PENGARUH MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI MENGGAMBAR DENGAN BAHAN BEKAS BOTOL PLASTIK DI TAMAN KANAK-KANAK INSAN MULIA

Authors

  • Era Pratiwi Mazly Universitas Negeri Padang
  • Farida Mayar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1125

Keywords:

Menggambar, Bahan bekas, Botol Plastik,

Abstract

adalah luapan seseorang dalam bentuk gambar yang menggambarkan dan menjadi sebuah karya yang dinikmati dan dilengkapi dengan garis bidang dan bidang. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh menggambar bahan bekas (botol plastik) terhadap motorik halus anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbentuk eksperimen. Menggambar dengan botol bekas dapat membantu guru dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk Quasi Eksperimen, penelitian dilakukan pada bulan Juli 2022. Populasi penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Insan Mulia Bangko dan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yang mana kelas B1 sebagai kelas kontrol dan B2 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas membuka 15 orang anak. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan, berupa 10 pertanyaan dan teknis analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji independent sampel t test dengan bantuan SPSS. 15.0 Untuk jendela. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji t diketahui nilai (2-tailed) adalah sebesar 0,026 < 0,005. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media bahan bekas botol plastik terhadap motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Insan Mulia Bangko Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji t diketahui nilai (2-tailed) adalah sebesar 0,026 < 0,005. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media bahan bekas botol plastik terhadap motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Insan Mulia Bangko Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji t diketahui nilai (2-tailed) adalah sebesar 0,026 < 0,005. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media bahan bekas botol plastik terhadap motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Insan Mulia Bangko

References

Agustina, R., & Sunarso, A. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran SBK. Joyful Learning Journal, 7 (1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/25859

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta:Amzam.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful Of Clap Hand Game For Optimalize Cogtivite Aspects In Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/76

Huliyah,M. (2016). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan guru Raudhatul (Vol, 1. No, 2.

Indriwati. (2017). Hubungan Menggambar Bebas Terhadap Kreativitas Anak di Kelompok B 2 TK Al- Khairaat Lll Palu. Jurnal Untad, 4 (1).

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta:MUP.

Khadijah, & Amelia, N. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana.

Maghfuroh, L. & Kiki, C. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Prasekolah Di TK Kartika 1 Sumur Gemuk Kecamatan Babat Lamongan. Jurnal of heart sciences (Vol, 10. No 1).

Mayar, F. (2021). Menggambar Melalui Ekspresi Bebas Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta:deepublish.

Nurhaditat, D. (2005). Kerajinan tangan dan kesenian. Jakarta: Grasindo.

Parapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi PAUD. Tasik Malaya:Edu Publisher.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gedget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), 2. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/26

Rosa.H, Nurhafizah, N., & Yulsyofriend, Y. (2019). Efektifitas Papercraf Terhadap Kemampuan Motorik Halus. Journal On Techer Education, 1 (1). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/502

Saleh, F. Badu, W. R, Ariffin, N.I. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok B TK Cempaka Jaya Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Journa, Ung Repository,

Sari, R., & Hadi Prayogo, B. (2019). Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Wirolegi Sumbersari Kabupaten Jember. JECIE ( Journal Of Early Childhood And Inclusive Education), 2 (2).

Siarni, S., Pasaribu, M., & Rede, A. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Majemu Utara. Jurnal Kreatif Tadulaku, 3 (2). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/viewFile/2871/1959

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana.

Suminah. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Keterampilan Kolase di TK Aisyiyah Bustanul Alfal Ll Ngerangan Bayat Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Konvergensi ( Vol, Vl, edisi 27.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di TK Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1).

Yaswinda, Yolsyofriend, & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru PAUD Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3744

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-01-04

Issue

Section

Articles