Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk Binatang Melalui Teknik Menempel Bentuk Geometri dengan Media Kertas Lipat pada Anak Kelompok Bermain
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.967Keywords:
Menggambar bentuk binatang, Teknik menempel, Bentuk geometri, Kertas lipat,Abstract
Permasalahan yang dihadapi guru pada waktu melaksanakan kegiatan menggambar bentuk binatang pada KB Permata Bunda desa Menyunyur kec Grabagan kab Tuban adalah anak-anak di kelompok tersebut sebanyak 75% masih kesulitan dalam menggambar bentuk binatang. Dari permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menggambar bentuk binatang dengan teknik menempel bentuk-bentuk geometri dengan menggunakan media kertas lipat. Teknik menempel bentuk-bentuk geometri dengan media kertas lipat dipilih dalam pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemilihan ini didasarkan oleh pertimbangan bahwa dengan menggunakan teknik menempel diharapkan anak dapat dengan mudah untuk menggambar bentuk binatang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subyek anak-anak di Kelompok Bermain desa Menyunyur kecamatan Grabagan kabupaten Tuban, yang berjumlah 22 anak (13 laki-laki dan 9 perempuan). Pedoman observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data peningkatan kemampuan dan aktifitas anak dalam pembelajaran serta aktifitas guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggambar bentuk binatang dengan teknik menempel bentuk-bentuk geometri dengan menggunakan media kertas lipat setelah diadakan PTK pada siklus I diperoleh prosentase 68%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan prosentase 80%, sudah melebihi nilai maksimal yang ditentukan. Dengan demikian, hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan pada siklus I ke siklus II sebanyak 12% dengan menggambar bentuk binatang melalui teknik menempel bentuk-bentuk geometri dengan media kertas lipat pada KB Â Permata Bunda desa Menyunyur kec Grabagan kab Tuban.References
Agharid, S. (2019). Keterampilan menggambar binatang berbasis bentuk geometri dengan metode demonstrasi di kelompok B TK Cahaya Bunda Barengkrajan Krian Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).
Isnaeni, I. (2021). KEMAMPUAN MENGGAMBAR BENTUK DENGAN MEDIA PENSIL PESERTA DIDIK KELAS XII MIA. 5 SMA NEGERI 4 TAKALAR. Fakultas Seni dan Desain.
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan metode brainstorming dengan bantuan media gambar grafis untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25.
Nugrahani, R. (2015). Perkembangan Kognitif Anak Melalui Penerapan Bermain Table Toys Balok Atribut Di Taman Kanak-Kanak. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(1), 20–30.
Nugrahani, R. (2017). Efektivitas Penerapan Bermain Balok Atribut untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak. Prosiding SNasPPM, 1(1), 22–27.
Qorni, W. Al. (2016). Manajemen Penjualan Produk di Bank BNI Syariah Cabang Surabaya dalam Tinjauan Teori Grant Stewart. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Suryani, D. R., & Lestari, N. (2019). Penggunaan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas XI ips 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.