Manajemen Mutu Akreditasi Dalam Meningkatkan Trust Masyarakat Terhadap Minat Sekolah” Studi Kasus Di Mts. Sunan Ampel Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.30736/adk.v19i1.2491Keywords:
: manajemen mutu, akreditasi, trust masyarakat, minat sekolah, MTs. Sunan Ampel Kebet LamonganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran manajemen mutu akreditasi dalam meningkatkan trust masyarakat yang berdampak pada meningkatnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di MTs. Sunan Ampel Kebet Lamongan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya akreditasi tidak hanya sebagai bentuk penilaian formal, tetapi juga sebagai instrumen strategis untuk membangun reputasi dan meningkatkan mutu layanan pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru, komite madrasah, serta perwakilan orang tua/wali murid; observasi terhadap kegiatan madrasah; dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu akreditasi di MTs. Sunan Ampel Kebet Lamongan dilakukan secara terstruktur melalui pemenuhan standar nasional pendidikan, peningkatan kompetensi guru, perbaikan sarana prasarana, serta penguatan komunikasi dengan masyarakat. Setelah memperoleh akreditasi “A”, madrasah ini mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah pendaftar baru dan perubahan positif dalam persepsi masyarakat. Kepercayaan masyarakat yang meningkat terbukti menjadi faktor utama bertambahnya minat menyekolahkan anak di madrasah tersebut.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen mutu akreditasi berperan penting tidak hanya sebagai proses administratif, tetapi juga sebagai upaya membangun budaya mutu yang berdampak langsung pada reputasi dan kepercayaan publik. Temuan ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi madrasah dan sekolah lain dalam mengembangkan strategi peningkatan mutu pendidikan.
Downloads
References
Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). (2020). Manual Akreditasi untuk Sekolah/Madrasah. Jakarta: BAN-S/M.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
MTs. Sunan Ampel Kebet Lamongan. (2024). Data Rekap Jumlah Pendaftar Tahun 2019/2020–2023/2024. Lamongan: Dokumen Internal Madrasah.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Praktik dan Riset. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2014). Manajemen Mutu Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Permendikbud RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education (3rd ed.). London: Routledge.
Sudarwan Danim. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Teori Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Wawancara dengan Ketua Panitia PPDB MTs. Sunan Ampel Kebet Lamongan (tanggal wawancara).
Zamroni, A. (2011). "Peran Akreditasi Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(2), 179–190.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Taufiq Harris, M. Furqon Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.