MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI CERITA ANAK DI YOUTUBE

Authors

  • Ahmad Maujuhan Syah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Hadi Ismanto Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.1029

Keywords:

Perilaku Prososial, Cerita Anak, Youtube,

Abstract

Pada era new normal pasca pandemic tentu hal-hal yang serba online menjadi alat penting bagi setiap sendi kehidupan, termasuk dalam hal Pendidikan. Banyak sekolah-sekolah yang memanfaatkan media online untuk memberikan materi. Pendidikan Anak Usia Dini atau yang sering disingkat PAUD tentu tidak luput dalam memanfaatkan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif adalah suatu penelitian yang tidak melakukan perhitungan-perhitungan dalam melakukan justifikasi epistemology. Menumbuhkan perilaku prososial pada anak usia dini akan jauh lebih efektif ketika penanaman tersebut dilakukan dengan cara memberikan contoh langsung. Contoh langsung bisa di dapat dari melihat atau menonton cerita anak di media sosial youtube. Pembelajran model seperti ini tentu bisa ditiru oleh Lembaga Pendidikan lain asalkan intensitas menonton dan tontonanya sesuai dengan apa yang ingin dicapai.

References

Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (YOUTUBE) SEBAGAI MEDIA INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH GRESIK. Jurnal ABDI, 5(1), 33. https://doi.org/10.26740/ja.v5n1.p33-37

Aula, A., & Ismanto, H. (2021). Iklan XL Versi Xlalu di Televisi terhadap Kekuatan Brand XL. 02(02), 8.

Dampak Youtube Pada Kegiatan Belajar Daring Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid-19. (2021). Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2). https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i2.6755

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2012). Psikologi Sosial. UMM Press.

Hardiansyah, D., Rohman, A., & Deviyanti, E. (2021). Pengembangan Model Garden-Based Learning Meningkatkan Perilaku Prososial Anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1576–1587. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1728

Hasanah, N., & Drupadi, R. (2020). Perilaku Prososial Anak selama Pandemi Covid-19. 5, 11.

Kaelan, M.S., Prof. Dr. H. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Paradigma.

Kau, M. A. (n.d.). EMPATI DAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK. 7, 5.

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627

Mercer, J., & Clayton, D. (2012). Psikologi Sosial (1st ed.). Erlangga.

Nurish, A. (2019). Agama Jawa: Setengah abad pascaClifford Geertz. LKiS.

Repormasi, A., & Suryadi, D. (n.d.). Perilaku Prososial Anak Petani Di PAUD Se-Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah. 9.

Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115. https://doi.org/10.33369/jip.5.2. 106-115

Sugiyono, Prf. Dr. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Alfabeta.

Suparmi, S., & Sumijati, S. (2021). Pelatihan Empati dan Perilaku Prososial pada Anak Usia Sekolah Dasar. PSIKODIMENSIA, 20(1), 46. https://doi.org/10.24167/psidim.v20i1.2879

Syah, A. M. (2019). Pengaruh Dakwah Media Sosial Youtube terhadap Religiusitas Remaja di MA. Al-Muhtadi Sendangagung. Busyro : Jurnal Komunikasi dan Dakwah, 1(2), 20–37.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-08-29

How to Cite

Syah, A. M., & Ismanto, H. (2022). MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI CERITA ANAK DI YOUTUBE. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 236–248. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.1029

Issue

Section

Articles