STRATEGI IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA M. QURAISH SHIHAB DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Edi Nurhidin

Sari


Pengarusutamaan wawasan moderasi beragama menjadi semakin penting sebagai salah satu altenatif cara untuk membentengi peserta didik dari berbagai bentuk dan metamorfosis ideologi dan gerakan Islam transnasional yang mengancam keutuhan kebangsaan Indonesia dan tengah merembes pada hampir semua aspek kehidupan di tanah air. Untuk itu, tulisan ini berupaya mendiskusikan tentang bagaimana penerapan konsep moderasi beragama dalam perspektif M. Quraish Shihab dalam proses pembelajaran PAI. Kajian ini merupakan kajian kepustakaan yang menggunakan motode analisis isi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa implementasi moderasi beragama pada pembelajaran PAI dapat mengacu pada prinsip pengembangan kurikulum integratif dengan memaksimalkan pengembangan materi pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M. Amin, Multidisiplin, Interdisiplin, & Transdisiplin: Metode Studi Agama & Studi Islam Di Era Kontemporer (Yogyakarta: IB Pustaka, 2020)

Anwar, Rosyida Nurul, and Siti Muhayati, ‘Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum’, Jurnal Pendidikan Islam, 12.1 (2021), 1–15

Drake, Susan M., and Rebecca Crawford Burns, Meeting Standards Through Integrated Curriculum (Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development, 2004)

Drake, Susan M., and Joanne Reid, ‘Integrated Curriculum as an Effective Way to Teach 21st Century Capabilities’, Asia Pacific Journal of Educational Research, 1.1 (2018), 31–50

Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri, ‘Moderasi Beragama Di Indonesia’, Intizar, 25.2 (2019), 95–100

Gunawan, Heri, Mahlil Nurul Ihsan, and Encep Supriatin Jaya, ‘Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung’, Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6.1 (2021), 14–25

Hamdi, Ahmad Zainul, ‘Wajah Baru Islam Indonesia: Dari Kontestasi Ke Pembentukan Lanskap Baru’, Tashwirul Afkar, 39.01 (2020), 59–78

Harto, Kasinyo, Pengembangan Pembelajaran PAI Berwawasan Islam Wasatiyah: Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Peserta Didik (Yogyakarta: Semesta Aksara, 2021)

Huda, Nur, Nur Hamid, and Muhammad Khoirul Misbah, ‘Konsep Wasathiyyah M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah (Analisis Hermeneutika Hans-Georg Gadamer)’, International Journal Ihya’ ’Ulum al-Din, 22.2 (2020), 198–231

Husna, Ulfatul, and Muhammad Thohir, ‘Religious Moderation as a New Approach to Learning Islamic Religious Education in Schools’, Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14.1 (2020), 199–222

Irama, Yoga, and Mukhammad Zamzami, ‘Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020’, KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11.1 (2021), 65–89

Penyusun, Tim, Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam (Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Bekerjasama dengan Lembaga Daulat Bangsa, 2019)

———, ‘KBBI Daring’ (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2016) [accessed 27 May 2021]

———, Moderasi Islam (Tafsir al-Qur’an Tematik), ed. by Muchlis M. Hanafi, Cetakan pertama (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2012)

Purwanto, Yedi, Qowaid Qowaid, Lisa’diyah Ma’rifataini, and Ridwan Fauzi, ‘Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17.2 (2019)

Rahmah, Mawaddatur, ‘Moderasi Beragama Dalam Alquran: Studi Pemikiran M. Quraish Shihab Dalam Buku Wasathiyyah: Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama’ (unpublished masters, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020) [accessed 20 May 2021]

Rasmuin, Rasmuin, and Saidatul Ilmi, ‘Strategi Implementasi Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19; Studi Kasus di MAN 2 Banyuwangi’, Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4.1 (2021), 17–36

RI, Kementerian Agama, Moderasi Beragama, Cetakan Pertama (Jakarta: Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2019)

Rizky, Adam Tri, and Ade Rosi Siti Zakiah, ‘Islam Wasathiyah Dalam Wacana Tafsir Ke-Indonesia-an (Studi Komparatif Penafsiran M. Quraish Shihab Dan Buya Hamka)’, AQWAL Journal of Qur’an and Hadis Studies, 1.1 (2020), 1–28 [accessed 26 May 2021]

Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2015)

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an Jilid 1, Tafsîr Al-Mishbâẖ, Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qurʾan / M. Quraish Shihab ; 1, Cetakan IV (Jakarta: Lentera Hati, 2002), I

———, Tafsir Al-Mishbāh: Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur’an Jilid 2, Cet. 5 (Ciputat, Jakarta: Lentera Hati, 2002), II

———, Wasathiyyah Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama, Cetakan Kedua (Tangerang: Lentera Hati Group, 2019)

Sutrisno, Edy, ‘Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan’, Jurnal Bimas Islam, 12.2 (2019), 323–48

Wahyudi, Winarto Eka, ‘Indonesia Sebagai Trendsetter Moderatisme di ASEAN (Membangun Relasi Akademik antara Islam dan Multikulturalisme)’, Kuttab : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3.1 (2020)

Zamimah, Iffaty, ‘Moderatisme Islam Dalam Konteks Keindonesiaan (Studi Penafsiran Islam Moderat M. Quraish Shihab)’, Al-Fanar: Jurnal Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, 1.1 (2018), 75–90




DOI: https://doi.org/10.30736/ktb.v5i2.686

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

 

 

Indexing at :