DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA (MENYIMAK DAN BERBICARA) ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1160Keywords:
Gadget, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini,Abstract
Di era yang semakin maju, teknologi semakin canggih dalam perkembangannya, khususnya dalam bidang komunikasi yaitu gadget . Sekarang gadget tidak hanya digunakan orang dewasa, penggunaan gadget juga banyak ditemui di kalangan anak-anak, sehingga saat menggunakan gadget anak jadi kurang berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya dan mengakibatkan kecanduan bermain gadget. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui dampak dari penggunaan gadget perkembangan bahasa (mennyimak serta berbicara) anak usia 5-6 tahun di RA An-Nisa Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian Korelasi dengan metode penilitian yaitu metode kuantitatif.Sampel penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal An-Nisa yang membuka 30 orang anak dengan menggunakan teknik purposive sampling . Instrumen penelitian menggunakan kuesioner penggunaan gadget serta perkembangan bahasa anak, dengan uji validitas konstruk dengan teknik korelasi product moment dengan SPSS for Windows 23 . Hipotesis yang diajukan menggunakan uji korelasi spearmen t dengan bantuan uji statistik SPSS 23 yang menunjukkan nilai sig 2-tailed -0,024< 0,05 dengan kekuatan hubungan yang tidak terlalu kuat. Dengan arah korelasi negatif Fhitung Koefisien Korelasi- 0,024 yang berarti penggunaan gadget terhadap perkembangan bahasa anak, berlawanan dengan arah, yaitu jika penggunaan gadget meningkat pada anak maka nilai perkembangan bahasa anak menurun begitu jika penggunaan gadget menurun maka perkembangan bahasa anak meningkat.References
Anggraeni, E. (2018). "Metode Bercerita Menggunakan Papan Flanel."
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). "Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini." Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). "Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini." (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5315
Fekonja, U., Umek, M. L., & Kranjc, S. (2014). "Free play as a context for children’s language development UrÅ¡ka Fekonja, Ljubica MarjanoviÄ Umek and Simona Kranjc." 1–19.
Feldman, H. M. (2019). "How young children learn language and speech." "Pediatrics in Review, 40(8), 398–411. https://doi.org/10.1542/pir.2017-0325"
Gusmeta, Muryanti, E., & Hartati, S. (2015). Jurnal Pesona 1 Kolom.
Isna, A. (2019). "Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini." Al-Athfal, 2(2), 62–69.
Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). "Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita." (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5308
Muhammedi. (2017). "Peran Raudhtul Athfal (RA) dalam Membina Generasi Islam yang Berkarakter." Raudhah, V(1), 1–20. file:///C:/Users/user/Documents/Jurnal Raudhah.pdf
Mahyuddin, N., Yasmis, S., & Abna, H. (2016). "Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) Di Kota Padang." "Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) Di Kota Padang, 10(1), 45–60."
Nisa, L. C. (2012). "Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Pengembangan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini." Sawwa: Jurnal Studi Gender, 7(2), 91. https://doi.org/10.21580/sa.v7i2.651
Nugraha, A., Izah, N., Nurul Hidayah, S., Zulfiana, E., & Qudriani, M. (2019). "The effect of gadget on speech development of toddlers." Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012203
Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). "Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3550–3557. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/892
Subarkah, M. A. (2019). "Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak." Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Suryani, E., Magdalena, R., & Amrindono, A. (2021). "Dampak Penggunaan Gadget Bagi Anak Usia Dini Di Desa Dataran Kempas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)."
Khaironi, M. (2018). "Perkembangan Anak Usia Dini." Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.
Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). "Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini." Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). "Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.