Pengembangan e-Modul Bilangan Berbasis Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI) untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar

Nyamik Rahayu Sesanti, Dyah Tri Wahyuningtyas, Retno Marsitin

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat, menjadikan guru SD mulai tertarik untuk menggunakan e-modul dalam pembelajarannya. Namun e-modul yang digunakan belum dikembangkan pada pendekatan pembelajaran yang menekankan pada literasi numerasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari e-modul bilangan berbasis somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) untuk meningkatkan literasi numerasi siswa Sekolah Dasar. Desain penelitian ini menerapkan model Dick and Carey yang direkomendasikan oleh Borg and Gall. Hasil penilaian validator terhadap e-modul pada kategori sangat layak pada aspek media, materi dan bahasa. Sedangkan data kemenarikan e-modul siswa memperoleh persentase 95,8% dengan berkategori sangat baik. Nilai matematika siswa tertinggi (maksimum) adalah 90, sedangkan nilai terendah (minimum) adalah 80. E-modul pembelajaran berbasis somatic, auditory, visual, intellectual (SAVI) masuk dalam kategori “Efektif”. Berdasarkan hal tersebut e-modul layak digunakan.

Abstract: The rapid development of technology and communication has interested elementary school teachers in using e-modules in their learning. However, the e-modules used have yet to be developed on a student-centered learning approach and numeracy literacy. This research aims to describe the validity, practicality, and effectiveness of somatic, auditory, visual, and intellectual (SAVI) based number e-modules to improve numeracy literacy of elementary school students. This research design applies the Dick and Carey model recommended by Borg and Gall. The results of the validator's assessment of the e-module in the very feasible category in media, material, and language. In contrast, the data on the students' e-module attractiveness obtained a percentage of 95.8% with a very good category. The highest (maximum) student learning outcome score was 90, while the lowest (minimum) score was 80. The somatic, auditory, visual, and intellectual (SAVI) based learning e-module falls into the "Effective" category. Based on this, the e-module is suitable for use.

Keywords


E-modul Bilangan, Pendekatan SAVI, Literasi Numerasi.

References


Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Meredith D. Gall, Walter R. Borg, Joyce P. Gall - Educational Research_ An Introduction (7th Edition)-Allyn & Bacon (2003).pdf (pp. 569–575).

Han, W., Susanto, D., Dewayan, Sofie , S.T. Nur Pandora, Hanifah, P., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi [Numeracy Literacy Support Materials]. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan [Ministry of Education and Culture].

Hidayati Azkiya, M. Tamrin, Arlina Yuza, & Ade Sri Madona. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kencanawati, S. A. M. M., Sariyasa, S., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/pg.v15i1.33006

Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352

Kusumaningsih, W., Sutrisno, S., & Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Savi dan React Berbantuan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 197. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.763

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 308.

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11406

Nisrina, S. H., Rokhmawati, R., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning ( PjBL ) pada Mata. Edu Komputika Journal, 8(08), 82–90. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830

Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068

Tohir, M., Abidin, Z., Dafik, D., & Hobri, H. (2018). Students creative thinking skills in solving two dimensional arithmetic series through research-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012072




DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v7i2.1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nyamik Rahayu Sesanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

           

Creative Commons License
All contents published in the AT-THULLAB : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.