BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA COVID 19 DI MTS WALISONGO BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.669Keywords:
Blended Learning, pembelajaran, PAIAbstract
Masa pandemi Covid 19 pembelajaran dirumah yang membosankan dan, perkembangan teknologi yang semakin luas pula sehingga banyak praktisi yang mengembangkan dan, memberikan pendapat mereka tentang pengertian blended learning,seperti daring. berpendapat bahwa pengertian blended learning adalah menggabungkan keunggulan e-learning, keunggulan face to face, dan, praktiknya.. Penelitian ini menganalisa tentang proses implementasi blended learning di MTS Wali Songo Bojonegoroâ€. Dengan menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus, penelitian ini berhasil menemukan antara lain: bahwa ralisasi blended learning dilakukan dengan mengkombinasikan antara pembelajaran online, tatap muda dan belajar mandiri. Melalui strategi ini, MTs Wali Songo Bojonegoro dipermudah karena siswa dapat belajar mandiri, baik dalam konteks mengakses materi pembelajaran sekaligus mempelajarinya secara online. Selan itu, proses pembelajaran tidak terbatas ruangan dan, waktu. Sedangkan Kelemahan blended learning di MTs Wali Songo Bojonegoro ditemukan antara lain: pada keterbatasan jaringan internet, perangkat smartphone yang tidak mendukung, serta sistem e-learning yang eror.Downloads
References
Covid-, Pandemi, Afroh Nailil Hikmah, and Ibnu Chudzaifah, ‘Blanded Learning : Solusi Model Pembelajaran Pasca’, 6.2 (2020), 83–94
Dwiyanto, Heri, ‘Menyiapkan Pembelajaran Dalam Memasuki “ New Normal †Dengan Blended Learning’, Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung, 2019 (2020), 1–9
Elemen, Jurnal, Siti Istiningsih, and Fakultas Teknik, ‘Blended Learning , Trend Strategi Pembelajaran’, 1.1 (2015), 49–56
Hamzah B.Uno, Model Pembelajaran, 2007
Hasamah, Pembelajaran Bauran Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face to Face,E-Learning Offline-Online Dan, Imobile Learning (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2014)
Jannah, Miftahul, ‘Pengaruh Penerapan Model Blended Learning Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Tahun 2019’, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3 (2019), 874–78
Journal, Meraja, ‘Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Di Stia Al Gazali Barru ( Suatu Studi Terhadap Pemanfaatan Model E-Learning Berbasis Software Claroline )’, 2.1
Kemdikbud, ‘Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus’, Www.Kemdikbud.Go.Id, 022651, 2020, 9 <https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus>
Khaerunnisa, Fahtu, ‘Evaluasi Penerapan Blended Learning Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Smpit Ibadurrahman : Studi Kasus Di Kelas VII’, 2.2 (2019), 95–108
Nasional, Undang-undang Sistem Pendidikan, ‘Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional’, 2003
Nurmiati, N, M Muliana, O K Sulaiman, N.L.W.S.R. Ginantra, M A Manuhutu, A Sudarso, and others, Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19 (Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2020) <https://books.google.co.id/books?id=HSz7DwAAQBAJ>
Press, Litbangdiklat, Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19, 2020
Sandy, Aisya Trees, Anang Kadarsah, Annisau Nafiah, Anton Kuswoyo, Arief Syarifuddin, Eddy Sutadji, and others, ‘Di Balik Wabah Covid-19’, 2020, 105 <http://eprints.itn.ac.id/5119/3/Buku dibalik Covid_2020 Digital %28e-isbn%29.pdf>
Tosepu, Ramadhan, Devi Savitri Effendy, Nani Yuniar, and Djafar Mey, ‘Pelaksanaan Pencegahan Primer Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendidikan Kesehatan Di Kelurahan Tobimeita Kota Kendari’, 1–8
Yurnalis, Yurnalis, ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Di Sekolah Binaan Kecamatan Cerenti’, JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2.4 (2018), 505 <https://doi.org/10.33578/pjr.v2i4.5691>