Pemikiran KH Masjkur dalam Mendesain Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Kebangsaan

Maskuri Maskuri, Imam Safi'i, Hepi Ikmal

Sari


Ulama dan Kiai memiliki peran penting sebagai pejuang kemerdekaan, munculnya resolusi jihad adalah salah satu solusi kebangkitan nusantara dalam melawan penjajah saat itu. Pada kurun revolusi, salah satu nama penting dalam perjuangan kebangsaan yang perlu dicatat adalah Kiai Masjkur. Kiai Masjkur mendirikan dan mengelola lembaga pendidikan Islam yang diberi nama Misbahul Wathan. Kiai Masjkur mendirikan Misbahul Wathon sebagai cita-cita mengembangkan pendidikan kebangsaan untuk bumi putera.  Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif, jenis penelitian kepustakaan. Tujuannya Dalam kajian ini adalah mengungkap perjuangan Kyai Masjkur dalam dunia pendidikan yaitu tentang 1) mengungkap idiologi ahlisunnah waljamaah dalam pendidikan Islam yang dirintis oleh Kyai Masjkur. 2) Desain penyelenggaraan pendidikan Islam dalam membangun Nasionalisme 3) aksi pengembangan pendidikan Islam yang menunjukkan nasionalisme 4) Pendidikan Islam sebagai realitas sikap Nasionalisme. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Kiai Masjkur sebagai ulama’ dan pejuang kemerdekaan Indonesa. Dan yang menjadi penting lagi adalah beliau merintis lembaga pendidikan Islam misbahul wathon yang didasarkan dengan idiologi Aswaja dan beliau mendesain pendidikan modern pada saat masa berjuang menuju kemerdekaan dengan kurikulum yang sudah tertata. Serta hasil dari pendidikan berwawasan kebangsaan yang didirikan oleh kyai masjkur menumbuhkan sikap patriotis, para pejuang yang siap untuk mengorbankan jiwa raga untuk kemerdekaan republic Indonesia.

Kata Kunci


KH. Masjkur, Pendidikan Islam, Kebangsaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.H. Nasution, Sekitar Perang Kemerdekaan Indonesia Jilid 2 Diplomasi atau Bertempur, Bandung: Penerbit Angkasa & Disjarah AD, 1977.

Al Attas, Syed Muhammad Naquib. Risalah untuk Kaum Muslimin, Kuala Lumpur: ISTAC, 2001.

As’ari, Abdur Rahman, Sebuah Revolusi Pembelajaran di LPI Sabilillah. Malang: Majalah Edisi khusus LPI sabilillah, 2016.

Ayundasari, L., Peranan Kiai Masjkur dalam mengembangkan pendidikan Islam di Malang 1923-1992. SKRIPSI Jurusan Sejarah-Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010.

Ayundasari, L., Relevansi Nilai-Nilai Perjuangan Kiai Masjkur dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Siswa MA di Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), pp.40-52. 2018.

AZIS, S., Kepemimpinan KH Masjkur dalam Kementerian Agama Tahun 1947-1955 M.

Aziz, Munawir, Pahlawan Santri: Tulang Punggung Penggerak Nasional, Jakarta: Pustaka Compas, 2006.

Bizawie, Zainul Milal, Resolusi Jihad dan Laskar Ulama Santri: Garda Depan Menegakkan Indonesia (1945-1949). Jakarta: Pustaka Compas.

Buku Profil Yayasan Pendidikan Al-Maarif Singosari Malang

Bustami, Abdul Latif dan Tim Sejarahwan Tebuireng, Resolusi Jihad Perjuangan Ulama: dari Menegakkan Agama Hingga Negara, Jawa Timur: Pustaka Tebuireng, 2015.

Dimyati, M.A., KH MASJKUR DALAM LASKAR SABILILLAH (1945-1949), Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014.

Dimyati, Tesis: Kiai Masjkur dalam Laskar Sabilillah (1945-1949). Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Tahun 2014

El-Kayyis, Isno, Perjuangan laskar Hizbullah di Jawa Timur, Jawa Timur: Pustaka Tebuireng, 2015.

Gani, R.A., 1982. Sambutan Penerbitan Biografi KH Masjkur.

Greertz, Clifford, Abangan, Santri dan Priyayi Dalam Masyarakat Jawa, Jakarta, Pustaka Jaya, 1983.

Hasan, Tholha, 2015. Lembaga Pendidikan Islam Al Maarif Singosari Berbasis keislaman, Keilmuan dan Kemasyarakatan. Malang: Buku Profil Yayasan Pendidikan Al Maarif.

Hasan, Tholha, 2016. Menengok Jejak Perkembangan Pendidikan Sabilillah, Malang: Majalah Edisi khusus LPI sabilillah.

Jauhari, Najib, “Resolusi Jihad dan Laskar Sabilillah Malang Dalam Pertempuran Surabaya 10 Nopember 1945”, dalam Jurnal Studi Sosial, Vol. 5, No. 2, 2013.

Jauhari, Najib. Tesis: Resolusi Jihad dan Laskar Sabilillah Malang Dalam Perang Mempertahankan Kemederkaan Surabaya 10 Nopember 1945. Malang: Universitas Negeri Malang Tahun 2018.

Kecik, Hario, Otobiografi Seorang Mahasiswa Prajurit, Memoar Hario Kecik, Jakarta: Pustaka Utan Kayu, 2002.

Maskuri, 2018. Melejitkan Mutu Pendidikan Inspirasi Muhibah Edukasi Perguruan Tinggi Dunia. Malang: Intelegensia Media

Mas'ud, Abdurahman. Menggagas Format Pendidikan Dikotomik. Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam: Gama Media. 2004.

Safii, I., 2020. Model Kepemimpinan Kyai Dalam Membentuk Santri Mandiri Di Era 4.0. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(2), pp. 218-240.

Soebagijo, I.N, 1982. K.H MASJKUR Sebuah Biografi, Jakarta: PT Gunung Agung.

Sudjono, Imam, Yang Berlawan (Membongkar Tabbir Pemalsuan Sejarah PKI), Yogyakarta: Resist Book, 2006.

Sukma, K. SEJARAH KIAI MASJKUR DALAM PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA (1938-1945 M), Doctoral dissertation, Uin Sunan Ampel Surabaya, 2016.

Suprayogo, Imam. Sabilillah Mengawali Pendidikan Hati. Malang: Majalah pendidikan Sabilillah, 2016.

Tashadi, dkk, Sejarah Perjuangan Hizbullah Sabilillah Divisi Sunan Bonang, Surakarta: Yayasan Bhakti Utama, 1977.




DOI: https://doi.org/10.30736/adk.v15i2.524

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 Terindeks pada :