EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT DI SATUAN PAUD KOTA TEGAL

Authors

  • Muhammad Arif Budiman Sucipto Universitas Pancasakti Tegal
  • Syamsul Anwar Universitas Pancasakti Tegal
  • R. Samidi Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1054

Keywords:

Evaluasi Stake Countenance Model, Implementasi Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini,

Abstract

Pelaksanaan implementasi kurikulum darurat menemui kendala pada tahap persiapan dan pelaksanaan, oleh sebab itu perlu dilakukan tindakan berupa evaluasi kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahap pendahuluan (antecedent), tahap proses (transaction) tahap hasil penilaian  (outcomes) pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Kota Tegal kemudian memberikan rekomendasi perbaikan pelaksanaan kurikulum. Evaluasi kurikulum yang digunakan adalah Stake Countenance Models. Informasi yang didapatkan adakan disesuaikan dengan standar dari Kemendikbud. Populasi penelitian ini adalah Satuan yang ada di kota Tegal dengan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu memiliki ketentuan Satuan yang memiliki kurikulum darurat dan telah melaksanakan kurikulum darurat. Instrumen pengumpulan data angket, observasi dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan di Satuan Pendidikan Anak Usia Kota Tegal yang telah memiliki kurikulum darurat dan telah melaksanakan kurikulum darurat. Analisis yang digunakan yaitu dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian keseluruhan hasil evaluasi kurikulum darurat pada 5 Satuan Pendidikan Anak Usia memperoleh hasil rata-rata keseluruhan berjumlah 75,50% dengan kategori baik. Pada tahap pendahuluan (antecedent) dengan perolehan rata-rata dari 5 Satuan sebesar 72,36%, tahap proses (transaction) dengan perolehan rata-rata dari 5 Satuan sebesar 82,8% dan tahap hasil penilaian (outcomes) dengan perolehan rata-rata dari 5 Satuan sebesar 84%. Kesimpulan implementasi kurikulum darurat di 5 Satuan di Kota Tegal belum sesuai standar yang ditentukan maka perlu diberikan rekomendasi perbaikan

References

Af’idah, I. N., & Jaedun, A. (2020). Curriculum evaluation of French learning in senior high school. REID (Research and Evaluation in Education), 6(1), 10–19.

Anica, A., Romli, R., & Khodijah, N. (2019). Evaluasi Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 2(1), 39–50.

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8.

Arikunto, S. (2010). Cepi, Safruddin AJ. 2010. In Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bangkit Sanjaya, J. (2020). Implementasi Kurikulum Darurat Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan. Journal of Indonesian Law, 1(2), 161–174. https://doi.org/10.18326/jil.v1i2.161-174

Chasanah, U., Setyowati, S., & Purbaningrum, E. (2022). Implementasi Bambu Vpc Untuk Mengoptimalkan Kurikulum Darurat Ra Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik di PAUD Al-Azhar Bukittinggi. Obsesi, 4 (2).

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.

Horne, E. M., & Sandmann, L. R. (2012). Current trends in systematic program evaluation of online graduate nursing education: an integrative literature review. Journal of Nursing Education, 51(10), 570–578.

Jusuf, R., & Maaku, A. (2020). Kurikulum Darurat Covid 19… Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah. In Jurnal Ilmiah Iqra (Vol. 2).

Kurniyawati, S. N. U., & Prastowo, A. A. (2021). Memahami Penerapan Model Kurikulum Darurat di Masa Pandemi Covid-19: Kasus Pembelajaran Matematika SD/MI di Indonesia. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 6(1), 21–34.

Megasari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636–648.

Mubai, A., Jalinus, N., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Abdullah, R., Rizal, F., & Waskito, W. (2021). Implementasi Model Cipp Dalam Evaluasi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1383–1394.

Nouraey, P., Al-Badi, A., Riasati, M. J., & Maata, R. L. (2020). Educational program and curriculum evaluation models: a mini systematic review of the recent trends. Universal J Educ Res, 8(9), 4048–4055.

Safriyani, R., Wakhidah, E. W., & Supriyanto, C. (2021). Online learning strategies during Covid-19 in an early childhood education. Musamus: Journal of Primary Education, 3(2), 145–156.

Saputro, D. C. A. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Mata Pelajaran Dikjasorkes Menggunakan Model Countenance Stake Kelas I Di Sd Se-Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar (Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013). BRAVO’S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani & Kesehatan), 4(4).

Sucipto, M. A. B., Anwar, S., & Samidi, R. (2021). Akreditasi: Penerapan Budaya Mutu Pendidikan Satuan Paud Pada Masa Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 195–213.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140.

Sumarbini, S., & Hasanah, E. (2021). Penerapan Kurikulum Darurat Pada Masa Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Semin, Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Suminah, E., Siantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U., & Nugraha, A. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Suryana, A., & Aulia, S. H. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada Pendidikan Anak Usia Dini. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 20(1), 13–24.

Syahrir, S. (2022). Evaluasi Kurikulum Belajar Mandiri TK Menggunakan Model CIPP Stufflebeam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Ulfah, M., Luharnarky, A., & Saifuddin, S. (2019). Evaluasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Permulaan di TK Negeri Pembina Cirebon. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 16–33.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-04

How to Cite

Sucipto, M. A. . B., Anwar, S., & Samidi, R. (2022). EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM DARURAT DI SATUAN PAUD KOTA TEGAL. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 420–440. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1054

Issue

Section

Articles