Penerapan Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Mengembangkan Karakter Mandiri, Disiplin dan Tanggungjawab Anak Usia Dini Di TK Insan Profesi Baubau

Authors

  • Erna Budiarti Panca Sakti Bekasi University
  • Mariasi Mariasi Panca Sakti Bekasi University

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1642

Keywords:

Model PHBK, Karakter Anak Usia Dini, Teknologi Digital,

Abstract

Anak pada masa Golden Age sebagai calon generasi masa depan bangsa yang membutuhkan support, pembinaan, edukasi, perhatian, dan pengembangan pendidikan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) dalam mengembangkan karakter mandiri, disiplin dan tanggung jawab anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang menggambarkan fakta-fakta sesuai dengan kejadian, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menerapkan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Subyek penelitian ini adalah 4 orang guru, 8 orang tua dan 45 orang peserta didik TK Insan Profesi Baubau. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan anak, setelah itu dilakukan wawancara dengan guru dan orang tua, kemudian didokumentasikan kegiatan yang dilakukan anak untuk dianalisis. Tekhnik analisis data menggunakan kajian teori dan hasil penelitian terdahulu dalam mendukung data temuan di lapangan yang diuraikan secara deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK) merupakan solusi yang tepat dalam mengembangkan karakter mandiri, disiplin dan tanggungjawab anak, karena dalam proses pembelajarannya dilaksanakan secara menyeluruh dan terintegrasi melalui pembiasaan, motivasi, peraturan kelas, teknologi digital, cerita pilar karakter dan pengaliran khusus pilar karakter

References

Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-09

Aisyah, A. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 77–84. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.528

Bachri, S., & Suharnan, S. (2014). Kecerdasan Emosi, Persepsi terhadap Pendidikan Karakter Cinta Damai dan Penyesuaian Diri Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 52–64. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.369

Budiarti, E. (2023). Stimulating Children in Enhancing Spirituality through the Exemplary Story of Ants. 6(1), 69–76. https://doi.org/10.47076/jkpis.v6i1.181

Budiarti, E., Jacob, A. M., Afriliyana, D., Hasibuan, S., & Yani, F. I. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Pelajar Pacasila melalui Metode Bernyanyi di TK Muslimat Nu 1 Khodijah Pakis Malang. 6, 2946–2950.

Faujiah, A., Tafsir, A., & Sumadi, S. (2018). Pengembangan Karakter Anak di Indonesia Heritage Foundation (IHF) Depok. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 163. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.294

Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513

Henricus Suparlan. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25 (1), 57–74.

Hidayati, I., Lubis, M. S., & Qalbi, Z. (2021). Studi Etnografi Proses Pendidikan Saluang. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2).

Hill, M. G. (2007). Introduction to Character Education and Effektive Principles. Companish.

Ismadi, H. D. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kebudayaan. Gading Prima.

Kemendikbudristek. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Lestari, P. I., & Prima, E. (2019). Peran Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.396

Linkona, T. (2013). Education for character: mendidik untuk membentuk karakter, bagaimana sekolah dapat mengajarkan sikap hormat dan tanggungjawab. Bumi Aksara.

Maslan, M. (2019). Hubungan Kompetensi Sosial Guru Kelas Terhadap Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1226. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7884

Megawangi, R. (2016). Pendidikan Karakter: Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa (Cetakan ke 5 (ed.)). Indonesia Heritage Foundation.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285

Mulyana, D. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Rosda karya.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Peraturan Presiden. (2017). Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER. Journal of Chemical Information and Modeling, 7.

Rubiyanto, N., & Haryanto, D. (2010). Strategi Pmebelajaran Holistik di Sekolah. Prestasi Pustaka.

Sugiono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta.

Suparlan, & Sutama. (2020). Arah Politik Pendidikan Islam Di Masa Disrupsi. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(3), 257–272.

Sutiono. (2010). Pendidikan Seni Sebagai Basis Pendidikan Karakter Multikulturalis. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 29.

Widayati, T. (2013). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Character Development of the Early Aged Children. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDN, 8(2), 85–93.

Yuliana, N., R, M. D., & Fahri, M. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 15–24. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15872

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-07-24

How to Cite

Budiarti, E., & Mariasi, M. (2023). Penerapan Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Mengembangkan Karakter Mandiri, Disiplin dan Tanggungjawab Anak Usia Dini Di TK Insan Profesi Baubau. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 177–186. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1642

Issue

Section

Articles