PENGARUH METODE EKSPERIMEN KEMBANG API SEDERHANA DI DALAM BOTOL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA I-59 PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.847Keywords:
Metode eskperimen, Keterampilan proses sains, Anak usia dini,Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen kembang api sederhana di dalam botol terhadap keterampilan proses sains anak di Taman Kanak-Kanak Kartika I-59 Pariaman. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 20 anak sebagai objek penelitian, dimana kelas eksperimen sebanyak 10 orang dan kelas kontrol sebanyak 10 orang. Pada penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan quasi eksperimen. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu bentuk tes lisan dan tes perbuatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan perbedaan antara kedua mean, sehingga teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. akan tetapi, diawali dengan uji normalitas sertadan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dinyatakan bahwa secara keseluruhan terjadi kenaikan terhadap kelas kontrol skor anak pre-test 139 dan post-test 183. Sedangkan rata-rata kelas kontrol untuk pre-test 13,9 dan post-test 18,3. Selain itu terdapat peningkatan keterampilan proses sains anak menggunakan metode eksperimen dengan skor anak pre-test 138 dan post-test 187. Sedangkan rata-rata keseluruhan untuk pre-test 13,8 dan post-test 18,7. Pada kedua kelas hasil dari penelitiannya sama-sama meningkat tetapi kelas eksperimen lebih skornya dari pada kelas kontrol. Berdasar pada hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh yang signifikan antara eksperimen kembang api sederhana di dalam botol dengan perlakuan yang diberikan oleh guru dalam peningkatan keterampilan proses sains anak di kelas kontrol yang menggunakan kegiatan percobaan tetes warna di gambar gunung meletus menggunakan tempra/cat air dengan cuttonbad.References
Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dadan Suryana, N. R. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga. In Prenadamedia Group (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.
Gross. (2012). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Jurnal Usia Dini, 1(2017). https://doi.org/2579-7190
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Bintang:Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Kaisar, Y., Indarto, W., & Risma, D. (2017). E Ffects of Lava Lamp Game on Science Skills Age 5-6 Year in Tk Negeri Pembina 1 Kecamatan Sail Pekanbaru Keterampilan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina 1 Kecamatan Sail. 4(2), 1–14.
Ketut Setia Adi Agustini1, dkk. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Kelompok B Semester II Tk Kartika VII-3. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(2).
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Puryadi, Bambang Suhono, T. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 133.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi (PSB MUGI) Bagi Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Yusep Nurjatmika. (2013). Percobaan Sains Sederhana Untuk Anak Plus Mengenal Tokoh-Tokoh Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: Diva Kids.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.