Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Penggunaan Gawai di Era Digitalisasi

Authors

  • Ardhana Reswari IAIN Madura
  • Moh Abdan Syakuro Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,

DOI:

https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1472

Keywords:

Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Gawai,

Abstract

Kecanduan dalam penggunaan gawai pada anak usia dini dapat mendorong dan mengganggu laju perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini mencoba mendiskripsikan perkembanagan sosial emosional anak usia dini dalam penggunaan gawai di era digitalisasi. Adapun metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun lokasi penelitian ini terletak di RA An-Najah I Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Narasumber yang diwawancarai dalam penelitian ini yaitu guru atau kepala sekolah, orang tua, dan siswa RA. Hasil penelitian menunjukkan intensitas penggunaan gawai pada anak usia dini mengalami kecanduan menggunakan gawai untuk selalu digunakan pada setiap harinya. Perkembangan sosial emosional anak didik di RA An-Najah I terbilang baik dan berkembangan karena bentuk emosi yang diketahui dari anak didik mencakup ciri-ciri perkembangan sosial emosional anak usia dini. Adapun dampak penggunaan gawai pada perkembangan sosial emosional anak didik di RA An-Najah I memiliki pengaruh terhadap perkembangan anak yang dimana terdapat hal positif dan negatif bagi perkembangan sosial anak usia dini.

References

Abdoellah. (2020). Perkembangan Anak Usia Dini. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia. http://simdiklat.gtkpaud.kemendikbud.go.id.upload/modul_materi/3_Modul_Diklat_Dasar_2020_Perkembangan_Anak_Usia_Dini.pdf

Al-Ayouby, M. H. (2017). Dampak Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK. Handayani Bandar Lampung) [Universitas Lampung]. http://digilib.unila.ac.id/27131/2/SKRIPSI FULL.pdf

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education POLYGLOT, 14(1), 65–78. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Apriliyana, L. (2022a). Alfin Kamali Hasan yang sedang mempragakan adegan bertarung seperti filem ultramen yang ditontonnya di youtube, berikut adalah link video anak tersebut sedang mempragakan bertarung seperti ultramen didalam gawai (https://youtu.be/26MzooFBIqE). https://youtu.be/26MzooFBIqE

Apriliyana, L. (2022b). Imroatul Lutfia yang sedang menggunakan gawai sebagai sarana bernyanyi lagu anak usia dini, dan berikut adalah link video anak tersebut sedang bernyanyi lagu anak usia dini yang seperti lagu didalam gawai (https://youtube.com/shorts/fSYNLKY_zbw?feature=. https://youtube.com/shorts/fSYNLKY_zbw?feature=share

Apriliyana, L. (2022c). Link video Alfin Kamali Hasan sedang menggunakan Gawai (https://youtu.be/pDV_nkXTMvE), Link video Fawaidul Mubarrok sedang menggunakan gawai (https://youtu.be/NrMjkWH_9T0), Link video Imroatul Lutfia sedang menggunakan gawai (https://youtube.com/shorts. https://youtu.be/pDV_nkXTMvE

Azwi, A. I., Yenni, & Oktavianis. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Yang Menggunakan Gawai Pada Anak Usia Dini. REAL in Nursing Journal (RNJ), 5(1), 24–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v5i1.1507

Domitila, M. M., Wulandari, F., & Marhayani, D. A. (2021). Analisis Penggunaan Gawai Terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah DasarNegeri Kota Singkawang Mindi. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 131–141. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.6.2.131-141

Fauzi, N. A. F., & Ayub. (2019). Fikih informasi: Muhammadiyah’s perspective on guidance in using social media. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(2), 267–293. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i2.267-293

Hijriati. (2019). Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, V(2), 94–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6392

Hurlock, E. B. (1978). Child Development (terjemahan Med Meitasari Tjandrasa). Mc Graw Hill.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 137 Tahun 2014 (2014). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Issue 1). Sekretaris Negara Republik Indonesia. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 92–105. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Manurung, L., Widiyarto, S., Suyana, N., & Iramdan. (2020). Peran Orang Tua untuk Mengurangi Dampak Gawai pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(1), 203–207. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5734192

Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 6(1), 46–55. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.3205

Mita Widiastiti, N. L. G., & Sastra Agustika, G. N. (2020). Intensitas Penggunaan Gawai Oleh Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 112–120. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25179

Mukarromah, T. (2019). Dampak Penggunaan Gawai Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak [IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1089/1/SKRIPSI TITIK MUKARROMAH NPM. 1501010303 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf

Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99–122. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122

Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2013). Metode Pengembangan Sosial Emosional (1st ed.). Universitas Terbuka.

Nurhaeda. (2018). Dampak Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam Di PAUD Terpadu Mutiara Hati Palu. ECEIJ: Early Childhood Education Indonesian Journal, 1(2), 72–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31934/eceij.v1i2.518

Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346

Rahmawati, I., Kristiana, D., & M.Fadlillah. (2020). Hubungan Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Era 4.0. Edupedia, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.24269/ed.v4i2.543

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. PT. Kencana Prenada Media Group.

Sapardi, V. S. (2018). Hubungan Penggunaan Gawai Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di PAUD/Tk Islam Budi Mulia. Jurnal Menara Ilmu, XII(80), 143. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v12i80.634

Setyowati, R. (2017). Perbedaan Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Pada Anak Usia 3-6 Tahun Yang Menggunakan Dan Tidak Menggunakan Gawai Di Tkit Al Hikam Delanggu. JOURNAL Psikologi, 346–354. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_610035785356.pdf

Sinta. (2018). Pengaruh Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Anak di TK Aisyiyal Bustanul Athfal VI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i2.23853

Soekanto, S. (1992). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali.

Solichin, M. (2017). Psikologi Belajar. Pena Salsabila.

Supaat, & Fa’atin, S. (2019). The Muslim Millennial Family Typology: The Role Of Muslim Family Circumflex Model To Avoid Parents’ Violent Behavior Against Children In Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(1), 1–29. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i1

Suryameng. (2019). Pendampingan Dialogis Orangtua Dalam Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 40–49. https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpaud.v2i2.764

Sutomo, I. (2014). Modification Of Character Education Into Akhlaq Education For The Global Community Life. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 4(2), 291–316. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/ijims.v4i2.291-316

Suwarno, W. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. AR-RUZZ Media.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Bintang Pustaka Abadi.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publishing.

Syah, M. (2001). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Remaja Rosdakarya.

Wiyani, N. A. (2014). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. AR-RUZZ Media.

Wiyono, A. S., Ancok, D., & Hartono, J. (2008). Aspek Psikologis pada Implementasi Sistem Teknologi Informasi. E-Indonesia Initiative Konferensi Dan Temu Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Indonesia, 21–23. http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2195/1/moam.info_aspek-psikologis-pada-implementasi-sistem-teknolog_5a37fe9a1723dd2325df8c71.pdf

Zuhra, H., Husnaini, N., & Imran, K. S. (2022). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 2-3 Tahun di Dusun Oi Saja Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. KIDDO : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.5721

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-10-09

How to Cite

Reswari, A., & Syakuro, M. A. (2023). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini dalam Penggunaan Gawai di Era Digitalisasi. JCE (Journal of Childhood Education), 7(2), 69–87. https://doi.org/10.30736/jce.v7i2.1472