Pemanfaatan Aplikasi YouTube Berbasis Model Simulasi untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Vega Bintang Rizky, Rizky Rahayu, Andi Prastowo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aplikasi YouTube berbasis simulasi untuk meningkatkan berpikir kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, subjek penelitiannya adalah wali kelas IV B di SD Lematang Lestari. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memanfaatkan YouTube sebagai media dalam Pembelajaran IPA berbasis simulasi dapat membantu siswa berpikir lebih kreatif. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat oleh penyampaian beberapa siswa yang mana mereka mempraktekkan sendiri pelajaran yang mereka diperoleh di sekolah, contohnya pada materi perubahan wujud benda. Indikator berpikir kreatif terdiri dari (a) Kemampuan berpikir cepat (thinking quickly); (b) Fleksibilitas berpikir (fleksibilitas); (c) Elaborasi (elaboration); dan Originalitas (originalitas). Hasil analisis materi penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran setelah menggunakan Model simulasi berbantuan YouTube siswa jadi lebih semangat dan lebih antusias.

Abstract: This study aims to determine how a simulation-based YouTube application can improve students' creative thinking in science learning. This study used a qualitative approach with a qualitative descriptive method. The research subject was the homeroom teacher for class IV B at Lematang Lestari Elementary School. Collecting data in this study through interviews and documentation. The results showed that using YouTube as a medium in simulation-based science learning can help students think more creatively. The increase in student creativity can be seen in the delivery of some students who practice their lessons at school, for example, by changing the shape of objects. Creative thinking indicators consist of (a) the ability to think quickly (thinking quickly), (b) Flexibility of thinking (flexibility), (c) Elaboration, and Originality (originality). The results of the analysis of research material and discussion show that learning after using the YouTube-assisted simulation model, students become more enthusiastic and enthusiastic.

Keywords


Aplikasi Youtube, Model Simulasi, Kreativitas, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar

References


Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan Media Sosial (Youtube) Sebagai Media Inovatif dalam Pembelajaran di Madrasah Gresik. Jurnal Abdi, 5(1), 33. https://doi.org/10.26740/Ja.V5n1.P33-37

Aditama, W. B., Ramdani, A., & Khairunnisa, K. (2021). Penerapan Computer Based Instruction Model Simulasi dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Journal Of Classroom Action Research, 3(1), 30–45.

Amin, A. (2017). Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam Pada Anak Melalui Pendekatan Sinektik dan Isyarat Analogi dalam Alquran. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 21(2), 157. https://doi.org/10.29300/Madania.V21i2.608

Ardiansyah, M. A. M., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Youtube dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1).

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300–309.

Dewanto, S., Santosa, A., Andriani, D., Industri, T., & Indonesia, U. K. (2020). Simulasi Sistem Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Menggunakan Simulasi Kejadian Diskrit. Ina. J. Ind. Qual. Eng, 8(1), 25–36.

Elin Herlina, Ni Putu Gatriyani, Nur Saqinah, Galugu, Vini Rizqi, Nanny Mayasari, Feriyanto, Junaidi, Qomarotun Nurlaila, Hijratur Rahmi, Anita Cahyati, Wahyudi, Ratnadewi, Dede Abdul Azis, & Risna Saswati. (2022). Strategi Pembelajaran (Makassar). Tohar Media.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/Lj.V5i2.2838

Erwin Widiasworo. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas (Yogyakarta). Diva Press.

Fajar, D. A. (2020). Penggunaan Media Visual dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Indonesian Journal Of Instructional Media And Model, 2(1), 1. https://doi.org/10.32585/Ijimm.V2i1.627

Farihatun, S. M. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar.

Hariani, N. M. M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Sains SD Secara Daring Melalui Media Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.36417/Widyagenitri.V12i1.384

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. 09.

Hifni, M. (2022). Efek Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Simulasi Phet Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Logis. 1.

Ikhwan, A. (2017). Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24269/Ijpi.V2i2.623

Kılıçoglu, A. (2018). Qualitative Research For Educational Science Researchers: A Review Of An Introduction To Qualitative Research. The Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2018.3352

Kurniyawati, S. U., & Prastowo, A. (2021). Kontribusi Model Simulasi TIK untuk Menumbuhkan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Matematika. 14(2).

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII.

M. Sobry Sutikno. (2021). Strategi Pembelajaran (Jawa Barat). Penerbit Adab.

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berdasarkan Hasil Riset Elektroforesis 2-D Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Pendipa Journal Of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/Pendipa.2.2.131-134

Muhammad Anwar. (2018). Menjadi Guru Profesional (Jakarta). Prenada Media Group.

Ningsih, R., & Bachtiar, M. Y. (2022.). Meningkatkan Kreativitas Membuat Karya Seni Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Project Based Learning Tk Kurnia Simomulyo Baru Surabaya Jawa Timur.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod III. 3.

Rahmaniar, E., & Prastowo, A. (2021). Implikasi Model Simulasi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 639–647. Https://doi.org/10.31004/Edukatif.V4i1.1854

Raturandang, S., Rompas, P. T. D., & Palilingan, V. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jaringan Dasar Siswa SMK. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(4), 378–387. Https://doi.org/10.53682/Edutik.V1i4.2214

Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2019). Implementasi Pendekatan Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Ipa Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 1(1), 12. Https://doi.org/10.23887/Jppsi.V1i1.21912

Shilphy A. Octavia. (2020). Model-Model Pembelajaran (Yogyakarta). Deepublish.

Simanjorang, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Ipa Melalui Metode Simulasi Berbasis Bioedutainment Pada Siswa Smp Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2016/2017. Tabularasa, 15(1), 32–42.

Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-Pek (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. Https://doi.org/10.17977/Um026v4i12019p018

Swandewi, N. L. P., Gita, I. N., & Suarsana, I. M. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma. Jurnal Elemen, 5(1), 31. Https://doi.org/10.29408/Jel.V5i1.932

Tian Belawati. (2019). Pembelajaran Online (Banten; 2 Ed.). Universitas Terbuka.

Tri Wulandari & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia), 2(1), 102–118. Https://doi.org/10.32665/Jurmia.V2i1.245

Unri, J. (2022). Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau.

Wayu, E. R. (2022). Pemanfaatan Media Youtube Dalam Pembelajaran Seni Budaya Pada Masa New Normal covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Bengkulu [Phd Thesis]. Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Yudela, S., Putra, A., & Laswadi, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Youtube Pada Materi Perbandingan Trigonometri. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(6), 526–539. Https://doi.org/10.26877/Imajiner.V2i6.7089

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. Https://doi.org/10.19109/Ra.V1i1.1489

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. Https://doi.org/10.25157/Teorema.V5i2.4194




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v7i2.1299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 vega bintang rizky

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.