Implementasi Kegiatan Memanah dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini di TK Islam Cahaya Muslim School

Authors

  • Vera Risman Universitas panca sakti bekasi
  • Nita Priyanti Universitas panca sakti bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2209

Keywords:

implementation, Archery activities, Motor skills in early childhood.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan memanah dalam mengembangkan motorik anak usia dini di TK Islam Cahaya Muslim School, dimana keterampilan motorik anak belum berkembang secara optimal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap subjek penelitian yaitu siswa TK Islam Cahaya Muslim School. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan memanah di TK Islam Cahaya Muslim School dapat membantu mengembangkan motorik anak secara signifikan, baik motorik halus dan motorik kasarnya. Tahapan dalam kegiatan memanah ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dari kegiatan memanah ini kita dapat melihat beberapa indikator hasil dari kegiatan tersebut yaitu: koordinasi mata dan tangan, keseimbangan, kekuatan otot dan jari, kemampuan mengontrol gerakan, daya tahan fisik dan kemampuan fokus berkembang dengan baik. Hasil temuan penelitian ini memberikan implikasi yang baik bagi Lembaga Pendidikan anak usia dini untuk memberikan metode yang menyenangkan dalam mengembangkan motorik anak usia dini

References

Amini, M., Sujiono, B., & Aisyah, S. (2020). Hakikat Perkembangan Motorik dan Tahap Perkembangannya. Pustaka.Ut, 1.1.

Feng, C. (2023). Concentration Improvement Test for Athletes in Archery Training. Revista Brasileira de Medicina Do Esporte, 29, 1–4. https://doi.org/10.1590/1517-8692202329012022_0382

Magill, R. A., & Anderson, D. I. (2017). Motor Learning and Control : Concepts and Applications (11th edition).

Mukaromah, Y. H. (2015). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjiplak Pada Anak Kelas I Di Sd Negeri 9 Terangun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 667–672. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12361

Muzlifi, E., & Apriyansyah, C. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui kegiatan senam mencuci tangan kelompok B Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cinta Kasih Ibu Cengkareng . Jakarta Barat. 3(2), 119–127.

Nasufi, M. (2016). Kontribusi Daya Tahan Otot Lengan dan Panjang Lengan Dengan Ketepatan Memanah Pada Atlet Panahan Pengprov Perpani Aceh Tahun 2015. 15(1), 11–25.

Sasongko, A. (2015). Alasan Panahan Tempati Posisi Istimewa dalam Islam. Republika.

Siregar, D., & Sari, Y. Y. (2018). Membidik Karakter Hebar. In Gema Insani (Issue 1).

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (p. 12).

Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).

Syachrofi, M. (2019). Signifikansi Hadis-Hadis Memanah Dalam Tinjauan Teori Ma’na-Cum-Maghza. Jurnal Living Hadis, 3(2), 235–257. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2018.1692

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-09-24

How to Cite

Vera, & Nita Priyanti. (2024). Implementasi Kegiatan Memanah dalam Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini di TK Islam Cahaya Muslim School. JCE (Journal of Childhood Education), 8(2), 58–65. https://doi.org/10.30736/jce.v8i2.2209