Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Tari Kreatif di RA An-Nida
Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Tari Kreatif di RA An-Nida
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2183Keywords:
creativity, creative dance, early chilhoodAbstract
Kreativitas merupakan aspek penting dalam perkembangan anak yang perlu didukung sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui tari kreatif di RA An-Nida. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, sebagian besar anak berada dalam kategori kreativitas rendah. Pada Siklus I, terjadi peningkatan kreativitas dengan 7% anak mencapai kategori berkembang sangat baik. Pada Siklus II, peningkatan signifikan terlihat dengan 80% anak mencapai kategori berkembang sangat baik. Penerapan tari kreatif berhasil meningkatkan kreativitas anak melalui aktivitas yang mendorong ekspresi diri, imajinasi, dan partisipasi aktif. Kesimpulannya, tari kreatif efektif dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun, memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran yang berpusat pada anak.
References
Afriyanti, I., Somadayo, S., & Darmawati, H. (2020). Pemanfaatan Media Cerita Rakyat Sebagai Upaya Membangun Kreativitas Anak. Jurnak Pedagogik, 7(2), 1–12. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/view/2684/1813
Aryaprasta, I. G. K., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Fadila, D., Suryana, Y., & Giyartini, R. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Gerak Tari Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 9–19. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.17978
Fitriyanti, D., Wulandari, H., & Justicia, R. (2023). Implementasi Tari Kreatif dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak , 7(1), 123–138. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady
Gebze, N. F., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan MewarnaiBerbasis Kearifan Lokal Papua Di TK Melati Sanggar Kegiatan BelajarMerauke. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2).
Hasdi, S., Ulpi, W., & Hajeni. (2021). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Seni Tari di TK Al-Amin Kecamatan Latimojong. Repository UM Palopo. http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/1905
Hendrilianti, Y. (2016). Model Pembelajaran Tari Kreatif Melalui Pengembangan Bisindo Pada Siswa Tuna Rungu Di Smplb-B Budi Nurani Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v15i2.1296
Juniasih, I. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Tari Kreatif Yang Menggunakan metode bermain dan bercerita. Perspektif Ilmu Pendidikan, 26(17), 167-173
Kusumastuti, E. (2013). Pendidikan Seni Tari Melalui Pendekatan Ekspresi Bebas, Disiplin Ilmu, dan Multikultural Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2), 1–15.
Lia Tiara Purdhani, Hayani Wulandari, I. M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tari Kreatif Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 17-22. https://doi.org/10.17509/cd.v11il.20093
Maharani, J. F. (2023). Upaya Peningkatan Creative Movement Melalui Kegiatan Tari Pendidikan Berbasis Cerita ( Tarita ) Di Kids Club Bobocil. Jurnal Transformasi, 9(1), 85–92.
Miskawati, M. (2019). Analisis data dilakukan secara bertahap, pertama dengan menyeleksi dan mengelompokkan, kedua dengan memaparkan atau mendeskripsikan data dan terakhir menyimpulkan atau memberi makna. Untuk menganalisis hasil-hasil refleksi dari penelitian ini digunakan te. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45.
Mappapoleonro, A. M. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Mengembangkan Pembelajaran Kreativitas Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1(8). https://doi.org/10.31932/jpaud.vli2.3850A
Pertiwi, W. (2018). Kata Kunci : kreativitas, bermain tari kreasi, multimedia. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 1–16.
Vanacova, S. A. A., & Nugroho, E. A. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Regenerasi Seni Gejog Lesung Di Dusun Kowang Puton, Kalurahan Trimulyo, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 381–391.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Siregar, S., Nur, K., & Wahyuni, A. (2021). Wawasan Seni Tari Bagi Calon Pendidik Anak Usia Dini. TILA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 40-56. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/tila/article/view/439
Sit, Masganti. (n.d.). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=EBZNDwAAQBAJ
Sit, Masganti. (2021). Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini Dengan Permainan Tradisional. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=vk5NEAAAQBAJ
Susanti, R. (2016). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Audi, 1(2). https://doi.org/10.1017/CBO97811074 15324.004
Yunesti, D. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan Ecoprint. BERNAS KIDS: Islamic Childhood Education …, 25–32. https://www.jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/ICEJ/article/view/3577
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aishwara Nurul Safitri Aishwara Nurul Safitri, Masganti Sit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.