Pengembangan APE Jubah Misteri Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Kognitif

Authors

  • Ni Putu Eka Diah Okayanti Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Made Gede Anadhi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ida Bagus Komang Sindu Putra Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1659

Keywords:

APE Jubah Misteri, Perkembangan Kogitif Anak, Anak Usia 5-6 Tahun,

Abstract

Kegiatan Permainan disekolah PAUD sangat identik dengan sebuah alat permainan yang dapat mendidik anak. Kurangnya alat perainan yang dapat mendukung pembelajaran menjadi kendala bagi guru-guru di TK Kumara Bhuana Saraswati Klungkung. Permainan Jubah Misteri adalah permainan inovatif yang didalamnya menggabungkan antara Ape Jubah Misteri dengan Rainbow Game dan Kotak Misteri. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan permainan “Jubah Misteri†sebagai media stimulasi perkembangan kognitif Anak pada Usia 5-6 Tahun di TK Kumara Bhuana Saraswati Klungkung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan ADDIE (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Sumber data berasal dari guru dan anak di TK Kumara Bhuana Saraswati Klungkung. Dalam penelitian ini data yang diperoleh yaitu secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus Content Validity Ratio (CVR). Hasil penelitian dengan CVR dari ahli media diperoleh 0,8 dan nilai CVI sebesar 0,975. Penelitian yang dilakukan yaitu sampai pada validasi ahli,  nilai CVR dari ahli materi yaitu sebesar 1 (0,99) dan nilai CVI yaitu  sebesar 1 (0,99). Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media Jubah Misteri valid serta layak untuk digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini.

References

Bujuri, D. A., & Ilmu, F. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. IX(1), 37–50.

Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180

Etivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pendidikan pada anak usia dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–236.

Fatimah Zahro, I. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95

Fitriana, D. (2022). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape). JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 580. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. 4.

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208. http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/3

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86–100. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4883

Potensia, J. I. (2023). Accepted: January 25. 8(1), 35–48.

Prabandari, I. R. (2019). Meningkatkan kemampuan bekerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain kooperatif. 1(2).

Rahma, D. (2017). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Untuk Mendukung Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Al Fikri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10), 212143.

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Syah, M., Rosdakarya, R., Sumantri, M., & Didik, P. P. (2013). No Title. 6(1), 89–99.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Teologi dan Pendidikan Kristen, J., Perkembangan Kognitif Pada Anak Berkat Karunia Zega Mahasiswa Prodi PAK Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara, P., & suprihati Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara, W. (2021). Veritas Lux Mea (print) Diterbitkan oleh: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 3(1), 17–24.

Umayah, & Khotimah, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Congklak Pada Kelompok a. PAUD Teratai, 4(2), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11390

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Wigati, M., & Wiyani, N. A. (2020). Kreativitas Guru Dalam Membuat Alat Permainan Edukatif Dari Barang Bekas. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 43. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i1.2700

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-08-04

How to Cite

Diah Okayanti, N. P. E., Anadhi, I. M. G., & Sindu Putra, I. B. K. (2023). Pengembangan APE Jubah Misteri Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Kognitif. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 193–207. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1659

Issue

Section

Articles