Fungsi Manajemen Controling dalam Prespektif Al Qur’an dan Hadits

Maskun Maskun, M. Furqon Wahyudi, Abdul Manan

Sari


pengawasan sering dipakai oleh organisasi sebagai bahan dalam melihat kinerja, serta digunakan sebagai seorang pemimpin perushaan atau lembaga sebagai usaha dalam menemukan kesalahan. Pengawasan jika kita pahami lebih dalam tekait fungsinya adalah sebagai bentuk kekuatan tersendiri untuk melakukan perbaikan dalam menempuh hasil yang di inginkan dalam sebuah organisasi. Setiap organisasi pasti memiliki SOP masing-masing.

Dalam hal ini penulis memberikan tawaran sebuah konsep yang menarik terkait fungsi manajemen controling dalam presktif Al-Quran dan Hadits, dalam fungsi manajemen controling disebutkan ada tiga hal penting yang perlu digaris bawahi yaitu, sebagai bahan pengawasa, sebagai bahan peringatan serta sebagai bahan evaluasi. Ketiga hal ini dijadikan sebagai evaluasi perbandingan dengan ayat-ayat qur’an dan hadits sehinggah keluar hasil sebagaimana dipaparkan dalam hasil pembahasan.


Kata Kunci


Mananjemen; Controling; Al’Quran, Hadits

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Goffar. Dosen Tetap Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At-Taqwa Bondowoso. Email : cak_goffar@yahoo.com. “35 MANAJEMEN DALAM ISLAM (PERSPEKTIF AL- QUR’AN DAN HADITS) Oleh : Abdul Goffar ” (2018): 35–58.

An, Perspektif Al-qur, and D A N Hadits. “Controlling Organisasi Dalam” 4 (2018): 39–55.

Prodi, Mahasiswa, Manajemen Pendidikan, Islam Pascasarjana, Iain Sultan, and Amai Gorontalo. “Pengawasan Pendidikan Mengacu Terhadap Al- Qur ’ an Dan Hadits Trilusi Podomi Abstrak Pendahuluan Pada Dasarnya Di Era Global Dan Perkembangan Iptek Yang Sangat Cepat , Intensitas Tantangan Pembangunan Pendidikan Nasional Cenderung Akan Semakin Meningkat Dan Komplek .” 3 (2019): 295–320.

Sari, Milya. “NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) Dalam Penelitian Pendidikan IPA” 6, no. 1 (2020): 41–53.

Abu al-Husain Muslim Bin al-Hajjaj Bin Muslim al-Qusyoiri al- Naisyaburi, Shohih Muslim, Bairut: Dar Ihya al-Turotsal-‘Arobi. Cetakan: Pertama.

Abu Daud as-Sijistani,. Sunan Abu Daud. Siria. Dar al-Kutub. Cetakan: Pertama.

Ahmad Bin Daud al-Mazjaji al-Asy’ari.Muqoddimah Fi al-Idaroh al- Islamiyah., Jeddah: al-Mamlakah al’Arobiyah al-Su’udiyah, 2000.

Anthony dan Vijay Govindarajan, Management Control System, Mc Clelland Grawhill: Ninth Eition, 1998.

Buchari Alma, Majemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 1992.

Edward Sallis, Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu Pendidikan), terj. Ahmad Ali Riyadi & Fahrurrozi, Yogyakarta: IRCiSoD, 2011.

Hoetomo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Mitra Pelajar, 2005.

M. Dale, Developing Management Skill (terjemahan), Jakarta: Gramedia, 2003.

Muhammad Bin Isma’il Bin Ibrohim Bin al-Mughiroh Al-Bukhori, Shohih al-Bukhori. Bairu:Dar Ibnu Katsir al-Yamamah, Cetakan: Ketiga.

M. Quraish shihab, Tafsir Al-Misbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian Al- Qur’an), Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Muhammad Bin ‘Isa, Jami’ Turmudzi al-Turmudzi, Bairut: Dar Ihya al- Turotsal-‘Arobi. Cetakan: Pertama.




DOI: https://doi.org/10.30736/adk.v16i1.971

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 Terindeks pada :