Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Penggunaan Gawai di Era Digitalisasi
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1472Keywords:
Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Gawai,Abstract
Kecanduan dalam penggunaan gawai pada anak usia dini dapat mendorong dan mengganggu laju perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini mencoba mendiskripsikan perkembanagan sosial emosional anak usia dini dalam penggunaan gawai di era digitalisasi. Adapun metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun lokasi penelitian ini terletak di RA An-Najah I Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Narasumber yang diwawancarai dalam penelitian ini yaitu guru atau kepala sekolah, orang tua, dan siswa RA. Hasil penelitian menunjukkan intensitas penggunaan gawai pada anak usia dini mengalami kecanduan menggunakan gawai untuk selalu digunakan pada setiap harinya. Perkembangan sosial emosional anak didik di RA An-Najah I terbilang baik dan berkembangan karena bentuk emosi yang diketahui dari anak didik mencakup ciri-ciri perkembangan sosial emosional anak usia dini. Adapun dampak penggunaan gawai pada perkembangan sosial emosional anak didik di RA An-Najah I memiliki pengaruh terhadap perkembangan anak yang dimana terdapat hal positif dan negatif bagi perkembangan sosial anak usia dini.References
Abdoellah. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia. http://simdiklat.gtkpaud.kemendikbud.go.id.upload/modul_materi/3_Modul_Diklat_Dasar_2020_Perkembangan_Anak_Usia_Dini.pdf
Al-Ayouby, M. H. (2017). Dampak Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK. Handayani Bandar Lampung) [Universitas Lampung]. http://digilib.unila.ac.id/27131/2/SKRIPSI FULL.pdf
Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education POLYGLOT, 14(1), 65–78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Apriliyana, L. (2022a). Alfin Kamali Hasan yang sedang mempragakan adegan bertarung seperti filem ultramen yang ditontonnya di youtube, berikut adalah link video anak tersebut sedang mempragakan bertarung seperti ultramen didalam gawai (https://youtu.be/26MzooFBIqE). https://youtu.be/26MzooFBIqE
Apriliyana, L. (2022b). Imroatul Lutfia yang sedang menggunakan gawai sebagai sarana bernyanyi lagu anak usia dini, dan berikut adalah link video anak tersebut sedang bernyanyi lagu anak usia dini yang seperti lagu didalam gawai (https://youtube.com/shorts/fSYNLKY_zbw?feature=. https://youtube.com/shorts/fSYNLKY_zbw?feature=share
Apriliyana, L. (2022c). Link video Alfin Kamali Hasan sedang menggunakan Gawai (https://youtu.be/pDV_nkXTMvE), Link video Fawaidul Mubarrok sedang menggunakan gawai (https://youtu.be/NrMjkWH_9T0), Link video Imroatul Lutfia sedang menggunakan gawai (https://youtube.com/shorts. https://youtu.be/pDV_nkXTMvE
Azwi, A. I., Yenni, & Oktavianis. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Yang Menggunakan Gawai Pada Anak Usia Dini. REAL in Nursing Journal (RNJ), 5(1), 24–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v5i1.1507
Domitila, M. M., Wulandari, F., & Marhayani, D. A. (2021). Analisis Penggunaan Gawai Terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah DasarNegeri Kota Singkawang Mindi. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 131–141. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.6.2.131-141
Fauzi, N. A. F., & Ayub. (2019). Fikih informasi: Muhammadiyah’s perspective on guidance in using social media. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(2), 267–293. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i2.267-293
Hijriati. (2019). Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, V(2), 94–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6392
Hurlock, E. B. (1978). Child Development (terjemahan Med Meitasari Tjandrasa). Mc Graw Hill.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 137 Tahun 2014 (2014). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Issue 1). Sekretaris Negara Republik Indonesia. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 92–105. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Manurung, L., Widiyarto, S., Suyana, N., & Iramdan. (2020). Peran Orang Tua untuk Mengurangi Dampak Gawai pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(1), 203–207. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5734192
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 6(1), 46–55. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205
Mita Widiastiti, N. L. G., & Sastra Agustika, G. N. (2020). Intensitas Penggunaan Gawai Oleh Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 112–120. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25179
Mukarromah, T. (2019). Dampak Penggunaan Gawai Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak [IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1089/1/SKRIPSI TITIK MUKARROMAH NPM. 1501010303 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf
Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2013). Metode Pengembangan Sosial Emosional (1st ed.). Universitas Terbuka.
Nurhaeda. (2018). Dampak Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam Di PAUD Terpadu Mutiara Hati Palu. ECEIJ: Early Childhood Education Indonesian Journal, 1(2), 72–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31934/eceij.v1i2.518
Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346
Rahmawati, I., Kristiana, D., & M.Fadlillah. (2020). Hubungan Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Era 4.0. Edupedia, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.24269/ed.v4i2.543
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. PT. Kencana Prenada Media Group.
Sapardi, V. S. (2018). Hubungan Penggunaan Gawai Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di PAUD/Tk Islam Budi Mulia. Jurnal Menara Ilmu, XII(80), 143. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v12i80.634
Setyowati, R. (2017). Perbedaan Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Pada Anak Usia 3-6 Tahun Yang Menggunakan Dan Tidak Menggunakan Gawai Di Tkit Al Hikam Delanggu. JOURNAL Psikologi, 346–354. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_610035785356.pdf
Sinta. (2018). Pengaruh Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Anak di TK Aisyiyal Bustanul Athfal VI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i2.23853
Soekanto, S. (1992). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali.
Solichin, M. (2017). Psikologi Belajar. Pena Salsabila.
Supaat, & Fa’atin, S. (2019). The Muslim Millennial Family Typology: The Role Of Muslim Family Circumflex Model To Avoid Parents’ Violent Behavior Against Children In Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(1), 1–29. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i1
Suryameng. (2019). Pendampingan Dialogis Orangtua Dalam Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 40–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpaud.v2i2.764
Sutomo, I. (2014). Modification Of Character Education Into Akhlaq Education For The Global Community Life. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(2), 291–316. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/ijims.v4i2.291-316
Suwarno, W. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. AR-RUZZ Media.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Bintang Pustaka Abadi.
Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publishing.
Syah, M. (2001). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Remaja Rosdakarya.
Wiyani, N. A. (2014). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. AR-RUZZ Media.
Wiyono, A. S., Ancok, D., & Hartono, J. (2008). Aspek Psikologis pada Implementasi Sistem Teknologi Informasi. E-Indonesia Initiative Konferensi Dan Temu Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Indonesia, 21–23. http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2195/1/moam.info_aspek-psikologis-pada-implementasi-sistem-teknolog_5a37fe9a1723dd2325df8c71.pdf
Zuhra, H., Husnaini, N., & Imran, K. S. (2022). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 2-3 Tahun di Dusun Oi Saja Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. KIDDO : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.5721
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.