IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH INSECURITY PADA SISWA SMAN 01 PALANGKA RAYA

Surawan Surawan, Salsabila Asyifana DLT

Sari


This article aims to look at implementing Islamic Religious Education learning at the high school level, especially in the faith in qada and qadar chapter, to prevent insecurity in students. This article is motivated by the phenomenon of students of SMAN 1 Palangka Raya in the form of feelings of insecurity and inferiority towards others. The results of this study found that applying Islamic Religious Education lessons on the theme of believing in qada and qadar can be an alternative in preventing the emergence of a sense of insecurity in adolescents, especially students. Insecurity arises because of a lack of understanding of Allah's decree. So, in its application, students can appreciate and practice learning materials in everyday life.


Kata Kunci


Insecurity; Islamic Education Learning; Qada and Qadar, High School Students

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, Mulyana. 'Implementasi Iman Kepada Al-Qadha dan Al-Qadar Dalam Kehidupan Umat Muslim'. Jurnal Pendidikan Islam-Ta'lim. 18.1 (2020)

Anggito, Albi & Setiawan, Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Jawa Barat: Jejak Publisher, 2018)

Aidi. 'Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa'. AtTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 7.1 (2016)

Al-Aziz Abidah Asma. 'Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa'. Acta Psychologia. 2. 2 (2020).

Annilta Manzilah dan Adlimah. 'Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Kompetensi Dasar Beriman Kepada Qada dan Qadar Berbuah Ketenangan Hati'. Jurnal POTENSIA. 5. 2 (2019).

Asmaun Sahlan. 'Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Kontekstual'. Jurnal ElHikmah. Fakultas Tarbiyah UIN Malang. (2011).

Elihami & Syahid Abdullah. 'Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami'. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2. 1 (2018).

Hidayat, Nur. Akidah Akhlak dan Pembelajarannya. (Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2015).

Ikmal, H. and Sukaeni, W., 2021. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences Di SMAN 1 Kedungpring Lamongan. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), pp.34-47.

Ikmal, H., Mumtahana, L. and Fialriyadi, M.B., 2022. Peranan Guru Dalam Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA Roudlatul Muta’abbidin Lamongan. Jurnal Al-Murabbi, 7(2), pp.245-262.

Ikmal, H., 2022. Kontruksi Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik Pada Pembelajaran Fiqih di MAN 1 Lamongan. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2).

Ikmal, H. and Sukaeni, W., 2021. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multiple Intelligences Di SMAN 1 Kedungpring Lamongan. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), pp.34-47.

Ikmal, H., 2018. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Aplikasi. CV. Pustaka Ilalang.

J. Nabiel Aha Putra. Moch Ali Mutawakkil, Qada’ dan Qadar Perspeltif Al-Qur’an Hadits dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam. 7.1. (2020).

Laela Hamidah Harahap, dkk. 'Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka'. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8. 2. (2019).

Moch Ali Mutawakkil, J. Nabiel Aha Putra. 'Qada’ dan Qadar Perspeltif AlQur’an Hadits dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam'. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 7. 1. (2020).

Muhammad Ramadlan, dkk. 'Implementasi Guru Dalam Mendesain Proses Pembelajaran PAI'. Jurnal Atthulab. 2 (2). (2017).

Salmiati dan Riyang Septiawansyah. 'Peranan Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs DDI Cilellang. Kabupaten Barru'. Jurnal Al-Musannif. 1. 1. (2019).

Syarifuddin K. Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. (Cet. I; Yogyakarta, 2017).

Syamsul Ma’arif. Guru Profesional; Harapan dan Kenyataan. (Semarang: Need’s Press, 2012).




DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v6i2.1145

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

 

 

Indexing at :