PROBLEMATIKA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN DARING

Naili Sa’ida, Anisa Yunitasari

Abstract


Pembelajaran matematika identik menjadi sebuah pembelajaran yang tidak menyenangkan bagi anak, hal ini menyebabkan kemampuan matematika anak indonesia masih rendah. Matematika penting untuk dikembangkan pada anak sejak dini dikarenakan dalam menjalani kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari ilmu matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru dalam mengembangkan kemampuan matematika anak usia dini pada pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain study kasus. Penggalian data menggunakan tiga teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk analisis data menggunakan triangulasi teknik.  Hasil penelitian menunjukkan adanya problematika yang dialami guru dalam mengembangkan kemampuan matematika anak, problematika tersebut dari segi metode pembelajaran, sarana-prasarana, dan pemahaman orangtua yang mendampingi anak selama pembelajaran daring dari rumah

Keywords


Guru; Kemampuan Matematika; Anak; Pembelajaran Daring;

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, & A. (2020). Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah. Musawa, 12(1), 140–164.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Creswell, J. W. (2015). Qualitative Inquiry and Research Design; Choosing Among Five Approaches. (S. Z. Qudsy, Ed.). New York: Sage Publications LTD.

Elyana, L. (2020). Manajemen Parenting Class Melalui Media E- Learning. Sentra Cendekia, 1(1), 29–35. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jsc.v1i1.1191

Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & S., & I., Y. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, 3(1), 1–12.

Hamid, M. (2020). Menyiapkan Pembelajaran Di Masa Pandemic: Tantangan Dan Peluang. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Hana, N. indah. (n.d.). Menururunnya Kemampuan Matematika Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/indahhana/5f3b623065eaa146f6254193/menurunnya-kemampuan-matematika-indonesia?

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21; Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Isman, M. (2016). Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar.

Kennedy, E. C. (2008). Methods in Teaching Developmental Reading 2nd Edition. Peacock Publisher, Inc.

King, D. Y. (2018). Corruption in Indonesia: A Curable Cancer? Journal of International Affairs, 53(2), 603–624.

Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sobron A.N, B. R. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.

Sri, K. U. (2014). E-Learning : Technological Development in Teaching for school kids. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 5(5), 6124–6126.

Sujiono, Y. N. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Negeri Terbuka.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Warmansyah, J. (2019). Efektifitas Game Powerpoint Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Permulaan Di Tk Asyofa Padang. Ta’dib, 22(2), 105. https://doi.org/10.31958/jt.v22i2.1198




DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JCE indexed by