DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUKHLISIN PASAMAN BARAT

Authors

  • Annisa Thaharah Universitas Negeri Padang
  • Farida Mayar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1110

Keywords:

Game Online, Anak Usia Dini, Perkembangan Sosial Emosional,

Abstract

Game online pada saat sekarang ini tidak hanya dimainkan oleh orang dewasa, ataupun remaja saja, tetapi anak usia dini juga sudah memainkannya. fitur-fitur yang menarik yang ada pada game online membuat anak betah berlama-lama untuk bermain hingga kecanduan. Hal ini tentu saja merupakan dampak emosional terhadap perkembangan anak yaitu perkembangan sosial anak usia dini. seperti yang peneliti temui dilapangan terdapat anak yang sulit mengontrol emosi dan menirukan gerakan-gerakan yang ada pada game online seperti memukul, menendang, dan menembak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak game onlineterhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Al-Mukhlisin Pasaman Barat. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Untuk melihat bagaimana dampak game online terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di Taman Kanak-kanak Al-Mukhlisin Pasaman Barat. Subjek penelitian adalah 3 orang anak yaitu A, H, dan F, di Taman Kanak-kanak Al-Mukhlisin Pasaman Barat, informan penelitian adalah guru kelas dan orangtua anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik keabsahan data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dampak positif bermaingame online terhadap sosial anak usia dini meliputi; a) kerja sama. 2) dampak negatif bermain game online terhadap sosial anak adalah a) meniru gerakan yang ada pada game online , b) mengganggu orang lain, c) adiksi/ kecanduan, e) pembangkangan. 3) adapun dampak terhadap emosi anak adalah; a) Berbicara kasar dan kotor, b) Agresi.

References

Amburika, B., Herry Chrisnanto, Y., & Uriawan, W. (2016). Teknik Vector Space Model (VSM) Dalam Penentuan Penanganan Dampak Game Online Pada Anak. Jurnal Jurusan Informatika, Fakultas MIPA, 1 (1).

Andriyanto, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Game Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VI SD Prcobaan 2 Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5 (2).

Dianty, N. (2012). Dampak Game Online Terhadap Kesehatan Remaja: Studi di Fajar Net Raden Isntan Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Fajarwati, I. (2014). Konsep Montessori Tentang Pendidikan Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, 11 (1).

Gunawan, A. C., Agung Suwasono, A., & Cahyadi, J. (2016). Perancangan Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Berhenti berbicara Kasar Untuk Kalangan Anak Usia 7-12 Tahun. Jurnal Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain, 1 (8), 11.

Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad. Journal on Early Childhood, 2 (2), 1–7.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana. Jakarta:Kencana. https://books.google.co.id/books?id=rpADwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Marlina, S., & Ilmi, M. (2019). Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Ekasakti Kota Padang. Indonesian Journal Of Islamic Early Childhood Education, 4 (1).

Mayar, F., Roza, D., & Delvia, E. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru PAUD dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3 (5).

Musringati. (2017). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Kelompok B melalui Metode Bercerita di TK Al Ikhlas. STKIP Siliwangi Bandung.

Nugrahaningtyas, R. D. (2014). Perkembangan Sosial- Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di Panti Asuhan Benih Kasih Kabupaten Sragen. Early Childhood Education Paper (BELIA), 3 (2), 18–23.

Pitaloka, A. A. (2013). Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar (Studi Fenomenologi tentang Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar di Kelurahan Gemolong, Kabupaten Sragen ). Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3 (1), 10.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1 (1), 35–36.

Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jurnal Pesona Dasar, 1 (3).

Vanagosi, K. D. (2016). Konsep Gerak Dasar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 2 (1), 72–79.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-03

How to Cite

Thaharah, A., & Mayar, F. (2022). DAMPAK GAME ONLINE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUKHLISIN PASAMAN BARAT. JCE (Journal of Childhood Education), 6(2), 389–404. https://doi.org/10.30736/jce.v6i2.1110

Issue

Section

Articles