PENGARUH METODE EKSPERIMEN KEMBANG API SEDERHANA DI DALAM BOTOL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA I-59 PARIAMAN

Authors

  • Rahmi Kadri Yuanda universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.847

Keywords:

Metode eskperimen, Keterampilan proses sains, Anak usia dini,

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen kembang api sederhana di dalam botol terhadap keterampilan proses sains anak di Taman Kanak-Kanak Kartika I-59 Pariaman. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 20 anak sebagai objek penelitian, dimana kelas eksperimen sebanyak 10 orang dan kelas kontrol sebanyak 10 orang. Pada penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan quasi eksperimen. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu bentuk tes lisan dan tes perbuatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  membandingkan perbedaan antara kedua mean, sehingga teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. akan tetapi, diawali dengan uji normalitas sertadan  homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dinyatakan bahwa secara keseluruhan terjadi kenaikan terhadap kelas kontrol skor anak pre-test 139 dan post-test 183. Sedangkan rata-rata kelas kontrol untuk pre-test 13,9 dan post-test 18,3. Selain itu terdapat peningkatan keterampilan proses sains anak menggunakan metode eksperimen dengan skor anak pre-test 138 dan post-test 187. Sedangkan rata-rata keseluruhan untuk pre-test 13,8 dan post-test 18,7. Pada kedua kelas hasil dari penelitiannya sama-sama meningkat tetapi  kelas eksperimen lebih skornya dari pada kelas kontrol. Berdasar pada hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh yang signifikan antara eksperimen kembang api sederhana di dalam botol dengan perlakuan yang diberikan oleh guru dalam peningkatan keterampilan proses sains anak di kelas kontrol yang menggunakan kegiatan percobaan tetes warna di gambar gunung meletus menggunakan tempra/cat air dengan cuttonbad.

Author Biography

Rahmi Kadri Yuanda, universitas Negeri Padang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dadan Suryana, N. R. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga. In Prenadamedia Group (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Gross. (2012). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Jurnal Usia Dini, 1(2017). https://doi.org/2579-7190

Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Bintang:Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Kaisar, Y., Indarto, W., & Risma, D. (2017). E Ffects of Lava Lamp Game on Science Skills Age 5-6 Year in Tk Negeri Pembina 1 Kecamatan Sail Pekanbaru Keterampilan Sains Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina 1 Kecamatan Sail. 4(2), 1–14.

Ketut Setia Adi Agustini1, dkk. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Kelompok B Semester II Tk Kartika VII-3. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(2).

Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Puryadi, Bambang Suhono, T. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 133.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi (PSB MUGI) Bagi Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Yusep Nurjatmika. (2013). Percobaan Sains Sederhana Untuk Anak Plus Mengenal Tokoh-Tokoh Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: Diva Kids.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-02

How to Cite

Yuanda, R. K. (2022). PENGARUH METODE EKSPERIMEN KEMBANG API SEDERHANA DI DALAM BOTOL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA I-59 PARIAMAN. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 371–388. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.847

Issue

Section

Articles