PENGARUH KEGIATAN SENI MENGGULUNG KERTAS TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Tiwi Rahayu Putri Universitas Negeri Padang
  • Yulsyofriend Yulsyofriend

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1064

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang berkembangnya motorik halus anak dan penggunaan media yang kurang kreatif oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan paper quilling (seni menggulung kertas) terhadap perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Kabupaten Pesisir Selatan. Studi penelitian ini memakai kuantitatif dalam bentuk quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 34 anak Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampelnya yaitu Purposive Sampling anak kelas B1 dan kelas B2, masing-masing berjumlah 11 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa indikator-indikator yang akan dicapai sebanyak 10 butir item, yang dilakukan melalui tes perbuatan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpulan data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for windows. Hasil dari penelitian terlihat bahwa varians data N-gain untuk kelas eksperimen dalam menggunakan kegiatan paper quilling dan kelas kontrol menggunakan kegiatan melipat origami adalah sama atau homogeny. Kemudian berdasarkan tabel di atas diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,004 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan paper quilling (seni menggulung kertas) terhadap perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-Kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Ajaran 2021/2022.

Kata kunci:

Paper Quilling;

Motorik Halus;

Anak Usia Dini;

References

Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Fatimah, E. R. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.

Febriana, Anggita & Lydia Ersta Kusumaningtyas. (2018). MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM PADA ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN. JURNAL AUDI, 2(2). https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1971

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118

Khadijah & Nurul Amelia. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B Gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 239. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010

Maita, & Subhan. (2018). Peningkatan Ketrampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kerajinan Tangan. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jendela PLS, 6(1), 58–66. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Mutia, & Iswari, M. (2020). Meningkatkan Motorik Halus Melalui Lego Dasar Bagi Anak Tunagrahita Kelas II di SLB YPPLB Padang. Ranah Research Jurnal Of Multidicsplinary Research And Development, 2(2), 73–80. https://ranahresearch.com.

Puspitasari, A. (2021). PENGARUH PAPER QUILLING TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 24. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.20965

Rasid, J., Wondal, R., & Samad, R. (2020). KAJIAN TENTANG KEGIATAN COOKING CLASS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 2(1), 82–91. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2041

Rohmatin, I. (2017). Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Paper Quilling Pada Anak Kelompok B3 Di TK Darul Falah Cukir Diwek Jombang. Jurnal PAUD Teratai. 6(3).

Suwika, I Putu & Pungky Aryati. (2021). Pengaruh Kegiatan Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B Ra Al-Ikhlas Birobuli Kecamatan Palu Selatan. Jurnal Bungamputi. 7(1), 27—32. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/18341

Wahyuningtyas, D., Nugroho, I. H., & Lestariningrum, A. (2020). PENERAPAN KEGIATAN “PAPER QUILLING†UNTUK KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-10-31

How to Cite

Putri, T. R., & Yulsyofriend, Y. (2022). PENGARUH KEGIATAN SENI MENGGULUNG KERTAS TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DI TAMAN KANAK-KANAK. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 342–355. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1064

Issue

Section

Articles