PENGARUH MEDIA KINETIC SAND TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BHAYANGKARI 06 SALIDO
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1067Keywords:
Motorik Halus, Konetic Sand, Media Pembelajaran,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kinetic sand terhadap perkebangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 06 Salido. Media kinetic sand adalah media yang bersifat lembut, bersih, berwarna, lebih aman dan praktis bagi anak, dengan menggunakan media kinetic sand dapat meningkatkan kemampuan otot-otot kecil pada anak seperti keterampilan jari-jemari anak, mengepal, menggenggam, menekan, meremas dan menghimpit. Kegiatan konvensional yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 06 Salido seperti menulis, mewarnai, menempel, menggunting, menebalkan huruf dan menggunakan media plastisin, pensil, pensil warna selain itu belum ada menggunakan media kinetic sand dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Bhayangkari 06 Salido, dan teknik pengambilan sampelnya Purposive Sampling, yaitu kelas B1dan B2 masing-masingnya berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis alat pengumpulan data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data di olah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Data Editor.Hasil darii penelitian terlihat bahwa varians data N-Gain untuk kelas eksperimen dalam menggunakan media kinetic sand dan kelas kontrol media plastisin adalah sama atau homogeny. Kemudian berdasarkan tabel di atas diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,028<0,05. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara perkembangan motorik halus anak di kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga menunjukan penggunaan media kinetic sand sangat berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak.References
Afifah, f. (2017). Pasir Unik Yang Bikin Anak Cerdas. Afifah,f 2017, 53(9), 1689–1699.
Aisyah, & Y. (2020). (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Pasir Warna Di Taman Kanak Kanak Al Irsyad Parabek. In Bandung:Alfabeta.
Annisa, Zulkifli, & Risma, D. (2018). The Effect of Kinetic Sand on Fine Motor Skills of Children Aged 4-5 Years At Tk Riadhussolihin Rambah Subdistrict Rokan Hulu District. Jom Fkip Volume, 5(1), 1–14. file:///C:/Users/User/Downloads/19770-38257-1-SM.pdf
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anakusia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Islam Bina Balita Way, 85, 221, 273.
Asmah ayu, mustaji. (2015). pengaruh pemanfaatan lingkungan alam pasir sebagai sumber belajar terhadap perkembangan sains dan motorik halus anak usia dini. News.Ge, https://news.ge/anakliis – porti – aris – qveynis – momava.
Balita, B., Halim, W. A. Y., & Lampung, B. (2019). (2019). Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Islam Bina Balita Way. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515
Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, VII(1), 51–60. file:///C:/Users/BKPUTRAWAN/Downloads/115-Article Text-299-1-10-20180109.pdf
Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Pengaruh bermain pasir kinetik terhadap kreativitas anak. Jpp Paud Fkip Untirta, 6, 21–28.
Madyawati, lilis. 2016. (2016). Strategi pengembangan bahasa pada anak. Jakarta: kencana.
Maghfirah, S. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Aá¹fÄlunÄ: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.938
Mardiati, & Hartati, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pasir Kinetik Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 514–519.
Marheni,A,K, I. (2017). Art Therapy Bagi Anak Slow Learner. Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 154–162.
Muthiah, Sumardi, & Rahman, T. (2020). Desain Media Pasir Kinetik untuk Memfasilitasi Kemampuan Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 207–218.
Nuryulianti, D., & Ernawati. (2019). Penerapan Permainan Pasir Kinetik untuk Mengatasi Permasalahan Ketergantungan Gadget pada Keluarga dengan Anak Usia Pra Sekolah. 2019, 59–63. repository.urecol.org ? index.php ? proceeding
Paujiah, P. (2019). Stimulasi Motorik Halus pada Kegiatan Menggunting Kelompok A di Paud Jannatul Athfal Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), 47–62. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i1.1730
Pratiwi, w. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. Tadbir jurnal manajemen pendidikan islam. Vol 5 nomor 2 agustus 2017. Diambil dari: http://www.journal.iaigorontalo.ac.id/inde.php/tjmpi/article/view/395. Tadbir Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 5 Nomor 2 Agustus 2017.
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170
Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13
Sarina., Muhammad Ali., & H. (2017). (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Pada Anak Usia 4-5 Tahun DiPaud Aisyiyah 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(11), 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Suryana, d. (2013). Pendidikan anak usia dini (teori danpraktik pembelajaran). Padang : unp press.
Taliawo, O., Goni, S. Y. V. I., & Zakarias, J. D. (2019). Hubungan Kerja Sama antara Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri Satu Atap 1 Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat Maluku Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–19.
Wulandari, F. (2018). Pengaruh Bermain Kinetic Sand Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini, 3(2), 18–23.
Yuliani, A., Hufad, A., & Sardin. (2017). Penanaman nilai kemandirian pada anak usia dini (Studi Pada Keluarga di RW 05 Kelurahan Sindangkasih Kecamatan Beber Cirebon). 2001(32), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.