Pengaruh Dongeng “Dunia Mangrove†Berbasis Augmented Reality Terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30736/jce.v7i1.1442Keywords:
Dunia Mangrove, Dongeng, Bahasa Ekspresif, Augmented Reality,Abstract
Kawasan mangrove di wilayah pesisir Sepulu Bangkalan juga menjadi salah satu destinasi wisata di pulau Madura yang dikenal dengan wisata pesisir labuhan mangrove education park.. Penelitian yang berjudul “Pengaruh dongeng “Dunia Mangrove†berbasis Augmented Reality terhadap perkembangan Bahasa ekspresif anak usia dini†ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dongeng “Dunia Mangrove†terhadap perkembangan Bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Makmur Labuhan Sepulu Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Hasil data pretest dan posttest menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pemberian perlakuan dengan media dongeng “Dunia Mangrove†berbasis Augmented Reality. Berkembangnya kemampuan Bahasa ekspresif anak sangat baik setelah diberikan treatment anak semakin antusias menggunakan media dongeng “Dunia Mangrove†berbasis Augmented Reality dikarenakan treatment diberikan 4 kali dalam satu minggu. Hasil pretest secara komulatif menunjukan kemampuan anak dalam kategori belum berkembang (BB) sebanyak 16 anak, 4 anak dengan kategori mulai berkembang (MB) dan tidak ada anak dalam kategori berkembangan sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB). Sedangkan hasil posttest komulatif menunjukan bahwa terdapat 2 anak dalam kategori mulai berkembang (MB), 13 anak dalam kategori berkembangan sesuai harapan (BSH), dan 5 anak masuk kategori berkembang sangat baik (BSB). Sehingga terdapat hasil yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Jadi penelitian hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara media dongeng “Dunia Mangrove†berbasis Augmented Reality terhadap perkembangan Bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Makmur Labuhan Sepulu Bangkalan
References
Akbar, A., & Ali, A. M. (2021). Peran Sekolah dalam Upaya Pelestarian Greend Child Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(3), 321–327. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i3.1181
Amalia, F., & Kartika Indah Novita. (2016). Keanekaragaman Tumbuhan Mangrove di Kawasan Pantai Tengket, Bangkalan-Madura Diversity of Mangrove at Tengket Beach, Bangkalan Madura. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/lenterabio
Asyawati, F, Y., R, D., SRP, S., & Sb, S. (2010). Status Ekosistem Pesisir Bagi. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 10(1), 56–62.
Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227–232. https://doi.org/10.33096/ilkom.v9i2.143.227-232
Bimo. (2011). Mahir Mendongeng (Y. Maulana, Ed.; 1st ed.). Pro-U Media .
Chairunnisa. (2018). Pemerolehan Bahasa pada Bayi dan Anak. 9(2), 125–137.
Hadi, G. K. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441
Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25
Iqbal, M. N., Mahmudi, M., & Risjani, Y. (2009). PEMETAAN SEBARAN HUTAN MANGROVE DENGAN KABUPATEN BANGKALAN PROVINSI JAWA TIMUR MAPPING THE DISTRIBUTION OF MANGROVE FORESTS USING REMOTE SENSING AND GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEMS IN THE DISTRICT OF BANGKALAN , EAST JAVA PROVINCE PENDAHULUAN Areal mangrov. Jurnal Sebaran Hutan Mangrove, 2(2), 101–113.
Majid, I., Henie, M., Al, I., Rohman, F., & Syamsuri, I. (2016). Konservasi Hutan Mangrove Di Pesisir Pantai Kota. BIOeduKASI, 4(2), 1–10.
Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/
Novitasari, Y., & Prastyo, D. (2020). EGOSENTRISME ANAK PADA PERKEMBANGAN KOGNITIF TAHAP PRAOPERASIONAL. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 1).
Nurrisma, N., Munadi, R., Syahrial, S., & Meutia, E. D. (2021). Perancangan Augmented Reality dengan Metode Marker Card Detection dalam Pengenalan Karakter Korea. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(1), 34. https://doi.org/10.30872/jim.v16i1.5152
Ovan, & Saputra, A. (2020). CAMI:Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web (Saleh Ansari Ahmad, Ed.). Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Permendikbud137-2014. (n.d.).
Rahmawati, W., Nugraheni, A., & Rahmadi, F. A. (2016). PENGARUH STIMULASI MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 2-3 TAHUN (Vol. 5, Issue 4).
Rizki Amalia, E., Rahmawati, A., & Farida, S. (n.d.). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERCERITA.
Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106
Sablez, L., & Pransiska, R. (2020). Analisis Pengaruh Mendongeng terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3550–3557.
Syahputra, A., Andryana, S., & Gunaryati, A. (2020). Aplikasi Augmented Reality (AR) dengan Metode Marker Based sebagai Media Pengenalan Hewan Darat pada Anak Usia Dini menggunakan Algoritma Fast Corner Detection (FCD). Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 4(2), 56. https://doi.org/10.35870/jtik.v5i1.164
Tri, W. (2009). Konservasi Hutan Mangrove Sebagai Wisata Pendidikan. Envirotek : Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 1, 15–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JCE (Journal of Childhood Education). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JCE (Journal of Childhood Education)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible but there is a little payment for publication. Under the Creative Commons license, JCE (Journal of Childhood Education) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for commercial purposes. Users will also need to attribute authors and JCE (Journal of Childhood Education) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JCE (Journal of Childhood Education) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JCE (Journal of Childhood Education) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JCE (Journal of Childhood Education) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JCE (Journal of Childhood Education)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
JCE (Journal of Childhood Education) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce.