PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.594Keywords:
Peran orang tua, Pandemi, Pembelajaran,Abstract
Peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 yaitu sebagai pengganti guru dalam membimbing anak selama proses pembelajaran jarak jauh. Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anaknya dan orang tua berperan menjaga dan memastikan anaknya untuk menerapkan lingkungan serta membimbing anak dalam mengerjakan tugas sekolah. Peran orang tua dalam pendidikan yaitu sebagai, pembimbing, fasilitator dan motivator. Penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh manakah peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 di Nagari Lakitan Utara kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata keseluruhan peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 di Nagari Lakitan menunjukan bahwa peran orang tua sangat mempengaruhi hasil belajar anak yang terlihat anak belajar dengan lebih teratur dan fokus dalam pembelajaran. Dan dengan adanya peran orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah dimasa pandemi covid-19 dapat memberikan suatu motivasi untuk diri anak untuk meningkatkan kemampuan akademiknya, serta bagi orang tua sebagai evaluasi dalam menyediakan fasilitas untuk menunjang proses pembelajaran anak dan meningkatkan kemampuan orang tua dalam membimbing serta sebagai motivator bagi anaknya dalam pembelajaran dari rumah.References
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, 4(1). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.
Efendi, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilngan Untuk Anak Usia Dini Melalui Permainan Biji Sawit di Taman Kanak Qur’aniah Air Runding Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal IImiah Pesona PAUD, 5(2), 37–47. https://doi.org/10.24036/103720
Erica, D., Haryanto, Rahmawati, M., & Vidada, I. A. (2019). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 58–66. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(2).3993
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Hand Games for Optimalize Cognitivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Fransiska. (2020). Peran Orang Tua dalam Kegiatan Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 16–27.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Juita, R. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air di TK Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau. Jurnal Pesona PAUD, 1(1).
Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020, (2020). http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-new/surat-edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020
Kurniati, E., Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Dirumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/821
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain. Jurnal IImiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 2, 41–47.
Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Rizkiyah, H. (2015). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) di Dusun Kalikajang Kelurahan Gebang Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 1–14.
Roshonah, A. F., Putri, S. A. D., & Yulianingsih, I. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7904
Saidah, U. H. (2016). Pengantar Pendidikan Telaah Pendidikan secara Global dan Nasional: Dilengkapi Rekonstruksi Mata Kuliah, RPS, dan SAP. Rajawali Press.
Slamet. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.