PENGARUH MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI MENGGAMBAR DENGAN BAHAN BEKAS BOTOL PLASTIK DI TAMAN KANAK-KANAK INSAN MULIA
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1125Keywords:
Menggambar, Bahan bekas, Botol Plastik,Abstract
adalah luapan seseorang dalam bentuk gambar yang menggambarkan dan menjadi sebuah karya yang dinikmati dan dilengkapi dengan garis bidang dan bidang. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh menggambar bahan bekas (botol plastik) terhadap motorik halus anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbentuk eksperimen. Menggambar dengan botol bekas dapat membantu guru dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk Quasi Eksperimen, penelitian dilakukan pada bulan Juli 2022. Populasi penelitian ini adalah Taman Kanak-kanak Insan Mulia Bangko dan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yang mana kelas B1 sebagai kelas kontrol dan B2 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing kelas membuka 15 orang anak. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan, berupa 10 pertanyaan dan teknis analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji independent sampel t test dengan bantuan SPSS. 15.0 Untuk jendela. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji t diketahui nilai (2-tailed) adalah sebesar 0,026 < 0,005. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media bahan bekas botol plastik terhadap motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Insan Mulia Bangko Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji t diketahui nilai (2-tailed) adalah sebesar 0,026 < 0,005. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media bahan bekas botol plastik terhadap motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Insan Mulia Bangko Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji t diketahui nilai (2-tailed) adalah sebesar 0,026 < 0,005. Jadi dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media bahan bekas botol plastik terhadap motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Insan Mulia Bangko
References
Agustina, R., & Sunarso, A. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran SBK. Joyful Learning Journal, 7 (1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/25859
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta:Amzam.
Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful Of Clap Hand Game For Optimalize Cogtivite Aspects In Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/76
Huliyah,M. (2016). Pengembangan Daya Seni Pada Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan guru Raudhatul (Vol, 1. No, 2.
Indriwati. (2017). Hubungan Menggambar Bebas Terhadap Kreativitas Anak di Kelompok B 2 TK Al- Khairaat Lll Palu. Jurnal Untad, 4 (1).
Katoningsih, S. (2021). Keterampilan bercerita. Surakarta:MUP.
Khadijah, & Amelia, N. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana.
Maghfuroh, L. & Kiki, C. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Prasekolah Di TK Kartika 1 Sumur Gemuk Kecamatan Babat Lamongan. Jurnal of heart sciences (Vol, 10. No 1).
Mayar, F. (2021). Menggambar Melalui Ekspresi Bebas Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta:deepublish.
Nurhaditat, D. (2005). Kerajinan tangan dan kesenian. Jakarta: Grasindo.
Parapat, A. (2020). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, Dan Praktisi PAUD. Tasik Malaya:Edu Publisher.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gedget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1), 2. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/26
Rosa.H, Nurhafizah, N., & Yulsyofriend, Y. (2019). Efektifitas Papercraf Terhadap Kemampuan Motorik Halus. Journal On Techer Education, 1 (1). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/502
Saleh, F. Badu, W. R, Ariffin, N.I. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok B TK Cempaka Jaya Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Journa, Ung Repository,
Sari, R., & Hadi Prayogo, B. (2019). Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Wirolegi Sumbersari Kabupaten Jember. JECIE ( Journal Of Early Childhood And Inclusive Education), 2 (2).
Siarni, S., Pasaribu, M., & Rede, A. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Majemu Utara. Jurnal Kreatif Tadulaku, 3 (2). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/viewFile/2871/1959
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana.
Suminah. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Keterampilan Kolase di TK Aisyiyah Bustanul Alfal Ll Ngerangan Bayat Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Konvergensi ( Vol, Vl, edisi 27.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Di TK Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1).
Yaswinda, Yolsyofriend, & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru PAUD Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3744
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.