METODE PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MANTUP LAMONGAN

Authors

  • Imas Jihan Syah Universsitas Islam Lamongan
  • Nimas Ayu Giri Anjani Universitas Islam LAmongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.1096

Keywords:

Metode penanaman, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini,

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah mengetahui metode-metode yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK Aisyiyah Mantup. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis melalui tiga tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, serta berivikasi data. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan informasi lebih mengenai cara menanamkan nilai-nilai agama dan moral kepada anak usia sejak dini dengan harapan dapat membentuk karakter serta perilaku sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang cukup efektif, metode-metode tersebut diantaranya metode bercerita, metode bernyanyi, metode karya wisata, metode bersajak atau syair, metode pembiasaan dalam kelas dan luar kelas. Metode-metode yang digunakan oleh lembaga TK Aisyiyah ini merupakan metode dalam teori kecerdasan moral menurut Lickona dengan menggunakan pendekatan pedagogis pada pembelajaran anak.

References

Halid Hanafi, dkk, Ilmu Pendidikan Islam (Sleman: Budi Utama, 2018)

Imas Jihan Syah, “Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Dalam Penanaman Kedisiplinan Anak Terhadap Pelaksanaan Ibadah (Tela’ah Hadist Nabi Tentang Perintah Mengajarkan Anak Dalam Menjalankan Sholat),†Jurnal Child.Education 2, No.1 (November 2019)

Intan Kusumawati, Damiyati Zuchdi, “Pendidikan Moral Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Konstruktivisâ€, Academy Of Education Journal 10, No. 1 (Tahun 2019)

Otib Satibi Hidayat, Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014)

Retno Dwi Astuti, Metode Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Lamongan: CV.Pustaka Djati, 2019)

Sa’adun Akbar, Ahmad Samawi, Eny Nur Aisyah, Leni Gonadi, Lenita Puspita Sari, dan Nafi Isbadrianingtyas,Ppengembangan Nilai Agama dan Moral Bagi Anak Usia Dini. (Bandung: PT Refika Aditama, 2019)

Sisdiknas, 2003

Sugiyono, Metode Penelitian kualitatif (Bandung: Alfabeta,2021)

Downloads

PlumX Metrics

How to Cite

Syah, I. J., & Anjani, N. A. G. (2022). METODE PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH MANTUP LAMONGAN. JCE (Journal of Childhood Education), 6(1), 206–221. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.1096

Issue

Section

Articles