Penerapan Zona Literasi dan Persiapan dalam Mengembangkan Minat Keaksaraan Awal Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1553Keywords:
Keaksaraan Awal, Zona Literasi dan Persiapan, Anak Usia Dini,Abstract
Keaksaraan awal merupakan salah satu kemampuan yang dikembangkan pada anak usia dini, sehingga setiap lembaga pendidikan anak usia dini berupaya mengembangkan kemampuan keaksaraan awal melalui program yang menarik. Keterlambatan stimulasi kemampuan keaksaraan awal berdampak pada keterlambatan kemampuan membaca anak, yang mengakibatkan ketidaksiapan di pendidikan dasar. Zona Literasi dan Persiapan merupakan program yang diterapkan di Busthanul Athfal ‘Aisyiyah Bajong untuk menstimulasi perkembangan minat keaksaraan awal. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pemanfaatan Zona Literasi dan Persiapan dalam mengembangkan minat keaksaraan awal anak di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Bajong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara terhadap pimpinan lembaga, pendidik, anak, dan orangtua. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tekhnik trianggulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pemanfaatan Zona Literasi dan Persiapan dilakukan menyajikan area lingkungan belajar yang menarik dan stimulasi terprogram. Kegiatannya dilakukan dengan metode bermain yang mampu mengembangkan minat anak terhadap pembelajaran keaksaraan awal. Hal ini ditandai dengan kemampuan anak berkomunikasi secara lisan, memahami simbol-simbol huruf melalui bermain, dapat menggunakan suku kata, kata dan kalimat dalam kegiatan bermain, dapat membaca kalimat sederhana, menuangkan ide/gagasan dalam bentuk coretan dan meningkatkan minat baca.References
Erdhita Oktrifianty. (2021). Kemampuan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. CV. Jejak. https://books.google.co.id/books?id=tPQ4EAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=_hpLrTLaMd&dq=Kemampuan Membaca Bukanlah Sarat Utama Bagi Anak Menuju Pendidikan Dasar&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false
Harris, I., & Isyanti, S. (2021). Pengembangan Game Edukatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(1), 82–93. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4190
Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706
Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62–68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8856
Kementrian Agama. (2018). KMA 792 tahun 2018.
Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
Miski, R. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid, 4(2), 69–73.
Montesori, M. (2017). The Absorbent Mind, Pikiran Yang Mudah Menyerap. Pustaka pelajar.
Nafiqoh, H., Aprianti, E., Aprianti, E., Rohaeti, E. E., & Rohaeti, E. E. (2019). Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4813
Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411
Nila Purnamasari, B., & Awan Asri STKIP Kusuma Negara, S. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini.
Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat:Cv. Campustaka, 144.
Nurjanah, S., Nurrohmah, E., & Zahro, I. F. (2018). Jurnal Ceria Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Animasi(Vol. 1, Issue 1).
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Prenada Media Grup.
Retno Anggraini, D. (2022). under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Keaksaraan Awal Pada Anak Usia Dini: Tinjauan Dari Sudut Orangtua dan PendidikE. 7(2), 209–222.
Sumanty, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Drill. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 819–836. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i3.114
Sumaryanti, L. (2018). Lilis Sumaryanti, Membudayakan Literasi Pada Anak Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. Journal Basic Of Education, 03(01). http://unisda.ac.id/publikasi/seminar-prosiding/International
van Bergen, E., Snowling, M. J., de Zeeuw, E. L., van Beijsterveldt, C. E. M., Dolan, C. V., & Boomsma, D. I. (2018). Why Do Children Read More? The Influence of Reading Ability On Voluntary Reading Practices. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 59(11), 1205–1214. https://doi.org/10.1111/jcpp.12910
Wahyuni, S., Pendidikan Bahasa, J., & Indonesia, S. (n.d.). Menumbuhkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. http://www.cybermq.com
Wathoni, D. L. M. N. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini:Pendidikan Islam Dalam Menyikapi Kontroversi Belajar Membaca Anak Usia Dini. Sanabil.
Zunaldi, Z., & Falikah, T. Y. (2022). Peningkatan Minat Baca Melalui Teknologi Informasi. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan , 2(1), 299–303.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.