EFEKTIVITAS METODE EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Safhira Alqorina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.842

Keywords:

Metode edutainment, Rasa percaya diri, Anak usia dini,

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi kurang berkembangnya rasa percaya diri anak kelompok B. Perbedaan pola belajar di sekolah dan di rumah ini menjadi faktor utama yang mengakibatkan rasa percaya diri anak tidak berkembang dengan maksimal, serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan di sekolah pun kurang menarik. Maka dari itu, tujuan dilakukannya penelitian ini ialah guna mengetahui seberapa efektif metode edutainment untuk meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Telkom Schools Padang. Metode pada penelitian ini digunakan  ialah kuasi eksperimen melalui desain penelitianNonequivalent control group design. Sampel dari penelitian ini menggunakan 20 anak dimana 10 anak pada kelas eksperimen dan 10 anak pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah berupa tes perbuatan. Kemudian teknik analisis data memakai uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Kemudian, pengujian hipotesis menggunakan uji t-test menggunakan aplikasi SPSS versi 22 for windows. Hasil dari penelitian dengan menggunakan uji t menunjukkan tingkat siginifikan sebesar 0,017. Kemudian, hasil perhitungan uji effect size dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh metode edutainment untuk peningkatan kepercayaan diri anak ialah sebesar 1,36 yang tergolong tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaaan metode edutainment efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri anak.

Author Biography

Safhira Alqorina, Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang

References

Agustriana, N. (2018). Pengaruh Metode Edutainment Dan Identitas Diri Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 229–241.

Albab, U. (2018). Teori Mutakhir Pembelajaran: Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. El-Tarbawi, 11(1), 51–62. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol11.iss1.art4

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Fadillah, M. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Aá¹£-á¹¢ibyÄn: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 1(1), 60–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Juniarti, F. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Anak Pada Aspek Kognitif Dengan Metode Bercerita. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1), 23–37.

Muflih, N. A. (2020). Penerapan Metode Edutainment Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV (Al-Waasi’) SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah 02 Purwokerto Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam negeri (IAIN) Purwokerto.

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Nomor 137: BAB III-BAB IV.

Prakoso, A. F., Trisnawati, N., Soesatyo, Y., Tjipto Subroto, W., & Canda Sakti, N. (2019). Keefektifan Pemantapan Kemampuan Guru SMK dalam Menulis Proposal Penelitian Eksperimen. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 59–82. https://doi.org/10.21009/jpmm.003.1.05

Radliya, N. R., Apriliya, S., & Zakiyyah, T. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7148

Santoso. (2018). Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–68. Retrieved from http://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/index

Sujiono, Y. N. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Triningtyas, D. A. (2016). Study Kasus Tentang Percaya Diri, faktor Penyebabnya dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Uttari, S. A. P. L., Antara, P. A., & Ujianti, P. R. (2018). Pengaruh Metode Edutainment Terhadap Kemampuan Klasifikasi Anak Taman Kanak-Kanak. 6(1), 105–114.

Yusuf, E. B. (2017). Penerapan Metode Edutainment dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 12(1), 191–211.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-07-01

How to Cite

Alqorina, S. (2022). EFEKTIVITAS METODE EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 98–112. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.842

Issue

Section

Articles