KINERJA GURU PAUD DALAM PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Reza Mauldy Raharja Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Roro Dina Kusuma Wardhani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ratih Kusumawardani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.617

Keywords:

Kinerja, Guru, Penilaian, Perkembangan,

Abstract

Menilai perkembangan anak merupakan salah satu kinerja yang harus dilaksanakan oleh guru PAUD untuk mengukur pencapaian lima aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mngetahui kinerja Guru PAUD dalam penilaian perkembangan nak di masa pandemi Covid-19. Dengan menggunakan metode deskripsit dengan pendekatan kuantitatif, kinerja 75 guru di Kota Serang diukur dengan menggunakan angket yang berisikan indikator dari empat komponen penilaian perkembnagan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) guru membuat laporan penilaian dan evaluasi proses hasil belajar anak saat pembelajaran jarak jauh dengan sangat baik; 2) Guru menentukan lingkup asesmen proses dan hasil pembelajaran pada anak dengan baik; 3) Guru Menggunakan hasil penilaian, pengembangan dan evaluasi program untuk kepentingan pengembangan anak dengan baik; dan 4) Guru melakukan tindakan reflektif, korektif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan baik. Secara umum, guru PAUD di Kota Serang sudah baik dalam melaksanakan proses penilaian dan melaporkan hasil penilaian perkembangan anak kepada orangtua secara berkala.

References

Eriani, E., & Amiliya, R. (2020). Blended Learning: Kombinasi Belajar Untuk Anak Usia Dini di Tengah Pandemi. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(01), 11–21. https://doi.org/10.46963/MASH.V3I01.112

Kemala, A., & Rohman, A. (2021). Penilaian Perkembangan Anak Selama Belajar dari Rumah di Era Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1044–1053. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1129

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Novianti, R. (2012). Asesmen Perkembangan AUD. Universitas Riau Press.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). STUDI KOMPETENSI GURU PAUD DALAM MELAKUKAN ASESMEN PEMBELAJARAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI KOTA CIMAHI. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109–120. https://doi.org/10.21831/JPA.V6I2.17699

Permanasari, A. T., & Kusumawardani, R. (2016). PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KOTA SERANG. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30870/JPPPAUD.V3I1.4602

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Raharja, R. M., Kusuma Wardhani, R. D., & Rosidah, L. (2021). Kinerja Guru PAUD di Kota Serang pada Masa Pandemi Covid 19. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.28

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Raja Grafindo Persada.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-12-02

How to Cite

Raharja, R. M., Wardhani, R. D. K., & Kusumawardani, R. (2021). KINERJA GURU PAUD DALAM PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 460–472. https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.617