DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUKHLISIN PASAMAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1110Keywords:
Game Online, Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial Emosional,Abstract
Game online pada saat sekarang ini tidak hanya dimainkan oleh orang dewasa, ataupun remaja saja, tetapi anak usia dini juga sudah memainkannya. fitur-fitur yang menarik yang ada pada game online membuat anak betah berlama-lama untuk bermain hingga kecanduan. Hal ini tentu saja merupakan dampak emosional terhadap perkembangan anak yaitu perkembangan sosial anak usia dini. seperti yang peneliti temui dilapangan terdapat anak yang sulit mengontrol emosi dan menirukan gerakan-gerakan yang ada pada game online seperti memukul, menendang, dan menembak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak game onlineterhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Al-Mukhlisin Pasaman Barat. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Untuk melihat bagaimana dampak game online terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di Taman Kanak-kanak Al-Mukhlisin Pasaman Barat. Subjek penelitian adalah 3 orang anak yaitu A, H, dan F, di Taman Kanak-kanak Al-Mukhlisin Pasaman Barat, informan penelitian adalah guru kelas dan orangtua anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik keabsahan data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dampak positif bermaingame online terhadap sosial anak usia dini meliputi; a) kerja sama. 2) dampak negatif bermain game online terhadap sosial anak adalah a) meniru gerakan yang ada pada game online , b) mengganggu orang lain, c) adiksi/ kecanduan, e) pembangkangan. 3) adapun dampak terhadap emosi anak adalah; a) Berbicara kasar dan kotor, b) Agresi.References
Amburika, B., Herry Chrisnanto, Y., & Uriawan, W. (2016). Teknik Vector Space Model (VSM) Dalam Penentuan Penanganan Dampak Game Online Pada Anak. Jurnal Jurusan Informatika, Fakultas MIPA, 1 (1).
Andriyanto, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Game Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VI SD Prcobaan 2 Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5 (2).
Dianty, N. (2012). Dampak Game Online Terhadap Kesehatan Remaja: Studi di Fajar Net Raden Isntan Bandar Lampung. Universitas Lampung.
Fajarwati, I. (2014). Konsep Montessori Tentang Pendidikan Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, 11 (1).
Gunawan, A. C., Agung Suwasono, A., & Cahyadi, J. (2016). Perancangan Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Berhenti berbicara Kasar Untuk Kalangan Anak Usia 7-12 Tahun. Jurnal Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain, 1 (8), 11.
Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad. Journal on Early Childhood, 2 (2), 1–7.
Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana. Jakarta:Kencana. https://books.google.co.id/books?id=rpADwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Marlina, S., & Ilmi, M. (2019). Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Ekasakti Kota Padang. Indonesian Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4 (1).
Mayar, F., Roza, D., & Delvia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (5).
Musringati. (2017). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Kelompok B melalui Metode Bercerita di TK Al Ikhlas. STKIP Siliwangi Bandung.
Nugrahaningtyas, R. D. (2014). Perkembangan Sosial- Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Panti Asuhan Benih Kasih Kabupaten Sragen. Early Childhood Education Paper (BELIA), 3 (2), 18–23.
Pitaloka, A. A. (2013). Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar (Studi Fenomenologi tentang Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar di Kelurahan Gemolong, Kabupaten Sragen ). Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3 (1), 10.
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1 (1), 35–36.
Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona Dasar, 1 (3).
Vanagosi, K. D. (2016). Konsep Gerak Dasar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2 (1), 72–79.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.