METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN ANAK TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH (TELA’AH HADITS NABI TENTANG PERINTAH MENGAJARKAN ANAK DALAM MENJALANKAN SHOLAT)

Authors

  • Imas Jihan Syah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v2i1.36

Keywords:

Method, Habituation, Dicipline

Abstract

Various methods used by parents or teachers as educators as an effort
to implement a plan that has been prepared to achieve learning objectives for students in both real and practical activities. These include habituation methods. Basically every method has advantages and disadvantages. For that educator must be able to choose the method with various considerations. Method of habituation is a method that takes place by familiarizing the students to think, behave and say and do all the activities that have been determined to create positive habits in the life of the students. For that, this method takes a relatively long time. Prayer is a pillar of religion. It requires habituation in implementing it since the age of tamyiz, as the Prophet said. Habituation also functions in instilling discipline of children. It should be noted, however, that in instilling these habits the educator should pay attention: the principle of preserving the fitrah of the child, strived to develop the potential of the child, is directed and done gradually.

References

Abu Ahmadi, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung, Pustaka Setia, 1997)

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Acana Ilmu, 1997)

Ahmad tafsir, ilmu pendidikan dalam perspektif islam. ( Bandung : Remaja Rosdakarya,

Andi Sri Suriati Amal, Role Jugling, Perempuan Sebagai Muslimah, Ibu dan Istri (Jakarta:

Kompas Gramedia, 2013)

Cholil Nafis, Fikih Keluarga Menuju Keluarga Sakinah, Mawaddah, wa Rahmah.

Keluarga Sehat, Sejahtera dan Berkualitas, (Jakarta: Mitra Abadi Press, 2009), 238

Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan ( Bandung: Remaja Rosdakarya , 2000 ),123

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinarbaru Algesindo,

Su‟udy, Kumpulan Dasar Ilmu Pendidikan Sebagai Pengantar Ilmu Pendidkan,

(Perguruan Islam Mathali‟ul Falah, tt)

Dosen Psikologi.com, 20 Macam Metode Pembelajaran Lengkap, diakses dari

https://dosenpsikologi.com/macam-macam-metode-pembelajaran pada 7 Juli 2017

Wikipedia. (Disiplin) diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin pada 9 Februari

Rhen Hana Word, Fase-fase Perkembangan Manusia diakses dari

https://rhenniyhanasj.wordpress.com/2014/05/25/fase-fase-perkembangan-manusia/

pada 25 Mei 2014

Arining Tias Saputri, Penanaman Nilai Kemandirian Dan Kedisiplinan Bagi Anak Usia

Dini Siswa Tk B Di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto. Skripsi Thesis,

(IAIN Purwokerto, 2016), diakses dari http://repository.iainpurwokerto.ac.id/307/

pada 25 Mei 2014

Dedy Ryner, Pengertian Disiplin, Tujuan, Macam, Manfaat, Contoh Disiplin Terlengkap,

diakses dari http://www.spengetahuan.com/2017/08/pengertian-disiplin-tujuanmacam-

manfaat-contoh-disiplin.html pada 13 Agustus 2017

Zaky, Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli Secara Umum, diakses dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-metode-pembelajaran/, pada 16 Maret

PlumX Metrics

Published

2019-11-23

How to Cite

Syah, I. J. (2019). METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN ANAK TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH (TELA’AH HADITS NABI TENTANG PERINTAH MENGAJARKAN ANAK DALAM MENJALANKAN SHOLAT). JCE (Journal of Childhood Education), 2(2), 147–175. https://doi.org/10.30736/jce.v2i1.36