Pengaruh Media Make A Match Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Benda pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharmawanita Api-Api

Authors

  • Ninda Dwi Putri Universitas Negeri Padang
  • Zulminati Zulminiati

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1831

Keywords:

Make a Match, Berbasis Digital, Kemampuan Klasifikasi Anak,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media make a match berbasis digital terhadap kemampuan mengklasifikasi benda pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Api-api. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mengklasifikasi pada anak masih belum optimal, terutama dalam mengklasifikasi bentuk, warna dan ukuran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental Design (nondesign) dengan rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dari penelitian ini yaitu semua anak Taman Kanak-kanak Dharmawanita Api-api dengan jumlah siswa sebanyak 38, dan sampelnya adalah anak yang berusia 5-6 tahun dikelompok B1 dengan jumlah 10 orang anak. Kemudian berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test bahwa diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan atau pengaruh antara kemampuan mengklasifikasi benda pada anak menggunakan media Make a match berbasis digital dengan perlakuan yang sebelumnya diberikan oleh guru terhadap kemampuan mengklasifikasi benda pada anak.

References

Charlesworth, Rosalind. 2010. Math & Science, Sixth Edition. USA: Wadsworth Cengange Learning.

Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2020). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763

Eem Kurniasih. (2013). Media Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif, 9(2), 90.

Fadillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Fauzidin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Klasifikasi Melalui Media Benda Konkret pada Anak Kelompok A1 di TK Cahaya Kembar Bangkinang Kampar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 94–107.

Hartoyo, A. (2015). Pembinaan karakter dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8–22. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.90

Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209.

Suryana, D. 2016. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryani, N. E., Syamsuddin, M. M., & Dewi, N. K. (2020). Penerapan Nature-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(4), 356. https://doi.org/10.20961/kc.v8i4.42090

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-01-29

How to Cite

Putri, N. D., & Zulminiati, Z. (2024). Pengaruh Media Make A Match Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Benda pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharmawanita Api-Api. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 166–175. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1831