Efektivitas Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Di Taman Kanak-Kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman

Authors

  • Anisa Nurmaliza

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1405

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kemampuan matematika awal anak di taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman masih  rendah, penggunaan media yang kurang bervariasi dan belum menggunakan media video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas video animasi terhadap kemampuan matematika awal anak usia dini di Taman kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk quasy exsperiment. Populasi di TK mawar kabupaten padang pariaman berjumlah 22 orang dan teknik pengambilan sampelnya cluster sampling, yaitu kelompok B2 dan B1 masing-masing nya berjumlah 11 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dengan 8 pertanyaan dan memberikan skor terhadapan pencapaian perkembangan matematika anak. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas untuk mengetahui  data apakah berdistribusi normal kemudian dilanjutkan dengan uji homogenitas apakah data bersifat homogen. Selanjutnya untuk mengukur pengaruh signifikan pengguanaan video animasi terhadap kemampuan matematika awal anak maka di lakukan uji hipotesis dan uji effect size. Uji hipotesis sebesar nilai signifikan 0,000<0,05  yang berarti nilai signifikan berpengaruh dan uji effect size diperoleh 2,08 yang berarti memiliki pengaruh kuat. Maka dapat disimpulkan pengggunaan video animasi efektif terhadap kemampuan matematika awal anak.

References

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan kemampuan matematika anak usia dini melalui permainan jam pintar di taman kanak - kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, 2(1), 55–62. file:///C:/Users/7/Downloads/55-106-1-SM.pdf

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing.

Lisa. (2017). Prinsip Dan Konsep Permainan Matematika Bagi Anak Usia Dini. Bunayya, 3(1), 93–107. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/2047/1518%0A

Mirawati, M., Anggarasari, N. H., & Nurkamilah, M. (2018). Fun Cooking: Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.230

Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/567

Nurhazizah. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal Melalui Strategi Pembelajaran Kinestik. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 337–346. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3599

Ramli, C. P., & Zulminiati, Z. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Di Tk Pertiwi Iv Talawi. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 117–123. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i2.33951

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: DEPDIKNAS.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Islam dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Suyadi. (2013). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neorosains. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Trianto. (2011). Desain Pemngembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Ulfah, M., & Felicia, L. (2019). Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council of Teachers of Mathematics (Nctm) Pada Anak. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2), 127. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5642

Ulfah, M., Nurlaela, M., & Saifuddin, S. (2022). Penerapan Model High Scope dalam Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 73. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.8968

Utoyo, S. (2017). Metode Pengembangan Matematika Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo: Ideas Publising.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-04-03

How to Cite

Nurmaliza, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Di Taman Kanak-Kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 10–18. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1405

Issue

Section

Articles