque, Islamic Education, Muslim India

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afif, Nur, and Ansor Bahary, Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan Pendidikan Dalam Al-Qur’an, (Tuban: Karya Litera Indonesia, 2020)

Amrozi, Shoni Rahmatullah, ‘Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia; Perspektif Sejarah Kritis Ibnu Kholdun’, Jurnal KUTTAB, 4.1 (2020), 448

Asari, Hasan, Sejarah Pendidikan Islam: Membengun Relevansi Masa Lalu Dengan Masa Kini Dan Masa Depan, (Medan: Perdana Publishing, 2018)

Ayub, Moh. E., Muhsin MK, and Ramlan Mardjoned, Manajemen Masjid, (Jakarta: Gema Insani Press, 1996)

Aziz, A. Rosmianty, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Sibuku, 2016)

Azza, Muhammad Azka Rifqi dan Anisa Anisa, ‘Kajian Arsitektur Simbolik Pada Bangunan Masjid’, Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 3.3 (2019), 214

Basri, Hasan, ‘Bendahara Pembinaan Mualaf Kampung Madras’, in Wawancara Pada 14 Januari, 2022

Darodjat, and Wahyudiana, ‘Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Untuk Membentuk Peradaban Islam’, Jurnal Islamadina, 13.2 (2014), 10

Dkk, Alnoza, Kota Tua Punya Banyak Cerita Jilid I, (Sukabumi: Farha pustaka, 2020)

Harahap, Nur Jannah, and dkk, ‘Masjid Jamik Sebagai Jejak Sejarah Peninggalan Komunitas India Muslim Di Kota Medan’, Journal of History and Cultural Haritege, 2.2 (2021), 42

Ikhwan, Afiful, Pendidikan Agama Islam: Berbasis Islam Kontemporer Perspektif Indonesia, (Jawa Tengah: Tahta Media Group, 2021)

Kurniawan, Adam, ‘Sejarah Perkembangan Kampung Madras Di Kota Medan’, Jurnal Arsitektur, 2.2 (2020), 103

Lubis, Zulkifli B., ‘Kajian Awal Tentang Komunitas Tamil Dan Punjabi Di Medan: Adaptasi Dan Jaringan Sosial’, Jurnal Antropologi Sosial ETNOVISI, 1.3 (2005), 136–46

Mubarok, Ramadanil, ‘Peran Tamir Masjid Dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam Di Masjid Darus Sakinah Sangatta Utara’, Jurnal Al-Ishlah, 18.2 (2020), 240–41

Mulyono, ‘Rekontruksi Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Pusat Kegiatan Pendidikan Islam’, Jurnal Muaddib, 7.1 (2017), 17

Putra, Ahmad, and Prasetio Rumondor, ‘Eksistensi Masjid Di Era Rasulullah Dan Era Millenial’, Jurnal Tasamuh, 17.1 (2019), 252

Rifa’i, Ahmat, ‘Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern’, Jurnal Universum, 10.2 (2016), 159

Rosmita, ‘Guru Tahfiz’, in Wawancara Pada 10 Januari, 2022

Sahfutra, Surya Adi, ‘Diaspora Komunitas Tamil Di Sumatera Utara: Antara Menjadi India Atau Indonesia’, Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5.1 (2021), 577

Saleh, Muhammad, ‘Mentor Pembinaan Mualaf Kampung Madras’, in Wawancara Pada 14 Januari, 2022

Saleh, Muhammad Sidik, ‘Ketua Yayasan India Muslim’, in Wawancara Pada 5 Desember, 2021

Setyaningsih, Rini, and Subiyantoro, ‘Kebijakan Internalisasi Nilia-Nilai Islam Dalam Pembentukan Kultur Religius Mahasiswa’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12.1 (2017), 79

Setyosari, Punaji, Metode Penelitian Dan Pengembangan, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2016)

Tanjung, Muhammad Yusuf, ‘Guru Tahfiz’, in Wawancara Pada 10 Januari, 2022

Thahir, Mafriza, ‘Tesis: Komunitas India Muslim Masuk Ke Kota Medan’ (Medan: Universitas Negeri Medan, 2014)




DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.778

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

 

 

Indexing at :