Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Tari Kreatif di RA An-Nida

Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Tari Kreatif di RA An-Nida

Authors

  • Aishwara Nurul Safitri Aishwara Nurul Safitri universitas islam negeri sumatera utara
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2183

Keywords:

creativity, creative dance, early chilhood

Abstract

Kreativitas merupakan aspek penting dalam perkembangan anak yang perlu didukung sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui tari kreatif di RA An-Nida. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, sebagian besar anak berada dalam kategori kreativitas rendah. Pada Siklus I, terjadi peningkatan kreativitas dengan 7% anak mencapai kategori berkembang sangat baik. Pada Siklus II, peningkatan signifikan terlihat dengan 80% anak mencapai kategori berkembang sangat baik. Penerapan tari kreatif berhasil meningkatkan kreativitas anak melalui aktivitas yang mendorong ekspresi diri, imajinasi, dan partisipasi aktif. Kesimpulannya, tari kreatif efektif dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun, memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran yang berpusat pada anak.

References

Afriyanti, I., Somadayo, S., & Darmawati, H. (2020). Pemanfaatan Media Cerita Rakyat Sebagai Upaya Membangun Kreativitas Anak. Jurnak Pedagogik, 7(2), 1–12. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/view/2684/1813

Aryaprasta, I. G. K., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Fadila, D., Suryana, Y., & Giyartini, R. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Gerak Tari Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.17978

Fitriyanti, D., Wulandari, H., & Justicia, R. (2023). Implementasi Tari Kreatif dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 7(1), 123–138. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Gebze, N. F., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan MewarnaiBerbasis Kearifan Lokal Papua Di TK Melati Sanggar Kegiatan BelajarMerauke. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2).

Hasdi, S., Ulpi, W., & Hajeni. (2021). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Seni Tari di TK Al-Amin Kecamatan Latimojong. Repository UM Palopo. http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/1905

Hendrilianti, Y. (2016). Model Pembelajaran Tari Kreatif Melalui Pengembangan Bisindo Pada Siswa Tuna Rungu Di Smplb-B Budi Nurani Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v15i2.1296

Juniasih, I. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Tari Kreatif Yang Menggunakan metode bermain dan bercerita. Perspektif Ilmu Pendidikan, 26(17), 167-173

Kusumastuti, E. (2013). Pendidikan Seni Tari Melalui Pendekatan Ekspresi Bebas, Disiplin Ilmu, dan Multikultural Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2), 1–15.

Lia Tiara Purdhani, Hayani Wulandari, I. M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 17-22. https://doi.org/10.17509/cd.v11il.20093

Maharani, J. F. (2023). Upaya Peningkatan Creative Movement Melalui Kegiatan Tari Pendidikan Berbasis Cerita ( Tarita ) Di Kids Club Bobocil. Jurnal Transformasi, 9(1), 85–92.

Miskawati, M. (2019). Analisis data dilakukan secara bertahap, pertama dengan menyeleksi dan mengelompokkan, kedua dengan memaparkan atau mendeskripsikan data dan terakhir menyimpulkan atau memberi makna. Untuk menganalisis hasil-hasil refleksi dari penelitian ini digunakan te. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45.

Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1(8). https://doi.org/10.31932/jpaud.vli2.3850A

Pertiwi, W. (2018). Kata Kunci : kreativitas, bermain tari kreasi, multimedia. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 1–16.

Vanacova, S. A. A., & Nugroho, E. A. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Regenerasi Seni Gejog Lesung Di Dusun Kowang Puton, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 381–391.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Siregar, S., Nur, K., & Wahyuni, A. (2021). Wawasan Seni Tari Bagi Calon Pendidik Anak Usia Dini. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 40-56. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/439

Sit, Masganti. (n.d.). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=EBZNDwAAQBAJ

Sit, Masganti. (2021). Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Dengan Permainan Tradisional. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=vk5NEAAAQBAJ

Susanti, R. (2016). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Audi, 1(2). https://doi.org/10.1017/CBO97811074 15324.004

Yunesti, D. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan Ecoprint. BERNAS KIDS: Islamic Childhood Education …, 25–32. https://www.jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/ICEJ/article/view/3577

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-09-24

How to Cite

Aishwara Nurul Safitri, A. N. S., & Sit, M. (2024). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Tari Kreatif di RA An-Nida: Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Tari Kreatif di RA An-Nida. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 66–79. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2183