Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dimasa Setelah Pandemi Dalam Meningkatkan pengembangan Keprofesionalan Guru

Etiyaningsih Etiyaningsih, Taufiq Harris, M. Furqon Wahyudi

Sari


Supervisi merupakan Usaha kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja peningkatan seorang Guru. Guru adalah komponen yang penting bagi dunia pendidikan, Dimasa pandemi kemarin yang terjadi kurang lebih setahun, kinerja seorang guru sangatlah menurun, dalam hal ini supervisi harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kinerja guru profesional.

Penelitian kali merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat pengembangan dan meningkatkan keprofesionalan seorang guru. Baik dalam mengajar maupun melaksanakan tugas dan kewajibannya. Supervisi Klinis ini merupakan solusi termuda yang bisa dilakukan oleh seorang kepala sekolah kepada guru untuk meningkatkan kinerja guru. Dalam penelitian ini Supervisi yang dilakukan kepala sekolah kepada guru menghasilkan: Guru mampu menyampaikan materi dengan layak, tidak mengulangi pertanyaan yang suda di tanyakan, mampu berinteraksi dengan baik guru dan murid, mampu mengelola lapangan dan bertanggung jawab atas apa yang di ajarkan

Kata Kunci


Supervisi, Peningkatan, Profesional Guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adam and Dickey. (1953). Basic Principle of Supervision, New York, American Book Company.

Archeson, K.A. & Gall, M.D. 1980. Techniques in the clinical supervision of the teahers: Preservice and Inservice Applications.New York & London: Longman.

Brown, G. Alih Bahasa Laurens K.. 1991. Pengajaran Mikro, Program Ketrampilan Mengajar. Surabaya: Erlangga University Press.

Burhanuddin. (2007). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Ciawi Jaya.

Manullang. 2005. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta : UGM University Press.

Pidarta, M. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, P. A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sergiovanni, T.J. dan Starratt, R.J. 1993. Supervision A Redefinition. Fifth Edition. New York. Mc Graw Hill Inc.

Sahertian, P. A. 2008. Konsep dasar dan teknik supervisi pendidikan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Rineke Cipta: Jakarta

Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Tanner, D. and Tanner, L. 1987. Supervision in Education : Problems and Practices. New York : Macmillan.

Underwood, M. 1987. Effective Class Management A Practical Approach. Alih Bahasa Susi Purwoko. Jakarta : ARCAN.

Usman. 2000. Supervisi Pendidikan (Pelatihan Calon Kepala Sekolah). Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

W. Creswwell, Jhon (2018) Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Pustaka Belajar, Yogyakarta. h. 253-254.

Hanief, Muhammad. (2016). Menggagas Teknik Supervisi Klinik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Vicratina, (Vol. 10. No.2).

Bahri, Saiful. (2014). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. (Vol. V. No. 1.).

Batuta, Is Asma, Rahmat, Abdul. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al- Tanzim: Jurnal Menejemen Pendidikan Islam, (Vol. 03. No.1). p1-28.

Berliana teti, Rina Wahyuni. (2017). Implementasi Supervisi oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Menejemen dan Supervisi Pendidikan, (Vol.1. No. 3). 218-226.

Julianti dkk. (2016). Implementasi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori Peneleitian dan Pengembangan, (Vol. 1 No. 11). 2231-2235

Zulfikar (2017). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Magister Administrasi, (vol. 5, No. 03). 192




DOI: https://doi.org/10.30736/adk.v17i2.1834

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 Terindeks pada :