Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Everyone Is A Teacher Here Pada Pembelajaran Pai Materi Pokok Makanan Yang Lalal Dan Haram Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelass 9 F Smp Negeri 4 Gresik

Abdullah Al Ghozi

Sari


Penerapan model cooprative learning tipe Everyone Is A Teacher Here pada pelajaran PAI materi pokok yang halal dan haram dalam upaya meningkatkan hasil belajar di Kelas 9 F SMP 4 Gresik dapat di ketahui dengan menggunakan tiga tahap siklus analisis yakni perencanaan, pengamatan dan refleksi. Sehingga mampu menjawab permasalahan tentang Bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe everyone is a teacher here pada pembelajaran PAI materi pokok makanan yang halal dan haram dapat menngkatkan keaktifan dan hasil belajar. tampak pada hasil penelitian sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe everyone is a teacher here mencapai rata-rata 74.4. ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 72.22 % dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa. Kemudian pada siklus II rata-rata siswa mencapai 84.38 dan pada siklus III naik menjadi 84.55. Prosentase ketuntasan klasikal naik dari 91.67 % naik menjadi 100 %. penggunaan model pembelajaran cooperatif learning tipe everyone a teacher here, guru dapat meningkatkan peran serta siswa dalam proses pembelajaran / siswa sebagai subyek belajar.

Kata Kunci


Cooprative Learing; pembelajaran PAI; Hasil Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyana, Pendidikan Anak Bagi Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta,

Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 1991

------------- dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002

Arikunto, Suharsimi, dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

------------- , Penelitian Tindakan Kelas , Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006

, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002

Azis, Sholeh Abdul dan Madjid, Abdul Azis Abdul, Al-Tarbiyah Waturuqu Al-Tadrisi, Juz.1.,

Mesir: Darul Ma’arif, 1979

Azwar, Saifuddin, Tes Prestasi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar,

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996

Deese, James, The Psychology Of Learning, London; MC. Graw H, ll Company, 1967

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi.II, (Jakarta:

Balai Pustaka, 1995

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Renika Cipta, 1999

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta,

, Pendidik dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Donald, Frederick Y. Mc., Educational Psychology, Tokyo: Overseas Publication LTD, 1959

Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya,

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif,

Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan), Semarang: RaSAIL Media Group, 2008

Ladjid, Hafni, Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Ciputat Press Group,

Lie, Anita, Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang -Ruang

Kelas, Jakarta : Grasindo, 2004

Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rienika Cipta, 2000

Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Yusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006

Muslich, Masnur, Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah, Jakarta: PT

Bumi Aksara, 2009

Muslim, Aplikasi Statistik, Semarang: IAIN Walisongo, 1996 Nasution, S., Kurikulum dan

Pengajaran, Jakarta: Bina Aksara, 1984

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan

Kompetensi Dasar Tingkat SMP, MTs, dan SMPLB

Perturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, Tentang Standar Kompetensi

Lulusan Dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab di Madrasah

Poerwodarminta, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999

PP. No 19 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Departemen agama RI 2006 Ramayulis,

Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005 Sagala, Saeful, Konsep

dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfa Beta, 2003

Sardiman A.M., Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Sarwono, Sarlito Wirawan, Psikologi Umum, Jakarta: Bulan Bintang, 1991

Siberman, Melvin L , Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa Media

Cet ke III, 2006

Siregar, Marasuddin, Diktat Metodologi Pengajaran Agama, Semarang, Fakultas Tarbiyah

IAIN Walisongo, 2003

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rinek




DOI: https://doi.org/10.30736/adk.v15i2.672

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 Terindeks pada :