PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMP DARUL ULUM WARU SIDOARJO

Rodhotul Emilia, Ulva Badi’ Rohmawati, Suudin Aziz

Sari


Discovery learning offers a general concept that is claimed to improve the results of studying jurisprudence. This is because the objectives of learning fiqh align with the concepts of discovery learning. This research uses a qualitative approach with a case study type. The results of this study are changes in students when the teacher applies the discovery learning model. The visible change is that students are more active in finding out, understanding, observing, and trying to construct concepts and can answer questions here as a stimulus—learning changes from teacher-oriented to student-oriented. In learning here, the role of students is more dominant. Learning is also more exciting and challenging, involving cognitive, psychomotor, and affective in students.


Kata Kunci


Discovery Learning, Fiqh Learning, Learning outcomes

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, Nur Syariful, Khairunnisa, and Sulistia Indah, ‘Pengaruh Peer Group Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Negeri 8 Kota Bima Tahun Pelajaran 2020 / 2021’, Jurnal Guiding World, 04.01 (2021), 11–26

Ana, Nabila Yuli, ‘Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar’, Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18.2 (2019), 56

Anwar, Chairul, ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Di Kelas Viii Mts. Darul Ma’arif Jakarta (Penelitian Tindakan Kelas Di Mts. Darul Ma’arif Jakarta)’ (Universitas Islam Negeri Syarife Hidayatullah Jakarta, 2015)

Arianti, Arianti, ‘Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12.2 (2019), 117–34

Darna, Nana, and Elin Herlina, ‘Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen’, Jurnal ekonologi Ilmu Manajemen, 5.1 (2018), 287–92

Hanafiah, Konsep Strategi Pembelajaran (Bandung: Refika Aditama, 2012)

Harun, Abdurrahman, Nur Asyiah, Cahniyo Wijaya Kuswanto, and Ahmad Iqbal Hs, ‘Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam’, Jurnal Pendidikan Islam, 12.2 (2021), 11

Hasanah, Zuriatun, ‘Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa’, IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1.1 (2021), 1–13

Hidayatullah, UIN Syarife, Ensiklopedi Islam Indonesia’ (Jakarta, 1992)

Ismail, Shalahudin, Suhana Suhana, and Eri Hadiana, ‘Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0’, Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5.2 (2020), 198–209

Kajian Ilmiah FKI, Kamus, Kamus Fikih (Purna Siswa MHM, 2013)

Kurniawati, Novita, ‘Upaya Guru Mata Pelajaran Fikih Dalam Pengembangan Spiritual Siswa Kelas Vii D Mts Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2020/2022’, 1.2 (2021), 16

Kustiani, Lilik, and Lilik Sri Hariani, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 12.1 (2018), 14–22

Loka Andari, Ida Ayu Ketut Manik, I Wayan Darsana, and Agung Sri Asri, ‘Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPS’, International Journal of Elementary Education, 3.4 (2019), 373

M. Romadlon Habibullah, Mukholidatul Musthofiah, and Hamidatun Nihayah, ‘Baca Tulis Al Qur’an Dengan Metode Jet Tempur Di Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Falah Payaman Ngraho Bojonegoro’, Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1.1 (2021)

Mansir, Firman, and Halim Purnomo, ‘Urgensi Pembelajaran Fikih Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah’, AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies, V.2 (2020), 167–79

Marisya, Aulia, and Elfia Sukma, ‘Konsep Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli’, Jurnal Pendidikan Tambusa, 4.3 (2020), 2191

———, ‘Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.3 (2020), 10

Mas’adi, A. Ghufron, Fikih Mu’amalah Kontekstual (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002)

Masykur, Mohammad Rizqillah, ‘Metodologi Pembelajaran Fikih’, Jurnal Al-Makrifat, 4.2 (2019), 31–44

Milles, M.B, and Huberman, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (USA: Sage Publications, 2014)

Mufidah, Fikriyah Nurul, ‘Pemahaman Pendidik Paud Terkait Kompetensi Pedagogik Menurut Konsep Ki Hadjar Dewantara’, Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini, 6.2 (2020), 45–57

Muslich, Ahmad Wardi, Fikih Muamalat (Jakarta: Amzah, 2010)

NIHAYAH, HAMIDATUN, ‘Analisis Hasil Belajar (Munaqosah) Santri Taman Pendidikan Al Qur`an’, AL-WIJDÃN: Journal of Islamic Education Studies, 4.1 (2019)

Qodir, Abd, ‘Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa’, 04.02 (2017), 15

Rifa’i, Moh, Moh. Rifa’i, Ilmu Fikih Islam Lengkap (Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2009), 258 (Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2009)

Saptika, Andarini, Kamus Bahasa Indonesia (Jakarta: PT. Multazam Mulia Utama, 2015)

Setiani, Ani, and Donni Juni Priansa, Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif, Dan Inovatif (Bandung: Alfabeta, 2015)

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)

Sutianah, Elis, Widodo Sunaryo, and Adie E. Yusuf, ‘Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Karismatik Kepala Sekolah Dan Kepribadian Dengan Keinovatifan Guru’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 6.2 (2018), 654–62

Syafriani, Tika, ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu Di Sekolah Menegah Pertama Negeri 22 Kota Jambi’ (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019)

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti, ‘Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah dengan Penguatan Konsep Khalifah’, Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 4.1 (2020), 41–66

Wahid, Abdul Hamid, Muhammad Mushfi El Iq Bali, and Sofiatul Maimuna, ‘Problematika Pembelajaran Fikih Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh’, Edureligia, 05.01 (2021), 1–17

Widiasworo, Erwin, Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018)




DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v7i1.1480

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

 

 

Indexing at :