Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk Binatang Melalui Teknik Menempel Bentuk Geometri dengan Media Kertas Lipat pada Anak Kelompok Bermain

Authors

  • Risma Nugrahani universitas PGRI Ronggolawe
  • Qusnul Qotimah Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.967

Keywords:

Menggambar bentuk binatang, Teknik menempel, Bentuk geometri, Kertas lipat,

Abstract

Permasalahan yang dihadapi guru pada waktu melaksanakan kegiatan menggambar bentuk binatang pada KB Permata Bunda desa Menyunyur kec Grabagan kab Tuban adalah anak-anak di kelompok tersebut sebanyak 75% masih kesulitan dalam menggambar bentuk binatang. Dari permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menggambar bentuk binatang dengan teknik menempel bentuk-bentuk geometri dengan menggunakan media kertas lipat. Teknik menempel bentuk-bentuk geometri dengan media kertas lipat dipilih dalam pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemilihan ini didasarkan oleh pertimbangan bahwa dengan menggunakan teknik menempel diharapkan anak dapat dengan mudah untuk menggambar bentuk binatang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subyek anak-anak di Kelompok Bermain desa Menyunyur kecamatan Grabagan kabupaten Tuban, yang berjumlah 22 anak (13 laki-laki dan 9 perempuan). Pedoman observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data peningkatan kemampuan dan aktifitas anak dalam pembelajaran serta aktifitas guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggambar bentuk binatang dengan teknik menempel bentuk-bentuk geometri dengan menggunakan media kertas lipat setelah diadakan PTK pada siklus I diperoleh prosentase 68%, dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan prosentase 80%, sudah melebihi nilai maksimal yang ditentukan. Dengan demikian, hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan pada siklus I ke siklus II sebanyak 12% dengan menggambar bentuk binatang melalui teknik menempel bentuk-bentuk geometri dengan media kertas lipat pada KB  Permata Bunda desa Menyunyur kec Grabagan kab Tuban.

References

Agharid, S. (2019). Keterampilan menggambar binatang berbasis bentuk geometri dengan metode demonstrasi di kelompok B TK Cahaya Bunda Barengkrajan Krian Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).

Isnaeni, I. (2021). KEMAMPUAN MENGGAMBAR BENTUK DENGAN MEDIA PENSIL PESERTA DIDIK KELAS XII MIA. 5 SMA NEGERI 4 TAKALAR. Fakultas Seni dan Desain.

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan metode brainstorming dengan bantuan media gambar grafis untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18–25.

Nugrahani, R. (2015). Perkembangan Kognitif Anak Melalui Penerapan Bermain Table Toys Balok Atribut Di Taman Kanak-Kanak. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(1), 20–30.

Nugrahani, R. (2017). Efektivitas Penerapan Bermain Balok Atribut untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak. Prosiding SNasPPM, 1(1), 22–27.

Qorni, W. Al. (2016). Manajemen Penjualan Produk di Bank BNI Syariah Cabang Surabaya dalam Tinjauan Teori Grant Stewart. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Suryani, D. R., & Lestari, N. (2019). Penggunaan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas XI ips 3 SMA Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-07-03

How to Cite

Nugrahani, R., & Qotimah, Q. (2023). Peningkatan Kemampuan Menggambar Bentuk Binatang Melalui Teknik Menempel Bentuk Geometri dengan Media Kertas Lipat pada Anak Kelompok Bermain. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 158–164. https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.967

Issue

Section

Articles