Penerapan Zona Literasi dan Persiapan dalam Mengembangkan Minat Keaksaraan Awal Anak Usia Dini

Authors

  • Siti Khasiroh UIN Prof. KH. Saefuddin Zuhri Purwokerto
  • Fauzi Fauzi UIN Prof. KH. Saefuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1553

Keywords:

Keaksaraan Awal, Zona Literasi dan Persiapan, Anak Usia Dini,

Abstract

Keaksaraan awal merupakan salah satu kemampuan yang dikembangkan pada anak usia dini, sehingga setiap lembaga pendidikan anak usia dini berupaya mengembangkan kemampuan keaksaraan awal melalui program yang menarik. Keterlambatan stimulasi kemampuan keaksaraan awal berdampak pada keterlambatan kemampuan membaca anak, yang mengakibatkan ketidaksiapan di pendidikan dasar. Zona Literasi dan Persiapan merupakan program yang diterapkan di Busthanul Athfal ‘Aisyiyah Bajong untuk menstimulasi perkembangan minat keaksaraan awal. Penelitian ini bertujuan menjelaskan pemanfaatan Zona Literasi dan Persiapan dalam mengembangkan minat keaksaraan awal anak di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Bajong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara terhadap pimpinan lembaga, pendidik, anak, dan orangtua. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tekhnik trianggulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pemanfaatan Zona Literasi dan Persiapan dilakukan menyajikan area lingkungan belajar yang menarik dan stimulasi terprogram. Kegiatannya dilakukan dengan metode bermain yang mampu mengembangkan minat anak terhadap pembelajaran keaksaraan awal. Hal ini ditandai dengan kemampuan anak berkomunikasi secara lisan, memahami simbol-simbol huruf melalui bermain, dapat menggunakan suku kata, kata dan kalimat dalam kegiatan bermain, dapat membaca kalimat sederhana, menuangkan ide/gagasan dalam bentuk coretan dan meningkatkan minat baca.

Author Biography

Siti Khasiroh, UIN Prof. KH. Saefuddin Zuhri Purwokerto

Guru Kelas di BA Aisyiyah Bajong

References

Erdhita Oktrifianty. (2021). Kemampuan Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. CV. Jejak. https://books.google.co.id/books?id=tPQ4EAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=_hpLrTLaMd&dq=Kemampuan Membaca Bukanlah Sarat Utama Bagi Anak Menuju Pendidikan Dasar&lr&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false

Harris, I., & Isyanti, S. (2021). Pengembangan Game Edukatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(1), 82–93. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i1.4190

Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706

Izzah, L., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Media Buku Dongeng Fabel untuk Mengenalkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Wonorejo Glagah. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 62–68. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8856

Kementrian Agama. (2018). KMA 792 tahun 2018.

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680

Miski, R. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid, 4(2), 69–73.

Montesori, M. (2017). The Absorbent Mind, Pikiran Yang Mudah Menyerap. Pustaka pelajar.

Nafiqoh, H., Aprianti, E., Aprianti, E., Rohaeti, E. E., & Rohaeti, E. E. (2019). Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4813

Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411

Nila Purnamasari, B., & Awan Asri STKIP Kusuma Negara, S. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara Penerapan Pembelajaran Literasi dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini.

Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat:Cv. Campustaka, 144.

Nurjanah, S., Nurrohmah, E., & Zahro, I. F. (2018). Jurnal Ceria Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia Dini Melalui Media Animasi(Vol. 1, Issue 1).

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Prenada Media Grup.

Retno Anggraini, D. (2022). under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Keaksaraan Awal Pada Anak Usia Dini: Tinjauan Dari Sudut Orangtua dan PendidikE. 7(2), 209–222.

Sumanty, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Drill. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(3), 819–836. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i3.114

Sumaryanti, L. (2018). Lilis Sumaryanti, Membudayakan Literasi Pada Anak Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. Journal Basic Of Education, 03(01). http://unisda.ac.id/publikasi/seminar-prosiding/International

van Bergen, E., Snowling, M. J., de Zeeuw, E. L., van Beijsterveldt, C. E. M., Dolan, C. V., & Boomsma, D. I. (2018). Why Do Children Read More? The Influence of Reading Ability On Voluntary Reading Practices. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 59(11), 1205–1214. https://doi.org/10.1111/jcpp.12910

Wahyuni, S., Pendidikan Bahasa, J., & Indonesia, S. (n.d.). Menumbuhkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. http://www.cybermq.com

Wathoni, D. L. M. N. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini:Pendidikan Islam Dalam Menyikapi Kontroversi Belajar Membaca Anak Usia Dini. Sanabil.

Zunaldi, Z., & Falikah, T. Y. (2022). Peningkatan Minat Baca Melalui Teknologi Informasi. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan , 2(1), 299–303.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-06-27

How to Cite

Khasiroh, S., & Fauzi, F. (2023). Penerapan Zona Literasi dan Persiapan dalam Mengembangkan Minat Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 147–157. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1553

Issue

Section

Articles