Pembelajaran Literasi Dini di Rumah Melalui Model STEAM

Authors

  • Dinar Nur Inten Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1712

Keywords:

Literasi, Di Rumah, STEAM,

Abstract

Kemampuan literasi memegang peranan penting dalam kehidupan seoarang anak. Melalui kemampuan literasi yang baik mengantarkan anak mampu menjalani kehidupan selanjutnya dengan lebih baik. Menurut survei PISA 2019 yang diterbitkan oleh Organization for Economic Co-operation and Development, Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara dan menempati peringkat 10 terbawah di antara negara-negara dengan tingkat melek huruf yang rendah. Maka perlu adanya tindakan yang penumbuhkan literasi sedini mungkin dari lingkungan terdekat dengan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan pembelajaran literasi di rumah melalui model pembelajaran STEAM yang dapat dilakukan oleh orang tua. Metode dalam penelitian ini kajian literatur yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan pustaka, membaca dan mencatat serta mengolahnya menjadi temuan-temuan penting yang dapat digunakan untuk sebagai dasar pijakan pembelajaran literasi di rumah. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam menumbuhkan literasi pada anak usia dini selama di rumah dapat dilakukan melalui adanya model atau keteladanan dari kedua orang tua, adanya keterlibatan anak dalam berbagai kegiatan literasi utamanya dalam aktivitas keseharian dan adanya motivasi serta penghargaan dari orang tua dan orang tua dapat menggunakan model STEAM dalam penyampaian materi dan dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara holistic maka dapat disisipkan materi literasi yang Islami sehingga kegiatan literasi yang dilaksanakan syarat dengan nilai-nilai agama

References

Agustin, M., Puspita, R. D., Inten, D. N., & Setiyadi, R. (2021). Early detection and stimulation of multiple intelligences in kindergarten. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14450a

Amini, Mukti, Aisyah, Chandrawati, Titi, Novita, & Dian. (2019). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.

Ferianti, N., & Irna, I. (2020). Pengembangan Strategi Literasi Keluarga Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini (Penelitian Pengembangan pada siswa kelompok B PAUD BAI Rumah Cendekia Kabupaten Bogor). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.415

Hasnawati, Asmar, Syaiful, Masdafi, & Rusdiana. (2019). Model Pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, mathematics) dengan pendekatan saintifik.

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak Role of the FamilyToward Early Literacy of the Children. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Inten, D. N. (2018). Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini melalui Puisi Lagu Anak. GOLDEN AGE: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4437

Inten, D. N., Mulyani, D., Aziz, H., Shafira, S. A., & Taqiya, B. A. (2022). BUKU PANDUAN PEMBELAJARAN LITERASI IBU DAN ANAK CANDARIA. Refika Aditama.

Inten, D. N., Mulyani, D., Khambali, K., Tiwi, D., & Lichandra, F. (2022). Disaster Mitigation Learning Using Katumbiri Model in Early Childhood Education. Proceedings of the 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021). https://doi.org/10.2991/assehr.k.220407.065

Inten, D. N., Mulyani, D., Khambali, K., Zaenal, S. A., & Khoirunnisa, A. N. (2020). Growing Mother’s Language Literation in A Family Environment. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i1.6956

Inten, D. N., Permatasari, N. A., & Dwi, R. P. (2021). Improving the Intimacy in Mother-Child Communication in the Middle of COVID-19 Pandemic through Playing and Reading Activities. Asia Pacific Journal of Research in Early Childhood Education, 15(2), 39–61. http://www.pecerajournal.com/?page=5&a=30003743

Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., & Tiwi, D. (2021). Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866

Mulyani, D., Inten, D. N., & Aziz, H. (2022). Bercerita Seraya Berkarya untuk Menumbuhkan Multiliterasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6450–6449. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2976

Permatasari, A. N., & Inten, D. N. (2020). Hariring Indung Sebagai Media Komunikasi Ibu dan Anak Usia Dini. Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.8642

Permatasari, A. N., Inten, D. N., Mulyani, D., & Rahminawati, N. (2019). Literasi Dini. Mediamore.

Septiani, I., & Kasih, D. (2021). Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(4). https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.44

Suryawati, E. A., & Akkas, M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi dan STEAM untuk Satuan PAUD (1st ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-09-14

How to Cite

Inten, D. N. (2023). Pembelajaran Literasi Dini di Rumah Melalui Model STEAM. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 33–42. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1712