Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Himpunan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas Vii-F Smp Negeri 4 Gresik Tahun 2019-2020.

Churun Choiriyah

Sari


Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan melalui pembelajaran koopratif tipe numbered head together di kelas Vii-F SMP Negeri 4 Gresik ini dapat diketahui dengan beberapa tahap siklus analisis dan teori yang relevan digunakan. Dalam meningkatkan hasil belajar ada dua siklus dan memiliki empat tahap. Pertama perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sehingga dapat menjawab tiga permasalahan pertama Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe (NHT) di VII-F SMP Negeri 4 Gresik, kedua Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe (NHT) pada pelajaran Matematika dengan Materi Himpunan di VII-F SMP Negeri 4 Gresik, ketiga hasil belajar siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe (NHT) pada pelajaran Matematika dengan Materi Himpunan di Kelas VII-F SMP NegeriI 4 Gresik. Berdasrkan hasil analisis data peneliti menemukan hasil Dari data tersebut hasil belajar matematika siswa kelas VII-F SMP NEGERI 4 GRESIK tergolong rendah dan belum dapat dikatakan tuntas karena persentase ketuntasan klasikalnya belum mencapai 85%. Pada tindakan I diperoleh nilai rata-rata yaitu 70 dengan persentase ketuntasan klasikalnya yaitu 56 % atau sebanyak 18 orang siswa sedangkan 14 orang siswa atau 44% siswa tidak tuntas belajar. Pada tindakan II meningkat dengan nilai rata-rata 85 dengan persentase ketuntasan klasikalnya yaitu 87,5 % atau sebanyak 28 orang siswa yang sudah tuntas belajar bahkan pada tindakan II inilah persentase ketuntasan secara klasikal dapat mencapai ≥ 85 %. Oleh karena itu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-F SMP Negeri 4 Gresik.

Kata Kunci


Hasil Belajar; Matematika; Pembelajaran Kooperatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajaar.Jakarta: PT

Rineka.

Arikunto, Suharsimi. dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT BumiAksara

Asrul. dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media

B Uno, Hamzah. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan proses belajar mengajar yang

kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

B. Uno, Hamzah. (2014). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: BumiAksara.

Basrowi dan suwandi. (2008). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: GhliIndonesia.

Djamarah , S. B. dan Zain, Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka

Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamzah, Ali dan

Mushlisraini. (2014). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media persada. Lie, Anita. (2004).

Cooperatif Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

Mardianto. (2014). Psikologi Belajar. Medan: Perdana Publishing.

Muijs, Danial dan Reynolds, David. (2008). Effective Teaching Teori Dan Aplikasi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ngalimun. (2013). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: AswajaPressindo.

Nuharini, Dewi dan Wahyuni, Tri. (2008). Matematika Konsep Dan Aplikasinya.Jakarta:

Pusat Perbukuan

Prawiro, Teguh. (2011). Akidah Akhlak. Jakarta:Yudhistira.

Pujihartini. (2013). Penelitian Tindakan Kelas dalam Pembelajaran Tematik Integratif SMP.

Bandung: Wahana Iptek.

Ruhlat. (2014). Model Pembelajaran Efektif Bagi Guru Kreatif. Bandung: GazaPublishing.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: PT Rajagrafindo persada.

Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sanjaya,

Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan.

Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Sardiman.

(2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem.Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:

Kencana prenada media group.

Syafaruddin Dan Nurmawati. (2011). Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan

Keterampilan Manajemen Pendidikan Menuju Sekolah Efektif. Medan: Perdana

Publishing.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Trianto.

(2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep




DOI: https://doi.org/10.30736/adk.v15i2.675

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 Terindeks pada :