DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA (MENYIMAK DAN BERBICARA) ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL

Authors

  • Anjeli Putri Ranti Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1160

Keywords:

Gadget, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini,

Abstract

Di era yang semakin maju, teknologi semakin canggih dalam perkembangannya, khususnya dalam bidang komunikasi yaitu gadget . Sekarang gadget tidak hanya digunakan orang dewasa, penggunaan gadget juga banyak ditemui di kalangan anak-anak, sehingga saat menggunakan gadget anak jadi kurang berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya dan mengakibatkan kecanduan bermain gadget. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui dampak dari penggunaan gadget perkembangan bahasa (mennyimak serta berbicara) anak usia 5-6 tahun di RA An-Nisa Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian Korelasi dengan metode penilitian yaitu metode kuantitatif.Sampel penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal An-Nisa yang membuka 30 orang anak dengan menggunakan teknik purposive sampling . Instrumen penelitian menggunakan kuesioner penggunaan gadget serta perkembangan bahasa anak, dengan uji validitas konstruk dengan teknik korelasi product moment dengan SPSS for Windows 23 . Hipotesis yang diajukan menggunakan uji korelasi spearmen t dengan bantuan uji statistik SPSS 23 yang menunjukkan nilai sig 2-tailed -0,024< 0,05 dengan kekuatan hubungan yang tidak terlalu kuat. Dengan arah korelasi negatif Fhitung Koefisien Korelasi- 0,024 yang berarti penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak, berlawanan dengan arah, yaitu jika penggunaan gadget meningkat pada anak maka nilai perkembangan bahasa anak menurun begitu jika penggunaan gadget menurun maka perkembangan bahasa anak meningkat.

Author Biographies

Anjeli Putri Ranti, Universitas Negeri Padang

Departemen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Mahasiswi.

Nenny Mahyuddin, Universitas Negeri Padang

Departemen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Lektor.

References

Anggraeni, E. (2018). "Metode Bercerita Menggunakan Papan Flanel."

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). "Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini." Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). "Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini." (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5315

Fekonja, U., Umek, M. L., & Kranjc, S. (2014). "Free play as a context for children’s language development UrÅ¡ka Fekonja, Ljubica MarjanoviÄ Umek and Simona Kranjc." 1–19.

Feldman, H. M. (2019). "How young children learn language and speech." "Pediatrics in Review, 40(8), 398–411. https://doi.org/10.1542/pir.2017-0325"

Gusmeta, Muryanti, E., & Hartati, S. (2015). Jurnal Pesona 1 Kolom.

Isna, A. (2019). "Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini." Al-Athfal, 2(2), 62–69.

Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). "Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita." (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5308

Muhammedi. (2017). "Peran Raudhtul Athfal (RA) dalam Membina Generasi Islam yang Berkarakter." Raudhah, V(1), 1–20. file:///C:/Users/user/Documents/Jurnal Raudhah.pdf

Mahyuddin, N., Yasmis, S., & Abna, H. (2016). "Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) Di Kota Padang." "Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) Di Kota Padang, 10(1), 45–60."

Nisa, L. C. (2012). "Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pengembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini." Sawwa: Jurnal Studi Gender, 7(2), 91. https://doi.org/10.21580/sa.v7i2.651

Nugraha, A., Izah, N., Nurul Hidayah, S., Zulfiana, E., & Qudriani, M. (2019). "The effect of gadget on speech development of toddlers." Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012203

Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). "Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3550–3557. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/892

Subarkah, M. A. (2019). "Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak." Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374

Suryani, E., Magdalena, R., & Amrindono, A. (2021). "Dampak Penggunaan Gadget Bagi Anak Usia Dini Di Desa Dataran Kempas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)."

Khaironi, M. (2018). "Perkembangan Anak Usia Dini." Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.

Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). "Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini." Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). "Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-01-24

How to Cite

Ranti, A. P., & Mahyuddin, N. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA (MENYIMAK DAN BERBICARA) ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 516–535. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1160

Issue

Section

Articles